Manfaat Wortel Untuk Mata

Salah satu organ yang paling rentan terkena gangguan jika tidak dijaga adalah mata. Anda pasti memiliki teman yang berkacamata? Nah ia telah menjadi salah satu orang yang terkena penyakit mata. Masalah utamanya jika ia masih berusia muda yakni mata minus. Sedangkan untuk yang sudah dewasa yakni mata plus, nah untuk menghindari ini kita dapat menggunakan manfaat wortel untuk mata yang dapat dikonsumsi secara rutin.

Secara singkat orang yang memiliki mata minus (miopi) tidak mampu melihat benda atau obyek dalam jarak jauh. Sehingga memerlukan bantuan kacamata berlensa cekung. Sedangkan untuk para orang dewasa yang memiliki mata plus (hipermetropi) menggunakan kacamata cembung. Sebab ia tak mampu melihat obyek dalam jarak dekat.

wortel untuk mataSelain masalah umum tersebut, biasanya ada yang dikenal sebagai mata tua atau rabun. Ia tak mampu melihat dengan jelas obyek baik dekat maupun jauh. Sebab kekuatan mata sudah tak mampu focus lagi. Juga ada lagi yang mengenai para remaja, yakni bayangan kabur. Hal ini disebabkan karena kondisi mata lelah, namun masih digunakan untuk bekerja.

Nutrisi dalam Wortel

Kandungan dalam wortel tidak diragukan lagi. Banyak nutrisi yang sangat bermanfaat dalam setiap buahnya. Komplektisitas yang dimiliki cocok sebagai minuman, makanan cemilan (beberapa orang suka memakan wortel mentah secara langsung) dan sayuran.

Kandungan nutrisinya yang kaya akan kalori, karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C. Selain itu juga juga ada mineral seperti kalsium, fosfor, beta karoten, serta zat besi.

Makanan ini disebut juga sumber vitamin A. Pasalnya jumlah kandunagan sebesar 12.000 SI.

Mengurangi Resiko Rabun Senja

Manfaat wortel untuk mata yang paling umum adalah untuk mengatasi rabun senja. Penyakit yang paling sering terjadi pada orang tua, yakni mengalami rabun di waktu senja. Sebab cahaya kala itu mengurangi ketajaman mata untuk melihat ke luar. Salah satu solusinya adalah dengan zat yang banyak mengandung vitamin A untuk kesehatan mata. Jangan lupa juga beta karoten yang membantu memperbaiki penglihatan semakin lemah. Semua kandungan tersebut ada pada wortel.

Wortel sudah dikenal semenjak dahulu kala sangat ampuh untuk menjaga kesehatan mata. Tidak heran banyak orang tua yang mempercayakan pada sayuran ini jika tidak ingin anaknya terkena rabun mata.

Menjaga Mata Dari Berbagai Penyakit

Salah satu organ yang cukup riskan, sehingga perlu dijaga dan dirawat. Anda bisa memulai dengan mengonsumsi wortel untuk kesehatan mata. Kandungan ini juga mampu mencegah terjadinya pembengkakan sel disekitar areal mata. Ada banyak penyakit mata yang dapat di cegah dengan konsumsi wortel secara teratur, berikut beberapa di antaranya :

  • Katarak
  • Glaukoma
  • Rabun mata

Manfaat wortel untuk kesehatan

  1. Mencegah Resiko Kanker. Manfaat lain yang anda peroleh adalah sebagai anti kanker. Kandungan beta karoten dan anti oksidan sangat pas untuk menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker.
  2. Mengontrol Kolestrol. Lemak jenuh yang sifatnya jahat memang mengganggu fungsi tubuh. Ia biasanya malah mampu memicu penyakit lain seperti jantung dan penyempitan pembuluh darah. Untuk itu kadar kolestrol harus dijaga agar tetap rendah. Salah satu zat yang mampu mengontrol adalah kandungan beta karoten dalam wortel.
  3. Perokok Pasif. Menjadi perokok pasif memang sangat susah dihindari. Apalagi bagi anda yang tinggal di lingkunan rokok. Meski secara pribadi anda tidak menyuluk korek api kebatang rokok, namun kebiasaan menjadi korban asap rokok tak bisa dihindari. Maka untuk mengalahkan polutan dalam tubuh anda perlu mengonsumsi beta karoten. Zat tersebut ada dalam kandungan wortel.
  4. Tampak Awet Muda. Manfaat jika anda terus mengonsumsi wortel adalah agar kulit anda tampak terus awet muda. Sebab manfaatnya mampu menangkal radika bebas. Sehingga akan mengurangi proses kekurangan.
  5. Makanan Kulit. Kulit anda kering? Yap kulit kering penyebabnya karena kurang nutrisi. Solusinya dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan kalium. Nutrisi ini baik dan cocok sebagai makanan kulit anda.
  6. Memperlancar Pencernaan. Kebiasaan anda yang kurang mengonsumsi sayur adalah susah BAB (Buang air besar). Hal ini disebabkan karena kurangnya serat dalam tubuh anda. Sehingga makanan susah untuk diolah dan perjalanan serta penyerapanya lama. Untuk itu konsumsilah wortel yang kaya akan serat.
  7. Mengobati Jerawat. Remaja paling mudah terkena jerawat. aktivitasnya yang banyak di bawah terik sinar matahari membuat produksi minyak berlebihan. Jika dalam keadaan wajah kotor, mampu menimbulkan jerawat. salah satu mengatasinya dengan minum jus wortel. Sebab kandunganya mampu menontrol produksi minyak.
  8. Minimalkan Resiko Jantung. Anda takut terkena penyakit jantung? Salah satu cara mengatasinya dengan konsumsi selalu jus wortel. Labih bagus setiap hari di pagi hari. Sebab kandunganya yang kaya akan anti oksidan. Sehingga mampu mengusir radikal bebas. Fungsi lainya adalah membantu untuk meningkatkan laju aliran darah di jantung.
  9. Membantu Penyembuhan. Ketika terjatuh, maka ada sel-sel dalam tubuh yang rusak. Sehingga harus diganti sel baru. Untuk itu anda memerlukan zat yang mampu mempercepat proses penggantian sel baru. Agar proses penyembuhan juga lebih cepat. Salah satunya dengan mengkonsumsi wortel.
  10. Mengurangi Kerontokan. Kerontokan salah satu masalah vital perempuan yang mampu mengurangi tingkat kepercayaan dirinya. Banyak penyebabnya seperti adanya ketombe, salah perawatan, atau jarang keramas. Maka anda harus merawat rambut, baik dari dalam dan luar. Jika dari luar seperti sering keramas dua hari sekali dan pemberian vitamin rambut. Sedangkan dari dalam bisa dengan rutin meminum jus wortel. Kandungan beta karoten dan vitamin A mampu membuat pertumbuhan rambut menjadi sehat. Selain itu sirkulasi darah yang mengalirkan ke areal kulit kepala akan lebih normal dengan bantuan kedua zat tersebut.
  11. Meningkatkan Imunitas Pernah anda tidak sengaja menggigit bibir atau lidah? Hal tersebut salah satu indikasi bahwa anda sedang dalam keadaan lelah. Hal yang paling mempengaruhi kelelahan adalah sistem imun. Sistem yang menjaga anda ketika hendak sakit. Maka jika anda ingin tetap sehat, perbaiki dan tingkatkan sistem imun. Salah satu caranya dengan memakan wortel. Kandungan zat yang mampu meningkatkan sistem imun adalah vitamin C dan anti oksidan. Fungsinya mampu menangkal radikal bebas dari luar.
  12. Membantu Pertumbuhan. Meski tidak terlalu memberikan pengaruh banyak, wortel juga membantu dalam proses pertumbuhan. Salah satu mineral yang berperan penting adalah kalsium. Kandungannya berfungsi untuk pembentukan tulang dan gigi. Bahkan jika anda memiliki kondisi kalsium tinggi dalam tubuh, akan mengurangi resiko Osteoporosis.

Manfaat wortel untuk mata memang cukup tinggi, namun untuk kesehatan juga tidak kalah banyaknya. Demikian adalah beberapa kandungan dan nutrisi yang terdapat dalam wortel. Banyak sekali manfaatnya, banyak kandungannya. Bagi anda yang merasa tidak menyukai, apalagi seorang wanita, untuk mencoba mulai menyukainya. Sebab zat ini kandunganya sangat vital untuk tubuh anda.

Baca Juga Herbal Untuk Mata

,
Post Date: Saturday 02nd, May 2015 / 07:19 Oleh :
Kategori : Sayuran