Manfaat batu bacan

Tren saat ini adalah tren batu akik. Setiap jalan pasti ditemukan penjual atau pengolah batu akik. Dari orang tua hingga anak-anak, pria maupun wanita ikut menggunakan batu akik. Batu yang berasal dari indonesia ini sangat digemari banyak orang. Berbagai jenis, bentuk, motif dan harga ditawarkan. Ada yang membeli batu akik untuk perhiasan, koleksi dan konon baik untuk kesehatan.

Batu bacan, batu termahal

Saat ini batu termahal masih diduduki oleh batu bacan. Batu ini berasal dari daerah maluku yang sudah dikenal sejak kesultanan maluku, terkenal di seluruh nusantara bahkan mancanegara. Batu yang memiliki banyak jenis dan warna. Bahkan mahkota-mahkota sultan maluku selalu menggunakan batu jenis ini.

batu bacanSilsilah dari nama batu ini diambil dari nama sebuah pulau yang berada di sebelah timur pulau Kasiruta yaitu pulau bacan. Disinilah batu bacan diperjual belikan untuk pertama kali sehingga orang-orang mengenalnya sebagai batu bacan.

Pada tahun 1960-an, presiden Soekarno pernah mengunjungi kota labuhan di pulau bacan, dan masyarakat memberikan batu bacan sebagai cinderamata. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun memiliki batu bacan yang katanya pernah ditawar 3 milyar. Maka dari itu banyak orang yang tergila-gila dengan batu ini.

Batu ini termasuk langka dan istimewa karena batu ini terus berubah dengan seiring waktu dan sulit ditemukan. Batu bacan sering dikatakan bisa ‘hidup’ karena semakin lama akan terjadi perubahan warna dan semakin bening walaupun sudah dibentuk menjadi perhiasan. Selain itu yang menjadi batu bacan termahal karena kesulitannya untuk ditemukan karena sumber aslinya sudah terkikis. Ini akibat dari eksploitasi yang berlebihan.

Kandungan batu bacan

Batu bacan tidak akan sempurna, tapi akan selalu berubah menjadi lebih sempurna. Ini disebabkan oleh kandungan batu bacan yaitu mineral Calsedoni dan Berrylium yang menyebabkan perubahan ini.

Mineral calsedoni ini yang membuat batu bacan lebih bening. Kandungan berrylium di bumi hanya sedikit, hanya sekitar 2 ppm. Sehingga berrylium langka. Sejak tahun 1985 sudah terjadi pertambangan berrylium besar-besaran di Amerika. Berrylium ini sangat bermanfaat. Berrylium dapat ditemukan dengan ikatan batuan lain seperti batu bacan ini. Ikatan berrylium dengan mineral calsedoni ini hanya ditemukan dengan maluku, sehingga harga batu bacan ini sangat mahal.

Kandungan mineral calsedoni dan berrylium yang tinggi inilah yang menyebabkan batu mengkristal menjadi daging batu dan menjadi cerah seriring waktu walaupun sudah diolah.

Batu bacan memiliki banyak warna pilihan seperti, hijau, biru, kuning, kuning tua, kuning muda, hijau cincau, hijau muda, putih bening, putih susu, merah, merah kecoklatan, keunguan, warna teh, dan warna kembang. Banyak pilihan warna inilah yang meningkat harga jual dari batu bacan ini.

Persebaran di Indonesia

Di indonesia ada dua jenis batu bacan yang sering dijumpai, seperti:

  1. Batu bacan doko

Batu bacan ini seperti namanya diambil dari daerah diambilnya yaitu desa doko di pulau kasiruta. Pulau ini banyak sekali sumber batu bacan. Jenis ini lebih berwarna hijau tua.

  1. Batu bacan palamea

Batu ini juga berasal dari pulau kasiruta yaitu desa palamea. Batu ini lebih berwarna hijau kebiruan.

Di pulau Kasiruta ada daerah imbu-imbu dan basori sebagai sumber batu bacan yang lain yang tak kalah indahnya.

Harga batu bacan ini semakin lama semakin mahal karena batu bacan dapat menyempurnakan diri dari waktu ke waktu. Sehingga para investor memanfaatkan batu bacan ini sebagai barang investasi. Selain untuk investasi tapi untuk keindahannya juga.

Khasiat batu bacan

Khasiat batu bacan ini sering ada yang mengkaitkan dengan ilmu spiritual, konon dapat memberikan khasiat kepada pemakainya seperti ini.

  1. Untuk penjagaan diri, keselamatan dari musuh

Batu bacan ini semakin populer dimasyarakat. Batu bacan ini dikategorikan sebagai batu yang memiliki khasiat yang luat biasa. Dipercaya ada energi yang dipancarkan oleh batu ini, yang mana akan memberikan efek perlindungan bagi pemiliknya.

  1. Memberikan efek ketenangan batin

Memang sebagian orang yang memiliki batu bacan ini mengaku bahwa setelah memiliki batu bacan ini dia merasakan ketenangan bathin. Batu ini memang sedang marak dimintai di masyarakat, beberapa alasan orang-orang ngin memilikinya adalah agar ingin diberikan ketenangan bathin.

  1. Memberikan efek kesabaran

Efek dari ketenangan bathin yang dirasakan tersebut adalah efek sikap sabar yang akan dimiliki pemiliknya. Pemilik batu ini akan merasa hatinya damai dan mudah menahan amarah. Energi negatif yang bisa membuat rasa kesal dalam diri akan mampu diredam.

  1. Dapat memperlancar usaha

Entah bagaimana logikanya, sebagai orang berasalan memiliki batu ini dengan tujuan agar dilancarkan usahanya. Walaupun sebagai besar dari kita kesuksesan usaha dipengaruhi oleh kerja keras kita, namun ada beberapa orang yang membuktikan bahwa dengan batu bacan usahanya serasa lebih lancar.

  1. Meningkatkan gairah seks pada pria

Batu bacan ini sering diistilahkan batu jahanam dari maluku. Batu jahanam ini diyakini memeiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satunya adalah mampu meningkatkan gairah seks pada pria.

  1. Dapat memancarkan aura kecantikan atau ketampanan

Yang sudah terbukti batu bacan ini dapat menambah kecantikan atau ketampanan pemakaiannya dan menambah derajat pemakainya karena tidak semua orang dapat membeli batu bacan yang asli dengan harga yang selangit dan para petinggi negara pun menggunakan batu bacan ini sehingga menambah wibawa seseorang.

  1. Menyerap energi panas tubuh

Berdasarkan komponen penyusun batu ini adalah mineral calsedoni dan berrylium, dapat bermanfaat bagi kesehatan. Berrylium dapat menyerap panas atau energi. Sehingga dipercaya dapat menyerap panas dari tubuh atau dari luar. Tapi ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai manfaat ini.

  1. Sebagai perhiasan

Batu bacan pada mulanya di gunakan oleh orang turki untuk dijadikan perhiasan. Hal itu dikarenakan batu bacan memiliki warna yang indah. Pada umumnya warnanya adalah biru kehijauan. Batu bacan akan nampak berkilau jika di bentuk bulat.

Itulah beberapa manfaat dari batu bacan, batu akik termahal saat ini. Walaupun termahal, batu bacan ini juga dikategorikan batu akik terpopuler. Terbukti Anda akan mudah menemukan batu ini di tawarkan dengan harga yang mahal. Coba saja lihat di situs-situs penjalan online, maka Anda akan menemukan penjualan batu bacan ini.

Manfaat batu bacan di percaya di berikan karena sifatnya yang unik yang mampu berubah warna, selain itu batu ini dipercaya memiliki energi yang menangkal kejahatan. Entah bagaimana lgogikanya, dari penelitian sendiri belum ada yang membuktikan tentang energi yang di pancarkan oleh batu ini. Jawaban yang diyakini penelitian saat ini adalah dengan batu bacan ini mampu mempengaruhi psikologis pemiliknya menjadi lebih positif, sehingga tidak heran jika akhirnya ada efek positif yang di terima pemilik batu bacan ini.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam