Manfaat Menghargai Perbedaan di Tengah Masyarakat

Indonesia sangat terkenal dengan keanekaragaman suku dan juga budaya bangsa sehingga kita tidak boleh merasa jika budaya atau suku kita jauh lebih baik dibandingkan milik orang lain. Kita harus bisa menghargai perbedaan yang ada. Perlu kita sadari juga jika setiap manusia memang diciptakan berbeda beda antara satu dengan yang lain. Masing masing orang juga tentunya ingin dimengerti oleh orang lain dengan cara yang ia inginkan. Meski berbeda beda, namun sudah selayaknya kita bisa selalu hidup saling berdampingan tanpa mempermasalahkan perbedaan yang ada. Selain itu, ada begitu banyak manfaat menghargai perbedaan yang bisa anda dapatkan dan beberapa diantaranya akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Mempererat Persatuan

Dengan menghargai perbedaan yang ada di masyarakat dari mulai suku, budaya, agama, derajat, pekerjaan dan lain sebagainya, maka ini menjadi cara yang baik untuk menciptakan persatuan yang tetap utuh meski ada banyak perbedaan dalam bangsa Indonesia dan ada begitu banyak manfaat hidup bersatu yang bisa kita dapatkan.

  1. Memberikan Rasa Aman dan Tenteram

Rasa aman dan juga tenteram nantinya bisa tercipta jika kita bisa memahami orang lain dan menghargai segala perbedaan yang ada pada diri orang lain. Menghargai perbedaan menjadi jalan agar kita bisa terus hidup secara berdampingan dengan rukun karena sifat baik yang dilakukan tersebut.

  1. Saling Membantu Mengatasi Masalah

Ketika kita saling hidup rukun, berdampingan dan saling menghargai perbedaan antar sesama manusia, maka secara langsung akan memudahkan kita untuk mengatasi sebuah masalah yang sedang terjadi yang bahkan ada lebih dari 6 manfaat hidup rukun dalam keluarga dan masyarakat. Banyak orang yang nantinya tidak segan segan untuk membantu. Sebaliknya, jika anda sahabat, teman atau orang di dekat kita yang membutuhkan bantuan, maka sudah semestinya kita juga membantu dengan tangan terbuka.

  1. Memperluas Pergaulan

Membiasakan diri untuk saling menghargai perbedaan dengan siapa saja juga tentunya memperluas pergaulan. Semakin banyak teman dan pengalaman yang kita dapatkan, maka tentunya akan memperkaya pengetahuan untuk diri sendiri.

  1. Menjalin Komunikasi

Menghargai perbedaan yang ada juga akan memudahkan kita untuk berkomunikasi dengan orang lain menggunakan macam macam alat komunikasi dan manfaatnya yang berbeda beda. Komunikasi sendiri sangatlah penting sebab manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendirian. Dengan menghargai perbedaan yang ada, maka komunikasi dengan banyak orang semakin berjalan dengan baik yang tentunya juga berguna untuk menghindari diri kita dari masalah.

  1. Terhindar dari Konflik dan Perselisihan

Menghargai perbedaan dengan siapapun akan memudahkan kita untuk bisa memahami orang lain. Dengan ini, maka terjadinya konflik dan perselisihan juga bisa diminimalisir. Seseorang yang terbiasa menerima perbedaan juga akan memperkecil kemungkinan salah paham yang menjadi salah satu penyebab utama terjadinya konflik.

  1. Hidup Lebih Tenang

Dimanapun dan kapanpun anda berada, nantinya anda akan merasa lebih tenang jika sudah terbiasa untuk menerima perbedaan. Anda juga bisa merasa aman karena tidak pernah memulai perselisihan dengan orang lain akibat tidak bisa menerima perbedaan yang ada. Rasa takut, was was dan terancam dengan orang lain bisa disingkirkan dan diganti dengan hidup yang lebih tenang dan tenteram seperti manfaat hidup rukun di sekolah.

  1. Menyadari Potensi Orang Lain

Setiap orang memiliki potensi masing masing sekaligus turut andil dengan perannya pada kehidupan. Terkadang, kita melihat beberapa orang yang memiliki perbedaan menjadi ancaman untuk hidup kita. Namun sebenarnya, dengan hidup rukun dan bisa menerima perbedaan, maka kita juga belajar untuk melihat sisi lain dan potensi berbeda beda yang dimiliki orang lain untuk melengkapi potensi yang kita miliki sendiri.

  1. Terhindar Dari Perpecahan

Setiap orang sudah seharusnya selalu menanamkan sifat toleran atas semua perbedaan yang ada di kehidupan masyarakat seperti perbedaan agama di Indonesia sama halnya seperti manfaat hidup tertib. Seperti yang kita ketahui, Indonesia adalah negara yang penduduknya menganut banyak agama berbeda beda. Sikap saling menghargai perbedaan inilah yang nantinya bisa dijadikan solusi untuk menghindari terjadinya perpecahan antara umat beragama.