16 Manfaat Bunga Anggrek Bulan Untuk Hiasan dan Penyakit

Anggrek bulan atau dikenal juga dengan puspa pesona merupakan jenis anggrek monopodial yang bisa hidup subur di area sedikit cahaya matahari dengan daun memanjang dan akar yang berwarna putih. Bunga anggrek bulan yang memiliki aroma keharuman samar ini membutuhkan sirkulasi udara bagus untuk hidup yang berguna untuk mempertahankan kelembaban serta membuang udara panas. Jenis anggrek ini tidak mudah layu dan bahkan untuk bagian batang bunga yang sudah rontok bisa menghasilkan cabang bunga yang baru. Dalam anggrek bulan mengandung beberapa nutrisi seperti protein dan pati sekitar 30%, kalsium, sukrosa, dekstrin, minyak atsiri dan beberapa kandungan lainnya. Berikut ini akan kami berikan beberapa manfaat anggrek bulan untuk kebutuhan sehari hari seperti tanaman hias dan juga sebagai pengobatan.

  1. Meningkatkan Kualitas Udara

Manfaat bunga anggrek bulan sangat baik untuk menyerap karbondioksida yang ada di sekitarnya sekaligus menghasilkan oksigen. Menempatkan tanaman anggrek bulan ini di dalam ruangan sangat baik untuk mengembalikan kualitas udara semakin sehat sekaligus memberikan keharuman alami dan bahkan bisa memperbaiki kualitas tidur.

  1. Mengatasi Stress

Manfaat anggrek bulan juga merupakan tanaman yang bisa memberikan ketenangan dan mengurangi stress. Bunga ini juga sangat baik untuk meningkatkan mood sehingga bisa menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan beberapa jenis penyakit kronis lainnya.

  1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Bunga anggrek bulan juga bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan. membunuh cacing di perut dan solusi maag dengan cara menambahkan jahe dan gula merah saat membuat ramuan ini. Haluskan beberapa bunga anggrek lalu tambahkan dengan jahe dan gula merah. Rebus dengan segelas air selama beberapa menit lalu saring dan minum setiap hari.

  1. Mengatasi Gangguan Menstruasi

Bunga anggrek bulan juga bisa digunakan sebagai obat gangguan menstruasi dengan cara direbus bersama gula serta air lalu disaring dan minum setiap hari selama menstruasi.

  1. Menurunkan Berat Badan

Tidak hanya bagian bunga saja yang bisa digunakan, namun akar dari bunga ini juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Caranya adalah dengan merebus anggrek bersama secangkir air sampai tersisa setengahnya saja. Minum air rebusan ini secara teratur untuk menurunkan berat badan secara alami.

  1. Mengatasi Masalah Tiroid

Menurunnya tiroid dalam tubuh akan menimbulkan berbagai masalah seperti solusi kecantikan kulit, kerontokan rambut, sembelit, menstruasi yang tidak teratur, berat badan meningkat, kecemasan dan juga nyeri serta denyut jantung yang meningkat. Dalam tanaman anggrek bulan ini mengandung tiroid yang sangat baik untuk menjaga keseimbangan hormon dalam tubuh.

  1. Mengatasi Infeksi Saluran Kemih

2 kilogram kuncup anggrek bulan yang direbus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja dan diminum sebanyak 2 kali sehari sangat baik dilakukan untuk menyembuhkan berbagai masalah perut seperti infeksi saluran kemih. Selain itu, air rebusan anggrek juga bisa digunakan untuk menyembuhkan tumpukan serta bisul pada organ ekskretoris.

  1. Mengatasi Konstipasi

Konstipasi atau sembelit juga bisa diatasi secara mudah dengan anggrek bulan ini. Bunga anggrek bisa dikeringkan lalu dicampur dengan madu yang diminum sekali sehari sebagai obat pencahar yang aman sehingga bisa mengatasi masalah sembelit.

  1. Mengatasi Gangguan Pernapasan

Bunga anggrek bulan yang dihaluskan dan direbus sangat baik dikonsumsi setiap hari agar masalah pernapasan bisa teratasi seperti menyembuhkan infeksi, menyembuhkan alergi, solusi batuk, demam dan juga disentri.

  1. Merangsang Aktivitas Sel

Selain bagian bunga anggrek, daun anggrek bulan mengandung astragalin, quercetin, amphoral gluoconooxide, asam amino dan juga alkaloid. Sedangkan pada biji mengandung senyawa kimia yang semuanya ini sangat baik untuk merangsang aktivitas sel sekaligus menyembuhkan pembekuan darah.

  1. Meningkatkan Sistem Pencernaan dan Diuretik

Dalam anggrek bulan mengandung sifat anti bakteri sehingga bisa digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan termasuk juga keracunan makanan. Selain itu, bunga anggrek bulan juga sudah terkenal khususnya oleh masyarakat Asia sebagai pengobatan diuretik alami.

  1. Menghentikan Pendarahan Rahim

Jenis bunga anggrek ini juga dipercaya bisa menghentikan pendarahan pada rahim. Caranya adalah dengan mencampur 3 sendok teh bunga anggrek yang sudah dikeringkan bersama air panas lalu tambahkan dengan gula dan aduk rata kemudian di saring dan minum hingga habis.

  1. Menghentikan Pendarahan Perut Internal

Bunga anggrek juga digunakan sebagai obat alami untuk menghentikan pendarahan di perut. Sedangkan masyarakat Mesir memakai bunga ini untuk mengatasi banyak penyakit pada saat musim dingin.

  1. Mengatasi Disentri

Bunga anggrek juga digunakan untuk mengatasi penyakit tuberkolosis pada masyarakat negara Inggris karena kandungan didalamnya bisa meningkatkan pemulihan infeksi usus yang menjadi penyebab diare disertai lendir dan darah.

  1. Obat Maag

Solusi maag juga menjadi kegunaan bunga anggrek berikutnya. Dalam bunga anggrek mengandung nutrisi yang sangat baik untuk menghilangkan asam lambung dengan cara mencampur sari pati bunga dengan susu dan gula kemudian diminum secara rutin setiap hari.

  1. Mengatasi TBC Usus

TBC usus bisa menimbulkan beberapa gejala seperti perut kembung, mencret, muntah dan disertai juga dengan rasa sakit di area perut. Cara menggunakannya cukup mudah yakni dengan mengkonsumsi bunga ini secara rutin setiap hari untuk mengurangi rasa sakit dan menyembuhkan TBC usus tersebut.

Manfaat bunga anggrek bulan tidak hanya cantik sebagai hiasan dalam rumah ataupun halaman, namun dalam bunga anggrek bulan juga mengandung banyak nutrisi penting yang bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dalam serta kulit.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.