12 Manfaat Bawang Hitam Lezat untuk Penyakit Kronis

Manfaat Bawang HitamBawang hitam sebenarnya bukanlah merupakan jenis bawang yang baru, akan tetapi merupakan bawang putih yang mengalami proses fermentasi sehingga merubah warna putih dalam bawang menjadi hitam. Bawang hitam, bawang putih hitam atau black garlic ini memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia seperti banyak manfaat bawang bombay. Pada awalnya, bawang hitam digunakan oleh masyarakat China, Jepang dan juga Korea yang dikatakan memiliki 20 kali kandungan khasiat lebih banyak dibandingkan dengan jenis herbal lainnya.

Saat proses fermentasi, suhu tinggi yang digunakan pada bawang putih akan menghasilkan warna hitam pada bawang dengan rasa yang sedikit manis, tekstur lembut, kenyal dan juga gurih. Sedangkan berita khasiat dari bawang hitam ini bahkan sudah sampai ke masyarakat Amerika yang juga menggunakan bawang hitam ini pada masakan mewah mereka. Manfaat antioksidan dalam bawang hitam 2 kali lebih banyak dari bawang putih dan juga mengandung S allycysteine yakni komponen penting untuk melawan penyakit kanker mematikan. Untuk lebih lengkap mengenai apa saja manfaat bawang hitam untuk kesehatan tubuh menyeluruh ini, silahkan simak ulasan bermanfaat yang akan kami berikan dibawah ini.

  1. Mengandung Allicin dan Anti Bakteri

Dalam bawang hitam mengandung allicin yang merupakan zat pembuatan obat. Allicin ini merupakan komponen biologis aktif yang berfungsi sebagai anti bakteri dalam bawang hitam. Kandungan zat allicin tersebut yang menimbulkan bau khas pada bawang hitam menjadi lebih nikmat. Dari beberapa riset yang dilakukan membuktikan jika allicin mempunyai peran penting untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti:

  • Menurunkan berat badan berlebihan
  • Mengencerkan penggumpalan darah
  • Mencegah hipertensi atau darah tinggi
  • Mengandung zat anti kanker
  • Mengandung antioksidan tinggi
  • Anti mikroba atau anti bakteri
  1. Mengobati Kanker

Khasiat dari bawang hitam juga sudah mengalami pembuktian lewat hasil penelitian dimana terdapat senyawa anti kanker didalam bawang hitam tersebut. Kandungan sulfida alil dalam bawang hitam sangat baik dijadikan obat herbal untuk solusi kanker. Salah satu pembuktianya adalah sebuah penelitian yang membuktikan jika kandungan  PhIP yakni salah satu bentuk amina heterosiklik atau HCA yang menjadi zat kanker payudara wanita bisa dihambat dengan zat diallyl sulfida yang ada dalam bawang hitam sehingga bisa menghambat pertumbuhan sekaligus mengubah PhIP menjadi karsinogen.

  1. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Riset juga sudah membuktikan jika bawang hitam juga sangat efektif untuk digunakan sebagai penurun tekanan darah tinggi antara 7 sampai 8 persen. Bahkan, bawang hitam ini juga dikatakan sanggup menurunkan tekanan darah sampai batas tekanan darah normal yang di teliti berdasarkan penggunaan bubuk hitam pada penderita hipertensi atau darah tinggi selain juga bisa menggunakan manfaat mengkudu untuk hipertensi.

  1. Tinggi Nutrisi Rendah Kalori

Bawang hitam juga menjadi salah satu obat herbal yang mempunyai kandungan nutrisi lengkap di dalamnya sehingga baik untuk di konsumsi. Untuk melihat apa saja nutrisi yang terkandung dalam bawang hitam, berikut kami berikan penjabaran selengkapnya untuk anda.

  • Mencukupi 71 persen kebutuhan vitamin C harian
  • Mencukupi 25 persen kebutuhan kalsium harian
  • Mencukupi 13 persen kebutuhan besi harian
  • Mencukupi 15 persen kebutuhan karbohidrat harian
  • Mencukupi 3 gram kebutuhan serat harian

Selain mengandung beberapa nutrisi diatas, dalam bawang hitam juga mengandung kalori dan lemak jenuh sangat rendah sehingga aman di konsumsi sehari hari tanpa menimbulkan berbagai penyakit lain yang berbahaya meskipun banyak manfaat kalori bagi tubuh manusia.

  1. Mengurangi Kadar Kolesterol Jahat

Manfaat okra untuk kolesterol juga bisa anda dapatkan di dalam bawang hitam. Dalam bawang hitam juga mengandung zat penting yang bisa menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat di dalam tubuh. Dari beberapa penelitian membuktikan jika bawang hitam bisa menurunkan antara 10 sampai 15 persen kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Sedangkan untuk HDL atau kadar kolesterol baik tidak akan berkurang saat mengkonsumsi bawang hitam tersebut.


  1. Membersihkan Komedo dan Jerawat

Tidak hanya berguna untuk mengatasi berbagai penyakit yang ada di dalam tubuh, namun khasiat bawang hitam juga berguna untuk mengatasi beberapa masalah kulit seperti komedo dan jerawat. Untuk cara menggunakannya cukup mudah, yakni dengan menghaluskan 1 siung bawang hitam lalu balurkan pada kulit yang berjerawat dan berkomedo dan diamkan selama 10 menit dan lebih baik digunakan sebelum pergi tidur. Esok paginya, bilas sampai bersih dan hasil sudah bisa terlihat yakni komedo yang berkurang dan jerawat yang mengecil secara alami. Lakukan cara ini secara teratur supaya hasilnya lebih maksimal.

  1. Mengatasi Alzheimer dan Demensia

Beberapa penyakit gangguan saraf seperti alzheimer dan juga demensia juga bisa dicegah dengan mengkonsumsi bawang hitam. Kerusakan saraf atau oksidatif yang terjadi karena radikal bebas tersebut akan diatasi dengan kandungan sumber antioksidan tinggi dalam bawang hitam sehingga tubuh akan terlindungi dari stress oksidatif penyebab gangguan saraf tersebut. Untuk cara yang lebih praktis, anda bisa mengkonsumsi suplemen bawang hitam secara teratur.

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan juga terdapat dalam bawang hitam ini. Zat anti inflamasi yang juga terkandung dalam bawang hitam berguna untuk mengatur lemak di dalam tubuh. Berat badan berlebih atau obesitas bisa terjadi karena penumpukan lemak dalam tubuh terus terjadi dan akan mengubah pre adiposit menjadi sel lemak atau adipocytes lewat proses yang dinamakan sistem inflamasi. Dalam bawang hitam yang mengandung zat vinyldithiin ini berperan penting untuk menghambat proses inflamasi dini yang akan efektif untuk mencegah berat badan terlalu berlebihan.

  1. Mengatasi Sakit Gigi

Selain banyak manfaat jeruk bagi kesehatan gigi, bawang hitam juga bisa dikonsumsi untuk mengatasi sakit gigi. Sakit gigi yang disebabkan karena bakteri juga bisa diatasi dengan memanfaatkan bawang hitam ini sebagai obat herbal. Sifat anti virus yang terkandung dalam bawang hitam berkhasiat untuk membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan juga sifat analgesik dalam bawang hitam yang berguna untuk menghilangkan rasa sakit pada gigi tersebut.

  1. Meningkatkan Metabolisme Zat Besi

Dari riset juga dibuktikan jika dalam bawang putih juga mengandung senyawa yang berkhasiat untuk meningkatkan metabolisme zat besi di dalam tubuh. Zat besi yang tersimpan di dalam tubuh akan dikeluarkan dari sel dan dialirkan ke seluruh bagian tubuh. Dalam proses ini, tubuh membutuhkan sebuah protein yang bernama ferroportin yakni protein yang bersirkulasi melewati membran sel dan menjadi jalan bagi zat besi untuk mengalir di dalam tubuh. Bawang hitam ini berfungsi untuk meningkatkan produksi ferroportin yang akan menjaga kelancaran peredaran zat besi di seluruh tubuh.


  1. Mencegah Infeksi

Dalam bawang hitam juga mengandung zat anti mikroba, antibiotik dan juga anti jamur karena bahan aktif allicin didalamnya. S allylcysteine akan meningkatkan proses penyerapan allicin sehingga metabolisme tubuh akan semakin mudah dan bisa memberikan perlindungan lebih terhadap bakteri dan infeksi yang menyerang tubuh.

  1. Mengatasi Diabetes Tipe 2

Selain banyak manfaat kopi untuk diabetes, seseorang yang menderita penyakit diabetes tipe 2 akan menyebabkan gangguan kesehatan secara menyeluruh karena efek stres oksidatif. Diabetes yang tidak di kontrol dengan baik akan menimbulkan komplikasi serius seperti penyakit jantung, masalah ginjal, kerusakan saraf dan bahkan bisa menyebabkan kebutaan. Kandungan antioksidan tinggi dalam bawang hitam sangat baik untuk mengurangi stres oksidatif yang disebabkan karena naiknya kadar gula darah Dari beberapa penelitian juga menemukan jika kandungan antioksidan tinggi dalam bawang hitam sangat baik untuk mencegah komplikasi dari diabetes.

Demikian ulasan lengkap dari kami tentang manfaat bawang hitam yang merupakan hasil fermentasi dari bawang putih menggunakan suhu tinggi. Mengkonsumsi bawang hitam secara langsung atau ekstrak bawang hitam sangat dianjurkan khususnya anda yang memiliki beberapa penyakit kronis seperti yang sudah disampaikan diatas.

,
Oleh :
Kategori : Sayuran