10 Manfaat Daun Pinus Untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Daun pinus yang dibuat menjadi teh sudah digunakan dalam pengobatan tradisional Cina dan Korea dari beberapa abad yang lalu untuk meningkatkan kesehatan. Sedangkan di Eropa sudah sejak tahun 1940-an digunakan untuk menyembuhkan kudis. Dalam sebuah studi diungkapkan jika daun pinus merupakan sumber antioksidan yang bisa membantu untuk mengatasi peradangan dan juga berbagai penyakit berbahaya, asam prosianidin, glikosida, flavonoid dan masih banyak lagi. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun pinus selengkapnya, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker

Senyawa aktif yang ditemukan dalam daun pinus seperti α-pinene sangat baik digunakan sebagai solusi kanker dengan cara memblokir pertumbuhan sel kanker. Daun pinus bisa melawan mikroba dan mengurangi pembentukan energi pada bakteri. Kemampuan antioksidan dalam daun ini dikaitkan dengan senyawa fenolik yang bisa mengatasi berbagai radikal berbahaya seperti sel kanker.

  1. Sumber Antioksidan

Daun pinus juga memiliki manfaat antioksidan yang bisa melindungi sel dari kerusakan. Dalam sebuah studi juga ditemukan jika ekstrak daun ini bisa melindungi stres oksidatif pada hati dan juga ginjal. Dengan ini, maka ekstrak daun pinus bisa digunakan untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya yang menyerang tubuh.

  1. Meningkatkan Memori

Ekstrak daun pinus juga dalam penelitian dibuktikan bisa membalikkan gangguan memori pada tikus. Ekstrak daun pinus bisa mengatasi gangguan memori yang disebabkan stres pada tikus dengan cara mempengaruhi bagian otak yang penting untuk memori dengan cara mengurangi kerusakan pada hippocampus.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Minum air rebusan daun pinus sebagai teh ternyata mengandung 4 hingga 5 kali lebih banyak manfaat vitamin C dibandingkan dengan jus jeruk sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Vitamin C dosis tinggi ini bisa merangsang produksi sel darah putih, meningkatkan aktivitas antioksidan di seluruh tubuh, menurunkan risiko penyakit kronis, membantu proses penyembuhan dan memproduksi kolagen di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Kualitas Penglihatan

Daun pinus juga mengandung manfaat vitamin A tinggi yang sangat penting untuk menjaga kesehatan penglihatan sekaligus membantu mencegah stres oksidatif di dalam dan juga sekitar jaringan mata, memperlambat terbentuknya katarak sekaligus mencegah degenerasi makula.

  1. Memperbaiki Pernapasan

Teh daun pinus juga sudah digunakan sejak lama sebagai ekspektoran dan juga memiliki kualitas dekongestan. Minum teh ini nantinya bisa membantu untuk mengeluarkan lendir dan membantu membersihkan sinus sekaligus mengurangi tekanan dan sakit kepala karena sinus.

  1. Menstabilkan Tekanan Darah

Stres oksidatif pada orang yang kegemukan bisa menjadi kombinasi mematikan dan bisa menyebabkan tingkat aterosklerosis, serangan jantung dan stroke yang semakin meningkat. Antioksidan dalam daun pinus seperti sterol, karotenoid dan juga senyawa polifenol sangat membantu untuk mengatasi peradangan, tekanan darah dalam sistem kardiovaskular sekaligus melindungi tubuh dari kondisi kesehatan yang berpotensi mematikan tersebut.

  1. Menyembuhkan Lebih Cepat

Seperti yang sudah dikatakan diatas jika daun pinus mengandung vitamin C dalam jumlah besar yang menjadi komponen penting untuk memproduksi manfaat kolagen. Tanpa adanya kolagen, maka akan memperlambat proses regenerasi jaringan, tulang, serat otot, tendon, kulit atau jaringan organ. Untuk itu, minum air rebusan daun ini sangat penting untuk mencukupi kebutuhan vitamin C sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit.

  1. Memperbaiki Sirkulasi

Beberapa komponen volatile dalam daun pinus sangat dibutuhkan untuk memproduksi sel darah merah termasuk vitamin A. Nantinya produksi sel darah merah bisa ditingkatkan yang tentunya juga akan meningkatkan sirkulasi dan memberikan nutrisi penting untuk ekstremitas dalam tubuh termasuk juga mengatasi anemia.

  1. Menjaga Fungsi Kognitif

Dalam sebuah studi dibuktikan jika daun pinus sangat ampuh untuk mengatasi penyakit alzheimer dan penyakit neurodegeneratif lain. Antioksidan yang terkandung dalam daun ini bisa menurunkan tingkat deposisi beta amyloid yang merupakan plak di otak pengganggu koneksi saraf dan perusak memori.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Herbal