13 Manfaat Telur Kepiting untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Bagi pecinta kuliner laut, kepiting merupakan salah satu jenis seafood yang paling favorit dan tidak boleh dilewatkan untuk mendapatkan manfaat makanan laut untuk tubuh. Di antara kepiting betina dan jantan, kepiting betina menjadi salah satu kepiting yang disukai banyak orang.

Hal ini disebabkan karena kepiting betina biasanya terdapat telur kepiting yang sangat enak. Tidak heran jika harga kepiting betina di pasaran lebih mahal dan juga lebih langka dicari dibandingkan dengan kepiting jantan. Dalam membedakan jenis kepiting betina dan jantan sendiri cukup mudah, karena bentuk fisik kepiting betina lebih melengkung dan capitnya lebih kecil dibandingkan jenis kepiting jantan.

Seperti yang telah diketahui, banyak sekali manfaat kepiting dan cara mengkonsumsi kepiting pun bisa menjadi berbagai macam olahan makanan. Untuk telur kepiting sendiri, memiliki tekstur yang sangat creamy, rasanya yang manis dan lumer saat dikonsumsi. Di samping rasanya yang nikmat, ternyata terdapat manfaat telur kepiting untuk kesehatan yang tidak kalah dengan manfaat daging kepiting. Nah, di bawah ini merupakan beberapa manfaat dari mengkonsumsi telur kepiting betina untuk kesehatan:

  • Menjadi sumber protein hewani tinggi, karena kepiting merupakan salah satu sumber protein paling banyak dibandingkan dengan jenis hewan laut lainnya.
  • Mengatasi gangguan kesuburan, terutama pada pria sehingga yang menjadi salah satu alasan mengapa kepiting betina bertelur masih banyak dicari orang hingga kini.
  • Menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit, seperti halnya dengan manfaat udang bagi kesehatan yang memiliki banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh.
  • Membantu menurunkan dan mengontrol kadar kolesterol tubuh, karena telur kepiting memiliki kandungan omega 3 yang dapat bermanfaat untuk melawan kolesterol jahat.
  • Meningkatkan kecerdasan otak, juga menjadi salah satu manfaat telur kepiting betina yang mana bagus untuk dikonsumsi anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan.
  • Mengandung lemak jenuh lebih sedikit, sehingga sangat bagus untuk kesehatan tubuh dan tidak akan menyebabkan penumpukan lemak jahat yang menyebabkan gendut.
  • Menyehatkan organ mata dan jaringan syaraf, yang juga disebabkan karena kandungan omega 3 di dalamnya juga nutrisi lainnya.
  • Menangkal dampak buruk dari radikal bebas, yang mana bisa menyebabkan berbagai penyakit seperti jantung, penuaan dini dan penyakit lainnya.
  • Meningkatkan kesehatan tulang dan sendi, karena banyak mengandung protein, mineral, omega 3 dan lainnya seperti manfaat teripang laut .
  • Meningkatkan metabolisme tubuh, juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah dan membantu dalam perbaikan sel tubuh yang mengalami kerusakan.
  • Membentuk enzim yang penting untuk tubuh, serta bisa membantu mengatasi gangguan kesehatan kulit, syaraf dan organ tubuh secara alami.
  • Mencegah rambut rontok juga pembesaran prostat, karena di dalam telur kepiting betina memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi.
  • Menjadi sumber antioksidan, untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel yang dapat menjadi penyebab penyakit kanker.

Untuk mengkonsumsi telur kepiting, bisa langsung dimasak beserta kepitingnya atau bisa juga diambil dan dicampurkan dengan pengobatan herbal lainnya. Jika telur kepiting digunakan untuk tujuan meningkatkan kesuburan seperti layaknya manfaat Jelly Gamat , bisa diimbangi dengan mengkonsumsi air kelapa muda yang dipanggang beserta batoknya dan kurma secara rutin agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Demikian ulasan mengenai berbagai manfaat telur kepiting untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan