6 Manfaat Serat Anggrek Untuk Kerajinan

Manfaat bunga anggek sangat beragam, bahkan bukan hanya bunganya saja yang bermanfat, tetapi juga serat dalam batang anggek pun memiliki manfaat yang baik Di dalam batang Anggrek memiliki kandungan serat yang ternyata kandungan serat tersebut juga sangat bermanfaat untuk kehidupan kita. Terutama bermanfaat untuk seseorang yang akan memulai usahanya dengan membuat barang-barang dari anyaman. Serat batang Anggrek ini dapat anda peroleh dengan cara memotong-motong secara memanjang batang pohon anggrek dan dipipihkan. Sebelum dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai macam kerajinan serat batang Anggrek harus ditunggu kering terlebih dahulu. Serat batang Anggrek ini memiliki tekstur yang halus berwarna kuning keemasan dan mengkilat. Untuk mengetahui lebih dalam Adapun manfaat serat batang anggrek adalah sebagai berikut

 Manfaat serat batang anggrek

1. Untuk membuat tas

manfaat serat batang anggrek yang pertama adalah serat batang Anggrek dapat digunakan untuk membuat tas atau lebih spesifik nya digunakan untuk membuat anyaman tas. Selain serat batang bungga anggrek, ternyata ada pula manfaat serat lainnya yaitu manfaat serat daun pandan yang juga bermanfaat untuk membuat tas bahkan dompet.

2. Untuk membuat gelang

Serat batang anggrek biasanya juga digunakan untuk membuat berbagai macam jenis gelang yang kini sudah banyak dijual di berbagai tempat. Manfaat serat anggrek memang dapat membuat gelang. Selain gelang pada serat anggrek, ternyata gelang juga dapat dibuat dari pohon kokka, diamana terdapat manfaat gelang kokko dan manfaat gelang kokka asli, ini pun perlu diketahui karena termasuk gelang kesehatan. Pada dasarnya memang manfaat kayu kokka kalimantan untuk kesehatan.

3. Untuk membuat kotak perhiasan

Tahukah anda ternyata serat batang Anggrek juga dapat dimanfaatkan untuk membuat kotak perhiasan yang dapat anda gunakan untuk menyimpan perhiasan anda. Tidak perlu dipungkiri lagi, memang kotak perhiasan sangatlah penting, karena digunakan untuk menyimpan perhiasa yang kamu miliki sehingga tidak tercecer dan hilang. Maka dari itu manfaatkan serat anggrek ini untuk membuat kotak perhiasan yang unik dan antik.

4. Untuk membuat tempat tisu

Biasanya tempat tisu hanya dibuat dengan menggunakan kain saja. Maka anda dengan memanfaatkan serat batang Anggrek ini anda dapat memiliki peluang usaha. Sebab tempat tisu dari anyaman lebih menarik perhatian karena berbeda dari yang lainnya.

5. Untuk membuat dompet

Setiap orang pasti membutuhkan dompet untuk menyimpan uang mereka, salah satu manfaat dari serat batang Anggrek adalah serat batang Anggrek dapat digunakan untuk membuat dompet yang cantik dan indah.

6. Untuk membuat tas tangan

Biasanya kelompok orang tertentu akan membutuhkan tas tangan ketika mereka menghadiri acara-acara tertentu. Serat batang anggrek dapat dimanfaatkan untuk membuat anyaman tas tangan yang berkualitas serta memiliki daya saing yang tinggi.  


7. Untuk membuat tempat pensil

Memang begitu banyak sekali anyaman yang dapat anda hasilkan dari serat batang Anggrek ini. Anyaman yang dapat anda hasilkan dari manfaat serat batang anggrek yang terakhir adalah membuat anyaman tempat pensil. Membuat tempat pensil dari serat anggrek merupakan tindakan yang kreatif. Karena memang salah satu manfaat membuat kerajinan tangan dapat mendukung diri atau individu menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Itulah 7 manfaat serat batang anggrek yang dapat anda gunakan terutama bagi anda para pengrajin. Membuat anyaman dengan menggunakan serat batang anggrek akan lebih menghasilkan daya saing yang tinggi sebab anyaman yang terbuat dari serat batang Anggrek memiliki tekstur yang lebih halus.

, ,
Oleh :
Kategori : Tumbuhan