7 Manfaat Makan Bawang Merah Bagi Kesehatan Super Hebat

Siapa yang tidak kenal dengan bawang merah? Ya, bumbu dapur yang satu ini merupakan senjata paling ampuh untuk menyedapkan makanan. Tidak heran apabila berbagai jenis hidangan yang lezat diperoleh dari bumbu dasar yang mengandung bawang merah. Selain sebagai penyedap dan penguat rasa, ternyata bawang merah juga memiliki berbagai manfaat yang mampu melindungi tubuh kita dari berbagai macam penyakit berbahaya dan mematikan, bahkan kanker sekalipun. Manfaat makan bawang merah memang hebat dan tidak kalah dari rekannya yaitu manfaat bawang putih dan manfaat bawang bombay, namun tetap disesuaikan dengan porsi yang tepat.

Kandungan bawang merah diantaranya :

  1. Karbohidrat dan zat gula, yang berfungsi sebagai sumber energi utama di dalam tubuh agar lebih kuat dan tidak mudah lapar.
  2. Protein, berfungsi untuk membantu memperlancar metabolisme sel dan regenerasi sel, sehingga seluruh sistem jaringan dalam tubuh bekerja sebagaimana mestinya.
  3. Vitamin B6, berfungsi untuk menjaga kesehatan beberapa sistem di dalam tubuh diantaranya adalah kulit, darah, maupun syaraf.
  4. Vitamin C, berfungsi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  5. Kalsium, berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi dan tulang agar lebih kuat.
  6. Zat besi, berfungsi untuk memperlancar pengangkutan oksigen ke seluruh jaringan darah di dalam tubuh.
  7. Magnesium, berfungsi untuk membentuk protein dan DNA.
  8. Kalium, berfungsi untuk memperkuat sistem kinerja jantung.
  9. Flavonoid, berfungsi sebagai antioksidan tambahan dimana bisa menangkal racun atau radikal bebas berbahaya yang masuk ke dalam tubuh.
  10. Folat, untuk menormalkan kinerja saraf.
  11. Kromium, sebagai pembakar lemak.

Bukan hanya 11 zat itu saja yang terkandung di dalam bawang merah, melainkan berbagai jenis mineral lain yang tidak kalah penting untuk kesehatan tubuh. Dengan memiliki kandungan tersebut, manfaat makan bawang merah sangat baik untuk beberapa hal berikut:

1. Meredakan Penyakit Flu, Batuk, dan Masuk Angin

Mengonsumsi bawang merah mentah dapat mengatasi masalah pernafasan untuk mengurangi radang tenggorokan. Untuk hasil yang lebih optimal, Anda juga dapat mencampurkan bawang merah dengan madu dan jahe, dengan cara menjadikan ketiga bahan tersebut sebagai jus. Selain dikonsumsi, bawang merah juga dapat digunakan sebagai bahan untuk “kerokan”, dimana merupakan salah satu metode tradisional yang dapat membantu angin segera keluar dari tubuh karena pori-pori sedang terbuka. Biasanya bawang merah menjadi pengganti uang logam karena relatif lebih keras dan dapat membuat kulit terasa perih.

2. Mengatasi Bau Mulut dan Infeksi pada Gusi

Bawang merah juga menjadi cara untuk mengatasi bau mulut dan infeksi. Wanginya yang cukup tajam dapat menghilangkan bau yang tidak nyaman di mulut, meskipun begitu Anda juga harus tetap berkumur-kumur setelah mengonsumsi bawang merah karena cukup menyengat. Setelah itu, mulut Anda akan lebih segar dan lebih percaya diri untuk beraktivitas.

3. Mencegah Kanker

Seluruh jenis zat yang disebut di atas hanya sebagian dari kadar utama di dalam bawang merah. Seluruhnya tentu sangat baik untuk membangun sistem jaringan pada tubuh agar lebih kuat dan juga memperkecil kemungkinan berkembangnya sel-sel abnormal yaitu gejala kanker.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat (LDL) dan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Kandungan yang ada di dalam bawang merah tersebut dapat mengontrol sistem peredaran darah, dan juga bisa mengatasi penyumbatan pada arteri. Dengan fungsi ini, jantung akan lebih sehat dan dapat memompa darah dengan lebih baik dari sebelumnya. Ada beberapa makanan yang memiliki kadar kolesterol jahat dimasak dengan bawang merah, karena hal itu ditujukan untuk menetralkan. Zat yang berperan untuk menurunkan LDL adalah sulfida methylallyl dan asam-amino sulfur.

5. Melancarkan sistem ekskresi

Manfaat bawang merah juga dapat melancarkan sistem pembuangan urin dan feses agar lebih sehat, selain itu juga mampu untuk mencegah sembelit. Merebus bawang merah kemudian meminum airnya juga dapat membuat proses pengeluaran urin menjadi lebih baik.

6. Memperbaiki Kinerja Sistem Syaraf agar Dapat Lebih Tenang

Adanya kandungan folat dapat membantu tubuh menghambat produksi homosistein dimana zat ini dapat mencegah nutrisi yang terkandung di dalam darah dapat mencapai otak. Homosistein ini mempengaruhi berbagai jenis hormon yang juga mempengaruhi dampak fisik seperti istirahat, nafsu makan, maupun dampak psikis seperti suasana hati. Dengan adanya folat, seluruh hormon dapat terkontrol dan syaraf menjadi lebih tenang.


7. Mencegah Diabetes

Seluruh zat yang terdaftar di atas juga sangat baik dan mampu mengontrol kadar hormon insulin di dalam tubuh untuk mencegah terjadinya diabetes, khususnya diabetes mellitus. Hal ini baik bagi mereka yang sedang berupaya menurunkan kadar gula di dalam tubuhnya karena penyakit ini bisa dikatakan sangat berbahaya.

Ternyata banyak sekali manfaat makan bawang merah. Meskipun begitu, apabila bawang merah dikonsumsi berlebihan, maka hal ini dapat berakibat buruk bagi kesehatan Anda. Ada beberapa orang yang tidak kuat dan dapat mengalami iritasi lambung ketika mengonsumsi bawang merah mentah ataupun yang sudah diolah dan dicampur ke dalam hidangan karena intensitasnya berlebihan. Untuk itu, Anda juga harus menyeimbangkan dengan makanan sehat yang lain agar kondisi tubuh Anda tetap prima setiap saat. Semoga bermanfaat!

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal