10 Manfaat Yellow Tea untuk Kesehatan Tubuh

Saat ini inovasi makanan dan minuman dari bahan teh sangat bervariasi, hal itu untuk meningkatkan nilai jual dari teh agar mendapatkan penghasilan yang tinggi sebelumnya dari teh. Hasil inovasi dari teh sendiri mulai dari makanan seperti pancake, kue pukis dan yang lainnya dijadikan sebagai bahan campuran dari makanan tersebut, dan untuk minuman sendiri seperti juice teh hijau dan campuran bahan untuk membuat ice cream dan yang lainnya.

Selain menambah nilai dari teh tersebut, merupakan manfaat tersendiri bagi masyarakat yang ingin mengonsumsi teh bagi masyarakat yang tidak menyukai teh dikonsusmi secara langsung untuk mendapatkan manfaat dari teh tersebut bagi kesehatan dirinya, maka teh tersebut diolah menjadi bahan makanan dan minuman bagi masyarakat tidak ingin mengonsumsi langsung berupa teh, jadi lahirlah inovasi dari teh sebagai bahan campuran dan minuman agar bisa dikonsumsi oleh masyarakat yang tidak menyukai teh yang dikonsumsi secara langsung namun tetap mendapatkan manfaat yang terkandung dalam teh bagi tubuhnya agar mendapatkan tubuh yang sehat.

Kandungan Zat dalam Yellow Tea

Didalam teh terdapat berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh tubuh sehingga akan didapati tubuh yang sehat dari pengonsumsian teh tersebut, namun harus diperhatikan juga kadar konsumsi yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh tubuh agar tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Terdapat berbagai macam teh yang diketahui saat ini, seperti teh hijau, teh melati, teh daun jati cina, dan teh kuning. Dalam artikel ini yang akan dibahas lebih dalam adalah teh kuning atau sering disebut dengan yellow tea yang didalam yellow tea terdapat berbagai manfaat dan juga terkandung berbagai kandungan yang bermanfaat bagi tubuh.

  1. Polifenol

Teh merupakan salah satu tumbuhan yang didalamnya terkandung polifenol, polifenol sendiri merupakan kelompok antioksidan yang memiliki peran penting dalam kesehatan tubuh. Polifenol tidak hanya ditemukan dalam teh tetapi dapat ditemukan ditanaman lain seperti kacang-kacangan, kol dan brokoli. Dalam teh terdapat berbagai jenis polifenol yang terkandung dalam teh, seperti flavanol, katekin dan tanin yang memiliki peran masing-masing dalam tubuh yang dapat menjaga tubuh dari berbagai macam penyakit yang akan menyerang tubuh.

  1. Kafein

Kandungan kafein bukan hanya ditemukan pada kopi saja, namun dapat pula ditemukan pada teh tetapi kandungan kafein dalam kopi dan teh memiliki kadar yang berbeda. Kandungan kafein dalam teh lebih sedikit kadar atau jumlahnya daripada yang terdapat dalam kopi, hal itu disebabkan karena pada teh terdapat jenis polifenol seperti tanin yang dapat menyimbangkan kafein dalam teh yang dimana peran tanin sebagai penenang ketika tubuh mengalami reaksi yang berlebihan. Maka dari itu jumlah kafein dalam kopi dan teh berbeda sehingga kafein dalam teh tidak tinggi seperti pada kopi dan tidak menyebabkan jantung berdebar lebih cepat dari biasanya dan mengalami insomnia.

Dari kandungan diatas dalam teh memiliki manfaat bagi tubuh untuk menjadikan tubuh menjadi lebih sehat dan menjaga tubuh yang terhindar dari berbagai penyakit serta untuk mencegah terjadi penyakit dalam tubuh. Berikut ini manfaat yellow tea bagi tubuh :

  1. Penangkal radikal bebas

Teh yang dapat dijadikan sebagai penangkal radikal bebas bagi tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit kanker dikarenakan terdapat polifenol yang terkandung dalam yellow tea tersebut.

  1. Melarutkan lemak

Bagi yang sedang melakukan diet direkomendasikan untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang didalamnya terdapat campuran teh ataupun yellow tea, hal itu dikarenakan seperti halnya manfaat sebagai penangkal radikal bebas dalam melarutkan lemak juga polifenol ikut berperan dalam pelarutan lemak.

  1. Mencegah serangan jantung

Penyebab terjadi serangan jantung dikarenakan pada pembuluh darah korner tersumbat oleh tumpukan lemak yang menumpuk sehingga pembuluh darah korner, pada teh terdapat polifenol yang dapat melarutkan lemak yang menyumbat dalam pembuluh darah korner sehingga aliran tersebut dapat mengalir seperti biasanya dan tidak terjadi penyumbat yang dapat timbul serangan jantung.

  1. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Selain manfaat diatas terdapat manfaat lain yang dikarenakan didalam teh terdapat polifenol dalam kandungan teh, polifenol juga dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh yang nantinya akan melawan penyakit dari luar yang akan masuk ke dalam tubuh.

  1. Mencegah penyakit diabetes

Diabetes biasanya disebabkan karena berbagai faktor yang membuat diabetes menyerang sesorang, hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein namun dalam pengonsumsiannya pun jangan terlalu berlebihan. Dalam kafein terdapat asam klorogenat yang berperan dalam menekankan resiko penyakit diabetes.

  1. Menjaga dari penyakit Parkinson

Parkinson merupakan penyakit yang dimana pada otak terjadi degenerasi atau kemunduran sel saraf otak yang dimana sel tersebut berfungsi dalam pergerakan tubuh, jadi jika sel saraf tersebut mengalami kerusakan maka seluruh badan lemah untuk digerakan. Agar tidak terjadinya hal tersebut bisa dilakukan pencegahan dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein namun harus dilihat kadar nya untuk menyesuaikan kebutuhan tubuh agar tidak terjadinya timbul penyakit yang lain.

  1. Meningkatkan daya ingat atau memori

Kandungan kafein dalam teh ternyata dapat meningkatkan daya ingat dan memori seseorang, hal ini telah terbukti pada studi di jepang yang mengatakan bahwa asupan 200gr kafein yang dalam pengonsumsiannya secara signifikan dapat meningkatkan daya ingat atau memori dalam diri seseorang.

  1. Regenerasi otot

Ketika otot kondisi nya menurun setelah melakukan kegiatan yang berat membuat kondisi otot menurun dapat di regenerasikan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan minuman yang mengandung kafein, karena kombinasi antara karbohidrat dan kafein dapat mengisi glikogen otot yang mengalami penurunan sehingga karbohidrat dan kafein dapat membantu denga cepat proses regenerasi otot yang mengalami penurunan.

  1. Merangsang pertumbuhan rambut

Kafein mememiliki peran juga dalam masalah rambut, kafein sendiri mampu merangsang pertumbuhan rambut agar rambut tidak mengalami kerontokan dan juga kebotakan, sehingga dapat dijadikan sebagai pencegahan dalam kerusakan pada rambut.

  1. Mencegah depresi

Tidak asing lagi jika teh bisa dijadikan sebagai penenang ketika tubuh mengalami stress karena berbagai faktor seperti terlalu lama bekerja misalnya, hal itu disebabkan kafein berperan dalam merangsang zat kimia seperti dopamin yang merupakan neurotransmitter yang mengaktifkan pusat kesenangan dalam otak.

Itulah manfaat dari yellow tea yang dapat memberikan kesahatan bagi tubuh, namun kesehatan tubuh tidak dihasilkan dari mengonsumsi yellow tea saja namun diimbangi dengan olah raga dan pola hidup yang sehat.

, ,
Post Date: Tuesday 19th, April 2016 / 09:49 Oleh :
Kategori : Minuman