7 Manfaat Tomat Untuk Otak Sebagai Penambah Daya Ingat

Buah tomat yang berwarna merah atau hijau merupakan tumbuhan yang berasal dari keluarga solanaceae dari Amerika Tengah. Buah tomat yang sering digunakan dalam masakan seperti pizza, saus tomat atau jus ini memiliki banyak kandungan gizi untuk kesehatan tubuh. Mengkonsumsi tomat sangat disarankan bagi penderita diabetes, infeksi saluran kemih, masalah pencernaan, meningkatkan sirkulasi darah, solusi kecantikan kulit, memperbaiki keseimbangan cairan, mencegah penuaan dini dan masih banyak lagi yang lainnya. Beberapa nutrisi yang terdapat dalam tomat diantaranya adalah tembaga, potasium, fosfor, mangan, serat, likopen dan beberapa jenis vitamin seperti vitamin A, C, K dan B6. Dibalik sekian banyak kegunaan tomat bagi tubuh, ternyata ada juga beberapa manfaat tomat untuk otak yang sangat penting dan akan kami jelaskan dalam artikel berikut ini.

  1. Mencegah Kerusakan Sel Otak

Lycopene yang ada dalam buah tomat memiliki sumber antioksidan yang sangat tinggi untuk membantu melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas yang dianggap sebagai faktor utama dari penyebab penyakit demensia. Lycopene dalam tomat tersebut nantinya akan melindungi otak dari gangguan kerusakan otak.

  1. Sebagai Makanan Otak

Manfaat buah tomat mentah menjadi salah satu cara paling mudah dan ekonomis untuk meningkatkan asupan yang bertugas memproteksi otak karena kandungan karotenoid. Ini merupakan molekul yang melindungi lemak dalam tubuh sekaligus sangat penting untuk otak sebab sebagian besar otak tersebut dari makanan.

  1. Mencegah Alzheimer

Selain bisa memberikan manfaat antioksidan, lycopene yang terkandung dalam buah tomat ini juga bertugas untuk mengatur sel yang mempengaruhi pertumbuhan otak dan juga peradangan. Dalam sebuah studi menemukan jika seseorang dengan gangguan kognitif ringan seperti penyakit alzheimer, maka biasanya memiliki kadar karotenoid rendah dalam darah mereka. Dengan mengkonsumsi tomat yang mengandung karotenoid tinggi ini, maka penyakit gangguan otak seperti alzheimer ini bisa dicegah dan diatasi dengan baik.

  1. Meningkatkan Memori Otak

Selain mengandung antioksidan, dalam tomat juga mengandung beberapa senyawa lainnya yang bisa melindungi kesehatan dan juga fungsi otak selain banyak juga manfaat tomat untuk kulit dan kecantikan. Dalam penelitian memperlihatkan jika kolin yang terkandung dalam tomat bisa meningkatkan ingatan jangka pendek, membantu dalam proses belajar dan juga mengatur tidur lebih baik. Sedangkan asam alfa lipoik dalam tomat bisa menjaga jaringan otak yang bahkan bisa menunda terjadinya gangguan pada otak manusia.

  1. Meningkatkan Plastisitas Saraf

Keunggulan mineral magnesium yang terkandung dalam tomat digunakan lebih dari 300 proses di dalam tubuh dan ada lebih dari 50 proses yang dibutuhkan oleh otak. Manfaat magnesium ini bisa meningkatkan plastisitas saraf sehingga nantinya saraf bisa beradaptasi sekaligus menghindari dari kerusakan otak lebih baik. Magnesium dalam tomat bisa meningkatkan fokus, meningkatkan memori, menurunkan kadar stress dan depresi sekaligus penting untuk perawatan ADHD serta hiperaktif sekaligus menenangkan sistem saraf dan meningkatkan produksi energi dan neurotransmitter.

  1. Mengatur Zat Kimia Otak

Manfaat vitamin C dalam tomat yang juga sering disebut dengan askorbat dalam tubuh merupakan antioksidan kuat dan tertinggi yang paling banyak ditemukan di otak dan juga jaringan neuroendokrin. Askorbat dalam tomat ini nantinya akan digunakan untuk mengatur lebih dari selusin neurokimia berbeda dalam otak sehingga bisa menurunkan risiko stroke.


  1. Meningkatkan Daya Ingat

Dalam tomat juga mengandung vitamin B6 yang sangat baik untuk memproduksi hemoglobin sehingga bisa mengatasi anemia dan kadar oksigen rendah dalam tubuh penyebab sesak nafas. Tidak hanya itu, namun vitamin B6 dalam tomat ini juga sangat baik untuk mengatasi depresi dan kehilangan ingatan sekaligus meningkatkan daya ingat agar lebih tajam.

Untuk itu mulai dari sekarang, sebaiknya perbanyak mengkonsumsi tomat baik dicampur dalam makanan, dibuat menjadi saus atau minuman mengingat sangat banyak manfaat tomat untuk otak dan juga seluruh kesehatan tubuh. Pastikan untuk mengkonsumsi tomat segar dan bukan kalengan karena sudah banyak kandungan gizi yang hilang serta sudah ditambahkan dengan pengawet.

, , ,
Oleh :
Kategori : Buah Buahan