Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Manfaat Vitamin C Bagi Kesehatan Tubuh dan Sumbernya

Sponsors Link

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tubuh memang sangat penting, tanpanya akan sangat sulit untuk menjaga kesehatan tubuh. Disetiap bahan makanan yang ada pasti mengandung berbagai macam kandungan zat gizi di dalamnya. Zat gizi tersebut tentu termasuk dengan Vitamin di dalamnya. Ada berbagai jenis Vitamin di dalam bahan-bahan makanan tersebut, pada umumnya sayur dan buah tentu saja, Vitamin-vitamin tersebut antara lain Vitamin A, B, C, D, E dan K. masing-masing Vitamin mempunyai sumbernya masing-masing serta memiliki manfaat serta akibatnya masing-masing jika tubuh kita menderita kekurangan Vitamin tersebut.

Diatas, kita sudah berbicara mengenai beberapa jenis buah yang mengandung Vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi, serta mengetahui sedikit manfaat dan fungsi dari buah-buah tersebut secara umum. Berikut ini kita akan melakukan penjabaran secara terperinci mengenai manfaat Vitamin C secara umum terhadap tubuh kita. Fungsi Vitamin C secara umum adalah membantu tubuh untuk mengontrol semua organ tubuh agar tetap stabil dan memiliki daya tahan tubuh yang baik.

Manfaat Vitamin C bagi tubuh kita, antara lain:

1. Menjadi obat pencegah penyakit dan melawan sel kanker

Melawan zat kanker merupakan salah satu manfaat utama dari Vitamin C itu sendiri. Vitamin C didaulat sebagai sebuah zat Vitamin yang merupakan racun bagi penyakit kanker tersebut. Vitamin C merupakan Vitamin yang berfungsi meningkatkan daya tubuh manusia, maka sel kanker tidak akan dapat berkembang jika daya tahan tubuh kita terjaga.

2. Memperbaiki jaringan sel kulit

Vitamin C merupakan Vitamin yang mengandung zat antioksidan juga di dalamnya. Zat antioksidan ini sangat dibutuhkan oleh kesehatan kulit manusia pada umumnya. Antioksidan sendiri merupakan zat yang berfungsi untuk menghilangkan atau menangkal zat-zat radikal bebas yang ada pada kulit kita. Radikal bebas sendiri merupakan zat yang timbul karena pancaran sinar matahari secara berlebihan, banyaknya makanan yang mengandung toxin, serta polusi udara. Selain itu juga, Vitamin C dapat membantu menghambat sel-sel yang merupakan menjadi pertanda dari penuaan dan dapat mencegah penuaan dini.

3. Meningkatkan mood

Kekurangan Vitamin C ternyata dapat mengakibatkan ketidakstabilan mood pada seseorang. Pada umumnya jika seseorang memiliki kecenderungan kearah kekurangan Vitamin C maka orang tersebut akan menjadi orang yang mudah khawatir dan cepat gelisah.

4. Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung

Vitamin C dapat membantu mencegah terjadinya serangan jantung karena saat kandungan Vitamin C meningkat atau stabil maka pembuluh darah arteri pada jantung tidak akan menebal dengan sendirinya. Pembuluh darah arteri yang menebal inilah yang menjadi penyebab utama dari adanya penyakit serangan jantung.

5. Mencegah naiknya tekanan darah

Mengkonsumsi banyak buah dan sayuran yang mengandung Vitamin C ternyata dapat membantu pengontrolan tekanan darah pada tubuh kita. Dengan adanya tingkat kestabilan dari tekanan darah kita maka resiko penyakit darah tinggi atau hipertensi, darah rendah atau anemia, dan penyakit stroke serta penyakit yang disebabkan oleh ketidakstabilan tekanan darah akan menurun.

6. Meningkatkan kesehatan mata

Siapa bilang hanya Vitamin A saja yang penting untuk kesehatan mata? Vitamin C juga ikut ambil bagian dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C dapat mencegah terjadinya penyakit mata katarak meningkat, begitu juga dengan penyakit-penyakit mata lainnya, seperti rabun dan tumor mata.

7. Mengurangi komplikasi pilek

Walaupun manfaat vitamin C tidak dapat menyembuhkan pilek, namun beberapa penelitian telah mengungkapkan bahwa vitamin C mampu mencegah pilek menjadi komplikasi yang lebih serius (sumber : webmd). Hal ini dapat membantu mencegah pilek kronis yang dapat menyebabkan infeksi paru paru.

8. Mencegah stroke

Banyak orang yang belum tahu bahwa vitamin C juga berkorelasi sangat positif terhadap  mencegah terjadinya stroke. Penelitian mengungkapkan bahwa orang dengan kandungan vitamin C yang cukup di darahnya dapat menekan 42% lebih rendah terkena serangan stroke (Sumber webmd).

9. Mencegah Penuaan dini

Vitamin C memang sangat penting untuk kulit dan ini sudah sangat populer di dunia kecantikan terutama wanita. Vitamin C sangat penting untuk sel sel di dalam atau di luar tubuh yang dapat membantu mencegah penuaan dini. Dalam riset dari  American Journal of Clinical Nutrition yang kami kutip dari webmd meneliti hubungan antara asupan gizi vitamin C dengan penuaan kulit pada 4.025 wanita berusia 40-74. Hasilnya sangat menakjubkan bahwa mereka memiliki risiko yang lebih rendah terkena keriput, kekeringan pada kulit, dan penuaan kulit yang menjadi momok bagi setiap wanita.

Manfaat Vitamin C Juga dipercaya dapat berfungsi untuk berbagai kesehatan tubuh lainnya seperti :

  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah degenerasi makula
  • Mengurangi risiko kanker
  • dan mengurangi risiko penyakit kardio lainnya.

Makanan yang menjadi sumber dari Vitamin C

Vitamin C atau asam askrobat merupakan Vitamin yang paling banyak dimiliki kandungannya pada setiap buah ataupun sayuran yang ada. Banyak orang yang mengenal bahwa buah jeruklah sumber Vitamin C yang utama dan yang terkenal, namun sebenarnya masih banyak lagi baik buah maupun sayuran yang menjadi sumber dari Vitamin C itu sendiri.

Berikut ini merupakan beberapa macam sayuran dan buah yang menjadi sumber dari bahan makanan yang mengandung Vitamin C, antara lain:

  1. Jambu Biji

Ternyata, kandungan Vitamin C pada buah jambu biji lebih banyak 2 kali lipat dibandingkan dengan jeruk. Buah jambu biji, tidak hanya mengandung banyak Vitamin C, namun juga memiliki manfaat yang lain seperti menurunkan berat badan secara alami, merawat kulit wajah sehingga mencegah timbulnya jerawat, menurunkan kadar kolesterol dalam darah, dan sangat ampuh dalam menghentikan sakit diare. Saat ini dapat dikatakan bahwa jambu biji merupakan buah dengan kadar Vitamin C tertinggi yang telah ditemukan.

Baca juga : Manfaat jambu biji

  1. Kiwi
sponsored links

Kandungan Vitamin C yang terdapat padah buah kiwi, ternyata sebanding dengan jumlaj kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah jambu biji. Selain termasuk dalam salah satu buah yang mengandung kandungan Vitamin C tertinggi, buah kiwi juga merupakan obat bagi berbagai penyakit seperti untuk mencegah resiko seseorang memiliki penyakit jantung, hipertenti atau darah tinggi, dan untuk menjaga stamina atau daya tahan tubuh. Buah kiwi juga baik untuk menjaga kesehatan kulit dan kandungan nutrisinya yang tinggi menyebabkan buah ini sangat dianjurkan dikonsumsi oleh ibu hamil.

Baca juga : Manfaat buah kiwi

  1. Kelengkeng

Buah lain yang memiliki kandungan Vitamin C dengan kadar yang cukup tinggi adalah buah kelengkeng. Buah kelengkeng ternyata memiliki manfaat yang khusus yaitu mengobati insomnia. Ada hal yang perlu diperhatikan dari buah ini yaitu adalah efek ketagihan yang ditimbulkanya, sehingga kita harus memiliki penguasaan diri sehingga kita dapat membatasi jumlah konsumsi akan buah ini.

baca juga : Manfaat kelengkeng

  1. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran ijau yang sering di konsumsi oleh masyarakat Indonesia. Brokoli memiliki kadar Vitamin C yang cukup tinggi. Brokoli memiliki khasiat yaitu menjadi salah satu sayuran yang dapat mencegah penyakit kanker, detoksifikasi, mencegah adanya penyakit yang disebabkan leh gangguan lambung, dan mencegah terjadinya penyakit karena serangan jantung. Selain itu juga, brokoli sangat baik untuk kesehatan kulit dan mencegah anemia.

Baca juga : Manfaat brokoli

  1. Strawberry

Kandungan Vitamin C pada buah strawberry sebenarnya tidak terlalu tinggi maka kita perlu memakan minimal 8 buah strawberry untuk dapat memenuhi kebutuhan Vitamin C dalam tubuh kita. Strawberry ternyata memiliki khasiat dapat membantu proses pemutihan gigi dan mencegah sariawan. Dan, khasiat lain adalah strawberry juga dapat membantu mengobati jerawat. Namun, kita harus berhati-hati, karena rasa strawberry adalah asam dan bukanya manis seperti yang kita bayangkan pada umumnya.

Baca juga : Manfaat strawberry

  1. Tomat

Tomat merupakan sayur yang terkadang disalah golongkan menjadi bagian dari buah-buahan. Ternyata tomat memiliki kandungan yang cukup tinggi kadar Vitamin C-nya dalam sayuran tersebut. Karena kandungan Vitamin C yang tinggi dalam sayuran tomat tersebut maka tomat sangat berkhasiat untuk mencegah tumbuh dan bangkitnya sel kanker dalam tubuh serta dapat membantu meningkatkan kesehatan mata kita.

baca juga : Manfaat tomat

  1. Cabe

Cabe merupakan salah satu sayuran yang memiliki kadar Vitamin C yang cukup tinggi. Bumbu masak yang satu ini juga didaulat sebagai bumbu masak dengan kadar Vitamin C yang sangat tinggi. Maka dari itu, cabe sangat dianjurkan bagi penderita sariawan karena sangat efektiv dalam menyembuhkan sariawan.

Baca juga : Manfaat cabe

Manfaat vitamin C dapat anda peroleh dari 7 sumber utama makanan yang mengandung vitamin C di atas, mengkonsumsi makanan ini akan meningkatkan kebutuhan vitamin c tubuh kita agar tetap sehat dan kuat.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 13th, November 2014 / 04:35 Oleh :
Kategori : Nutrisi