11 Manfaat Buah Gadung untuk Kesehatan

Bagi anda pecinta kuliner ataupun jajanan tradisional pasti sangat familiar dengan salah satu bahan yang satu ini. Termasuk jenis umbi- umbian yang mudah ditemui di pasar tradisional berbeda jika anda melihat manfaat apel anna, gadung merupakan salah satu jenis umbi yang digemari oleh banyak orang. Memiliki nama ilmiah Dioscorea hispida dennst dan merupakan tanaman dari suku gadung- gadungan. Tanaman ini menghasilkan umbi yang mengandung racun, walaupun begitu dapat dimakan dengan cara mengolahnya secara tepat untuk menghilangkan racunnya.

Apabila ada kesalahan dalam memproses gadung, maka racun yang ada akan menimbulkan pusing, mual hingga muntah. Namun dibalik adanya racun tersebut berbeda jika anda melihat manfaat buah jatake, jika anda dapat mengolahnya dengan tepat maka anda bisa merasakan kelezatannya. Sudah banyak sekali orang menjadikannya sebagai salah satu bahan utama dalam pembuatan keripik. Keripik gadung sangat terkenal dengan rasa gurih dan renyah, membuat jenis jajanan ini memiliki banyak penggemar. Tidak hanya dijadikan keripik saja, gadung juga bisa dijadikan sebagai minuman tradisional berupa arak.

Di Indonesia, gadung memiliki banyak sekali nama mulai dari janeng untuk masyarakat Aceh, bitule dari gorontalo, gadu bagi masyarakat Bima, iwi dari masyarakat Sumba, dan masih banyak lagi. Karena banyaknya kandungan karbohidrat pada gadung, umbi yang satu ini juga sering dijadikan sebagai bahan pengganti makanan pokok di beberapa daerah di Indonesia. Selain adanya kandungan karbohidrat yang banyak, gadung juga memiliki kandungan nutrisi lainnya. Ada banyak sekali kandungan nutrisi pada gadung yang membuat bahan makanan ini sangat baik untuk menutrisi tubuh anda. Dan berikut merupakan rincian nutrisi dari umbi gadung.

Kandungan Nutrisi Gadung

  • Kalori
  • Protein
  • Lemak
  • Karbohidrat
  • Kalsium
  • Fosfor
  • Zat besi
  • Serat
  • Magnesium
  • Polifenol
  • Vitamin A, B1 dan C

Dengan banyaknya kandungan nutrisi di atas berbeda dengan manfaat buah jenitri, gadung tidak hanya baik untuk menutrisi tubuh anda saja. Ternyata gadung memiliki banyak sekali manfaat yang dapat menjaga kesehatan anda selalu. Sudah banyak sekali orang yang membuktikan manfaat dari gadung dengan mengkonsumsinya secara rutin ataupun berkala. Bagi anda yang penasaran dengan manfaat gadung, berikut kami sampaikan penjelasan singkat mengenai manfaat gadung.

Manfaat Buah Gadung

  1. Sumber Bahan Makanan Pokok

Kandungan karbohidrat yang ada pada gadung setara dengan berbagai bahan pokok seperti beras, jagung dan gandum. Sehingga tak jarang orang sering mengkonsumsi gadung dan menjadikannya sebagai salah satu bahan makanan pokok mereka.

  1. Menambah Energi dan Kalori

Selain memiliki kandungan karbohidrat yang cukup, gadung juga memiliki kandungan kalori yang memenuhi kebutuhan kalori anda setiap harinya. Sehingga anda bisa menambah energi dengan mengkonsumsi gadung sebelum melakukan aktivitas apapun, anda tidak akan merasa cepat lelah.

  1. Sebagai Insektisida dan Peptisida Alami

Bagi anda yang suka bercocok tanam dan bingung mencari alternatif alami untuk menghilangkan hama pada tanaman berbeda dengan manfaat buah jambe, anda bisa menggunakan air rendaman gadung yang mengandung racun gadung untuk menghilangkan hama tanaman.


  1. Obat Rematik

Kandungan nutrisi pada gadung mampu menyembuhkan beberapa macam penyakit dan salah satunya yaitu rematik. Rematik sendiri merupakan salah satu penyakit pada sendi yang mengakibatkan susah bergerak dan sakit.

  1. Obat Kejang

Kejang merupakan salah satu penyakit yang berbahaya karena jika terus dibiarkan dapat mengacu pada kematian. Untuk mengatasinya anda bisa menggunakan gadung, biasanya kejang dialami karena demam tinggi ataupun gejala ayan.

  1. Racun Pancing

Bagi anda yang gemar memancing dan ingin mendapatkan banyak sekali ikan tanpa harus bersusah payah, anda bisa menggunakan racun gadung untuk memancing ikan.

  1. Obat Kusta

Selain dapat mengobati reumatik, gadung juga sangat ampuh untuk menyembuhkan kusta. Anda bisa mengkonsumsinya secara berkala, atau menumbuknya dan mengoleskan tumbukan gadung ke kulit anda yang terkena kusta.

  1. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Sangat penting bagi kita untuk menjaga jantung agar tetap sehat, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan mulai dari olahraga hingga menjaga pola makan yang sehat. Ada salah satu cara untuk menjaga agar jantung anda tetap sehat yaitu dengan mengkonsumsi gadung secara berkala.

  1. Mempercepat Penyembuhan Luka

Dengan mengkonsumsi gadung secara rutin pasca operasi atau ketika anda mengalami luka, ini dapat mempercepat proses penyembuhan luka yang anda alami.

  1. Menghilangkan Kutil

Untuk menghilangkan kutil, anda bisa menumbuk gadung dan mengoleskannya ke kulit anda yang berkutil secara rutin setiap harinya.

  1. Menghilangkan Mata Ikan

Sama halnya ketika anda mengobati kutil berbeda jika anda melihat manfaat buah kupa, anda bisa menumbuk gadung dan menempelkannya pada mata ikan maka mata ikan akan cepat sembuh.

Itulah berbagai manfaat dari buah gadung yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.