Sponsors Link

25 Manfaat Wijen Bagi Kesehatan

Sponsors Link

manfaat wijenSiapa yang tak mengenal wijen? Wijen merupakan salah satu jenis bahan campuran yang biasa digunakan pada makanan, yang berbentuk seperti biji-bijian kecil. Sesuai dengan bentuknya, wijen masuk ke dalam kelas biji yang dapat dikonsumsi oleh manusia dengan cara diolah terlebih dahulu. Biasanya, kita dapat menemukan wijen pada campuran dan juga topping dari berbagai macam makanan, seperti kue, roti, onde-onde dan masih banyak lagi.

ads

Wijen memiliki ukuran yang sangat kecil, jauh lebih kecil dari jenis biji-bijian lainnya. Namun demikian, dengan ukuran yang sangat kecil ini, wijen dapat memiliki banyak manfaat bagi kita semua.

Apa saja manfaat dari wijen?

Seperti sudah desebutkan sebelumnya, wijen memiliki banyak sekali manfaat. Apa saja manfaat dari eijen? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari wijen :

1. Sebagai bahan campuran makanan

Wijen dapat anda manfaatkan sebagai salah satu bahan campuran dari makanan tertentu. anda dapat menambahkan wijen pada makanan anda, untuk mengoptimalkan nutrisi harian yang diperlukan oleh tubuh anda.

2. Sebagai toping dari makanan

Manfaat wijen juga sering digunakan sebagai salah satu bahan topping pada makanan dan juga dessert. Sudah tak terhitung jumlahnya makanan apa saja yang menggunakan topping wijen, salah satunya adalah jenis makanan onde-onde yang merupakan makanan khas dari Indonesia.

3. Minyaknya dapat digunakan untuk menumis

Wijen tidak hanya dapat dimanfaatkan bijinya saja, namun juga dapat membuat ekstrak biji wijen, yang nantinya menghasilkan minyak wijen. Minyak wijen ini dpat digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya adalah keperluan rumah tangga, seperti memasak.

4. Sebagai camilan

Anda yang senang dengan camilan, dapat juga memanfaatkan biji wijen ini sebagai salah satu camilan sehat anda sambil bersantai ataupun menonton tv.

5. Kaya akan protein

Bagi kesehatan sendiri, manfaat wijen memiliki banyak kegunaan. Manfaat pertama dari wijen untuk kesehatan adalah mampu untuk menambah asupan protein tubuh. Wijen memilki kandungan protein yang tinggi, dan dapat membantu anda untuk memperoleh energy, dan baik bagi anda yang sedang berada pada program pembentukan otot.

6. Dapat mencegah diabetes

Wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah diabetes. Bagi anda yang sudah mengalami diabetes, biji wijen dapat mengurangi gejala dari diabetes yang di derita. Hal ini karena manfaat wijen mengandung magnesium yang baik untuk diabetes.

7. Mampu menjaga dan mencegah hipertensi

Wijen memiliki berbagai macam nutrisi yang memberikan efek dan manfaat yang sangat baik untuk mencegah hipertensi dan juga mengontrol tekanan darah di dalam tubuh.

8. Dapat menurunkan kolesterol

Wijen memiliki kandungan fitosterol. Fitosterol yang tinggi yang ada pada biji wijen ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menurunkan kadar kolestrol di dalam tubuh anda.

9. Mencegah gangguan pencernaan

Meskipun kecil, ternyata MANFAAT wijen juga memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini tentu saja akan sangat baik untuk mencegah munculnya gangguan-gangguan pencernaan, seperti wasir dan juga sembelit.

10. Memperlancar proses pencernaan

Serat yang tinggi yang dimiliki oleh wijen juga sangat baik untuk membantu memperlancar proses pencernaan, yang terjadi di dalam tubuh kita.

11. Menjaga kesehatan kulit

Wijen memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Zat besi yang tinggi in idapat membantu untuk memproduksi kolagen, yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Manfaat wijen dapat membuat kulit menjadi lebih sehat, halus dan cerah bersinar.

12. Mencegah kanker

Wijen memiliki banyak sekali kandungan mineral yang sangat penting untuk membantu pencegahan sel kanker. Hal ini juga akan menghambat pertumbuhan kanker pada tubuh.

13. Menjadi anti bakteri dan juga anti kuman

Manfaat wijen dapat digunakan untuk mencegah masuknya bakteri dan juga kuman agar tidak dapat menginfeksi tubuh. Kuman dan juga bakteri ini dapat dibunuh dan juga ditekan persebarannya sehingga tubuh dapat terhindar dari berbagai macam penyakit.

14. Memberikan efek relaksasi dan mencegah kecemasan

Ternyata, biji wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memberikan efek relaksasi pada tubuh. Efek relaksasi ini dapat membantu tubuh untuk mengembalikan tingkat mood, menurunkan depresi dan juga stress serta dapat mencegah munculnya kecemasan.

15. Meredakan sakit dan juga peradangan pada sendi

ads

Anda sering mengalami sakit pada bagian sendi karena peradangan? Kalau begitu cobalah untuk mengkonsumsi wijen. Kandungan yang ada pada manfaat wijen dapat membantu untuk meredakan sakit yang disebabkan oleh peradangan pada bagian persendian.

16. Baik untuk kesehatan hati

Wijen juga dapat membantu membunuh racun-racun dan kuman, serta dapat membantu fungsi dari organ hati. Dengan begitu, kerja dari organ hati akan menjadi lebih ringan, dan tidak menjadi berat dalam melakukan proses detoksifikasi.

17. Dapat mecegah osteoporosis

Wijen juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, wijen juga sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang, dan dapat memperbaiki kerusakan tulang.

18. Menjaga kesehatan mata

Bagi yang takut mengalami gangguan pada penglihatan dan juga organ mata. Selain rajin mengkonsumsi makanan dengan vitamin A, anda juga dapat mengkonsumsi wijen, karena wijen juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah berbagai gangguan mata.

19. Mengurangi plak dan kuman pada mulut dan gigi

Minyak wijen juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Berkumurlah dengan menggunakn biji wijen, maka kuman dan juga plak yang menempel pada gigi anda akan hilang dan kesehatan mulut anda akan terjaga.

20. Mencegah gangguan pernapasan

Bagi anda yang sering mengalmi gejala sesak napas ataupun gejala asma, manfaat wijen merupakan salah satu makanan yang dapat mencegah hal tersebut. Wijen sangat baik untuk mencegah gangguan pernapasan dan juga mencegah gejala asma, seperti sesak nafas.

21. Baik untuk kesehatan rambut anda

Minyak wijen dapat menjaga kesehatan rambut anda. minyak wijen dapat membantu menyuburkan rambut, dan juga menghilangkan ketombe dan juga kutu rambut. Selain itu minyak wijen juga dapat membuat ramnbut anda selalu terlihat indah dan berkilau.

22. Mencegah anemia

Zat besi yang terkandung dalam wijen memiliki manfaat yang sangat baik utnuk mencegah anemia. Gejala – gejala umum dari anemia adalah mudah merasa lelah, dan juga dapat terserang berbagai macam penyakit, karena tubuh yang lemah.

23. Dapat mencegah kerusakan pada sel DNA

Wijen memiliki kandungan sesamol. Sesamol ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga dan juga melindungi sel DNA yang dapat rusak karena adanya radiasi.

24. Mengobati jerawat

Minyak wijen memiliki manfaat yang baik untuk luka dan juga jerawat. Sama seperti minyak zaitun, minyak eijen baik untuk penyembuhan luka dan juga pengobatan jerawat.

25. Mengobati eksim dan berbagai gangguan kulit

Oleskan saja minyak wijen pada bagian kulit yang mengalami gangguan seperti eksim dan juga panu, maka minyak wijen akan bekerja dengan optimal dalam mengobati berbagai macam gangguan kesehatan kulit anda.

Itulah beberapa manfaat wijen untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 19th, June 2015 / 08:20 Oleh :
Kategori : Makanan