4 Manfaat Daun Randu Untuk Lambung dan Maag Kronis

Jika membahas mengenai obat-obatan herbal, maka sama saja dengan membahas berbagai macam manfaat tumbuhan bagi manusia terutama kesehatan. Bahkan jenis tumbuhan tertentu yang terkadang disepelekan keberadaannya ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia.

Salah satunya adalah pohon randu, yang daunnya ternyata memiliki khasiat sebagai obat untuk mengatasi masalah lambung ataupun masalah kesehatan lainnya. Nah, pada artikel kali ini akan dibahas tentang manfaat daun randu untuk lambung dan maag beserta cara penggunaannya. Simak pembahasannya di bawah ini.

1. Mengatasi asam lambung

Asam lambung atau gastritis dapat diatasi dengan menggunakan khasiat daun randu untuk lambung. Hal ini disebabkan karena di dalam daun randu memiliki senyawa anti inflamasi dan antioksidan yang cukup tinggi, tidak kalah dengan daun populer lainnya seperti daun sirsak atau lainnya. Dengan khasiat ini, daun randu bisa digunakan untuk membantu menyembuhkan asam lambung bahkan di tingkat kronis sekalipun.

2. Mengobati maag kronis

Di samping mengobati asam lambung, daun randu juga bisa membantu menyembuhkan maag kronis seperti halnya dengan manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut. Di mana maag ini bisa semakin parah jika penderitanya telat makan, atau bahkan jika dibiarkan bisa menyebabkan gangguan lambung yang lebih parah lagi. Untuk mengobatinya secara alami, bisa dengan mengkonsumsi sari dari daun randu ini sampai gejala maag yang dirasakan hilang total.

3. Melancarkan pencernaan

Pencernaan yang terganggu salah satunya bisa disebabkan karena adanya gangguan pada fungsi lambung, contohnya terganggunya fungsi lambung dalam penyerapan nutrisi dari makanan. Salah satu khasiat dari daun randu adalah untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan, sehingga fungsinya dapat terjaga. Seperti halnya dengan manfaat Yakult nagi kesehatan, kandungan di dalam daun randu bisa meningkatkan penyerapan nutrisi sehingga lambung dapat sehat dan terjaga fungsinya.

4. Mencegah kenaikan asam lambung

Selain dapat membantu penyembuhan asam lambung yang tinggi, manfaat dari daun randu juga bisa membantu mencegah terjadinya peningkatan asam lambung. Kandungan senyawa antioksidan di dalamnya juga bisa mencegah terjadinya kerusakan ataupun luka pada dinding lambung, yang biasanya sangat rentan infeksi ketika mengalami asam lambung. Dengan khasiat ini tentunya daun randu bisa dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif dalam penyembuhan asam lambung seperti halnya dengan manfaat jagung bagi penderita asam lambung tinggi.

Cara membuat ramuan daun randu untuk lambung dan maag

Setelah mengetahui beberapa manfaat dari daun randu untuk menyehatkan organ lambung dan membantu mengatasi beberapa gangguannya, selanjutnya akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat ramuan dari daun randu ini. Nah, tidak jauh berbeda dengan penggunaan manfaat daun salam untuk maag dan lambung, berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membuat ramuan daun randu:

Pertama, siapkan bahan dan alat yang diperlukan seperti:

  • Daun randu sebanyak 15-20 helai, lalu cuci daun sampai benar-benar bersih.
  • Disiapkan air putih atau mineral sebanyak 2 gelas.
  • Siapkan blender dan saringan kain.

Kedua, langkah pembuatannya adalah:

  • Masukkan semua bahan ke dalam blender, lalu blender sampai daun benar-benar halus.
  • Siapkan wadah bersih lain, lalu saring sari daun randu menggunakan saringan kain.
  • Buang ampasnya, lalu sari daun randu siap untuk dikonsumsi.

Sangat mudah bukan? Demikian informasi mengenai beberapa manfaat daun randu untuk lambung dan maag, beserta cara menggunakannya. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal