8 Manfaat CCTV Online

CCTV merupakan perangkat keras yang digunakan untuk memantau suatu keadaan d idaerah atau tempat tertentu. Seperti yang diketahui, CCTV biasa digunakan di kantor, hotel, pusat per belanjaan, serta pelbagai macam tempat umum lainnya. Kini terdapat inovasi baru dalam perangkat CCTV, yakni menggunakan sistem Online dengan manfaat internet sehingga pantauan CCTV dapat diakses dimana saja. Lantas apa saja manfaat CCTV online ini?Untuk kantor atau pabrik, CCTV Online memiliki manfaat :

1. Dapat Dipantau dari Rumah

Seperti yang sudah kami jelaskan, bahwa dengan sistem online ini membuat CCTV dapat di akses dimana saja. Dengan perangkat ini segala kegiatan kantor atau pabrik dapat kita pantai dari rumah. Sehingga kita dapat melihat jalannya usaha, aktivitas yang dilakukan karyawan, dan berbagai macam hal yang terjadi di tempat usaha kita dari rumah.

2. Karyawan Bekerja Lebih Maksimal

Dengan adanya CCTV online tidak perlu kita khawatir karyawan bekerja tidak maksimal karena kita tidak berada di tempat untuk mengawasi. Dengan adanya CCTV Online karyawan akan bekerja lebih maksimal karena ia senantiasa merasa sedang kita awasi. Selain itu, dengan adanya CCTV Online ini bisa mengurangi tindakan yang kurang menyenangkan dari karyawan seperti pencurian.

3. Mencegah Hal yang Tidak Diinginkan

Banyak yang dapat terjadi di tempat usaha kita, tidak terkecuali tindak kriminal maupun tindakan asusila. Dengan adanya CCTV tindakan tersebut dapat dicegah. Sering ditemui pada beberapa tempat usaha disertai kalimat peringatan “TEMPAT INI DILENGKAPI DENGAN CCTV”. Selain itu, kemudahan akses dari CCTV Online seperti dapat langsung menyimpan atau mengunggah hasil rekaman dapat memudahkan pihak berwajib dalam melakukan tindakan bila mana terjadi tindak kejahatan dalam tempat usaha kita.

4. Menjaga Aset Berharga

Dalam tempat usaha kita mungkin ada beberapa aset berharga seperti surat-surat ataubrangkas penyimpanan. Sebagaimana telah dijelaskan pada poin sebelumnya bahwa dengan CCTV online ini tindak kriminal dapat diminimalisir. Aset-aset berharga yang kita simpan di tempat usaha dapat terjaga setiap saat selagi CCTV tetap menyala dan dalam keadaan online. Sementara itu bagi orang tua, CCTV online memiliki manfaat sebagai berikut.

5. Memantau Kegiatan Anak

Beberapa orang tua tidak memiliki banyak waktu di rumah karena diharuskan bekerja. Hal ini tentu dapat mengganggu perkembangan anak karena kegiatan yang dilakukannya tidak terpantau. Namun, manfaat CCTV Online kegiatan anak di rumah dapat orang tua pantai dari tempat kerja. Mulai dari kegiatannya sepulang sekolah, belajar, dll. Selain itu, dengan ada nya CCTV Online ini juga dapat mencegah anak untuk berkata bohong saat di tinggal oleh orang tua.

6. Memantau kinerja Pembantu Rumah Tangga

Sering terjadi tindak kekerasan pada anak oleh PRT, pencurian hingga beberapa tindakan tidak menyenangkan lainnya yang dilakukan oleh PRT. Namun, dengan adanya perangkat ini , pembantu rumah tangga akan selalu merasa diawasi. Alhasil beberapa tindakan kurang menyenangkan dalam rumah kita dapat dicegah atau setidaknya dapat diatasi sedini mungkin.

7. Tak Perlu Khawatir Meninggalkan Rumah

Sering kita khawatir saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Namun, dengan adanya CCTV Online keadaan rumah dapat kita pantau walaupun sedang bepergian. Apabila terjadi pencurian maka kita dapat segera melaporkannya kepada polisi saat itu juga. Dan apabila terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran atau musibah lain, kita bisa segera kembali ke rumah.

8. Tidak Perlu Menyewa keamanan 

CCTV adalah perangkat keamanan yang dapat meminimalisir tindak kejahatan. Oleh karena itu, apabila kita telah memasang CCTV Online ini di dalam rumah, kita tidak perlu menyewa satpam karena kita dapat terus memantau keadaan rumah. Namun terlepas dari semua kelebihan CCTV Online, perangkat yang terlihat praktis dan mudah diakses ini pun memiliki beberapa kekurangan yang mungkin bila tidak diperhatikan dapat berakibat fatal.

Kekurangan CCTV Online

Di balik manfaatnya, CCTV online memiliki beberapa kekurangan seperti berikut ini :

  • Rawan Peretasan

Hal ini yang patut diberi perhatian khusus sebagaimana yang kita tahu bahwa perangkat yang mengadopsi sistem online sangat rawan akan pencurian data. Seperti apabila tempat usaha kita diserang oleh pencuri, mungkin CCTV merekam semua kejadiannya. Namun, bila pencuri ini mahir dalam tindakan peretasan maka ia dapat menghapus segala macam bukti rekaman tentang tindak pencuriannya. Sehingga kita tidak memiliki bukti apa-apa untuk melapor ke pihak yang berwajib.

Selain itu, dari tindakan peretasan pun dapat membuat beberapa kerusakan pada CCTV dan perangkat yang kita gunakan untuk dihubungkan dengan CCTV. Misalkan kita menghubungkan laptop dengan CCTV Online, bila peretas menanamkan virus pada jaringan CCTV Online tersebut maka laptop kita pun akan terserang virus, yang berakibat rusak atau hilangnya data penting yang kita miliki.

  • Koneksi harus stabil

Perangkat ini memerlukan koneksi Internet yang cepat dan stabil untuk menjaga kinerjanya. Bilamana salah satu saja koneksi terganggu maka kegiatan pemantauan pun akan terganggu. Sangat tidak di anjurkan untuk menggunakan perangkat ini bila koneksis Internet yang kita miliki tidak mendukung.

  • Data Korup atau Rusak

Seringkali data rekaman pada sistem CCTV Online ini mengalami kerusakan, hasilnya rekaman pun menjadi rusak atau tidak dapat diputar. Hal ini bisa terjadi karena CCTV Online menggunakan sistem jaringan yang senantiasa hidup, sehingga dapat terjadi tabrakan antar data yang ada.

Berikut ini sejumlah teknologi yang bermanfaat bagi manusia :