10 Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat Global

Media sosial merupakan bagian dari perkembangan teknologi internet dan sebagai bagian dari manfaat IT atau berkembangnya teknologi informasi. Saat ini hampir semua orang memiliki akun di media sosial karena memang media sosial saat ini memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan suatu masyarakat. Namun demikian banyak pula orang yang mempertanyakan apakah media sosial lebih banyak memberikan manfaat atau justru masalah?

Media Sosial Sumber Manfaat atau Masalah?

Untuk menjawab pertanyaan di atas, jawabannya bisa iya dan tidak. Hal tersebut dikarenakan media sosial bisa memberikan manfaat jika memang dimanfaat dengan baik dan bisa juga mendatangkan masalah jika digunakan dengan tidak bijaksana. Lalu bagaimana dengan persentasenya apakah media sosial lebih banyak mendatangkan manfaat atau masalah? Untuk menjawabnya terlebih dahulu akan dibahas tentang manfaat media sosial bagi masyarakat.

Manfaat Media Sosial Bagi Masyarakat

Seperti yang sudah disebutkan di atas jika media sosial digunakan dengan bijak untuk tujuan yang baik maka akan dapat memberikan manfaat kepada penggunanya.

  1. Sumber Informasi Tercepat dan Terdepan

Walau banyak sekali manfaat membaca buku dan majalah tapi fakta menyebutkan bahwa banyak media konvensional seperti koran atau majalah gulung tikar atau lebih memilih menyadap perkembangan teknologi dengan memanfaatkan media online. Hal ini mengacu pada sumber informasi lewat media sosial saat ini adalah yang tercepat dan terdepan. Satu berita bisa langsung dibagikan dan dibaca oleh ribuan orang dalam hitungan detik.

  1. Solusi untuk Menambah Wawasan

Salah satu manfaat media sosial bagi masyarakat terutama manfaat internet bagi pendidikan adalah sebagai solusi untuk menambah wawasan. Jika bosan dengan bacaan yang dimiliki di rumah cukup masuk ke salah satu akun media sosial, cari hastag yang sedang populer maka berita-berita terbaru dan terdepan langsung disajikan di dalam genggaman Anda.

  1. Media Komunikasi Online yang Efektif

Tidak dipungkiri bahwa salah satu manfaat sosial media adalah sebagai media komunikasi online yang paling efektif. Lewat grup WA sebuah pengumuman bisa langsung menjangkau orang-orang yang harus mendapatkan informasi tersebut. Hanya lewat satu status di akun Facebook banyak orang langsung bisa mengaksesnya. Jadi tidak heran bahwa media sosial saat ini juga menjadi salah satu media silahturahmi bagi kolega, teman dan keluarga yang sudah lama tidak bertemu.

  1. Memperluas Jaringan

Manfaat lain dari media sosial juga bisa dimanfaatkan untuk memperluas jaringan. Menambah teman baru, mencari potensi untuk klien baru dan masih banyak lagi.

  1. Sebagai Sarana Bisnis

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, media sosial merupakan media potensial untuk memperluas jaringan jadi tidak heran jika media sosial juga bisa dijadikan sebagai sarana bisnis atau promosi. Kemampuan media sosial dalam menyebarkan informasi tidak terbatas pada hanya satu wilayah saja sehingga sangat cocok untuk bisnis.

  1. Sumber Hiburan

Saat ini menonton film tak harus lewat VCD atau DVD, mendengar musik tak harus memiliki media fisiknya seperti jaman dulu. Hanya dengan sebuah smartphone di tangan sudah bisa mendapatkan segala jenis hiburan yang diinginkan.

  1. Sarana untuk Berbagi

Media sosial adalah cara tercepat untuk membagi informasi oleh karena itu media sosial saat ini sering dimanfaatkan sebagai sarana untuk berbagi informasi.

  1. Tempat untuk Berekspresi

Dengan media sosial seperti Youtube dan Instagram semua orang bisa menjadi terkenal. Selama konten yang dibagikan menarik maka akan banyak yang mengikuti dan semakin terkenallah seseorang karenanya.

  1. Sarana Penggerak Masyarakat

Tidak sulit menggerakan masyarakat lewat media sosial, hanya cukup membuat satu thread saja dengan banyak pengikut maka akan mudah untuk menyebarkan berita bahkan faham-faham tertentu.

  1. Media untuk Pembentukan Komunitas

Saat ini dengan media sosial membentuk komunitas tidak terbatas pada ruang dan waktu. Sebuah komunitas bisa diikuti oleh siapa saja dari mana saja.

Dampak Negatif Media Sosial

Manfaat media sosial bagi masyarakat di atas hanyalah sebagian kecil yang mewakili karena memang banyak sekali manfaat media sosial bagi masyarakat. Namun bagaimana dengan banyaknya pemberitaan tentang dampak media sosial bagi masyarakat yang sifatnya negatif. Well, tahukah Anda bahwa jika ditelurusi lebih jauh yang menjadi masalah bukanlah media sosialnya tapi justru berasal dari penggunanya.

  • Tidak bijak dalam menggunakan media sosial bisa menjadi pemicu beberapa masalah yang timbul. Misalnya saja dalam menyaring informasi, tidak dibaca secara utuh langsung dibagikan padahal apa yang dibagikan belum tentu hal yang baik atau benar.
  • Rendahnya taraf pendidikan seseorang juga dapat berpengaruh dengan gaya mereka bermedia sosial. Mereka yang memiliki pendidikan tinggi biasanya jauh lebih berhati-hati dan lebih bijak ketika menggunakan media sosial terutama sebagai media berbagi.
  • Media sosial memang tidak memiliki batas. Siapa saja bisa memposting dan membagikan informasi apa saja. Oleh karena itu para pengguna media sosial harusnya tahu batasannya.

Jadi peran serta masyarakat dalam memanfaatkan media sosial secara bijak sangatlah penting sehingga manfaat media sosial bagi masyarakat dapat dinikmati secara maksimal. Sementara mereka yang tidak paham tentang manfaat internet dan menggunakan media sosial secara tidak bijak yang justru menimbulkan masalah untuk diri mereka sendiri.