8 Manfaat Tidak Minum Alkohol Bagi Tubuh

Alkohol merupakan merupakan cairan bening yang dijadkan sebagai bahan utama pembuatan minuman keras dengan kadarnya masing-masing seperti wiski, bir, brendi maupun anggur. Beberapa jenis alkohol diantaranya alkohol absolut, etanol, methanol dan isopanol. Di dalam minuman keras, terkandung zat tertentu yang etanolnya diantara 1-55% di mana apabila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan (>100mg/dl) dapat menyebakan perasaan seseorang tidak berubah.

artikel terkait:

Mesikupun demikian, konsumsi alkohol maupun tidak merupakan pilihan. Dan apabila Anda memilih untuk tidak mengkonsumsi alkohol, hal ini merupakan sal satu pilihan yang cukup tepat bagi kesehatan Anda. Tentu saja hal ini dikarenakan tidak mengkonsumsi alkohol dapat meberikan dampak-dampak yang baik yaitu sebagai berikut.

1. Menghindari kerusakan saraf

Dengan tidak mengkonsumsi alkohol, Anda dapat menghindarkan diri dari kerusakan saraf yang disebabkan oleh alkohol. Alkohol apabila dikonsumsi dalam jumlah banyak dapat mengganggu sistem saraf otak dan menyebabkan kerusakan secara perlahan. Bahkan apabila dikonsumsi dalam jumlah yang sangat berlebihan, alkohol dapat menyebabkan overdosis atau kematian pada seseorang.

artikel terkait: manfaat taaman cendana

2. Menghindari gangguan jantung

Manfaat kedua dari tidak mengkonsumsi alkohol adalah terbantunya tubuh untuk menghindari dari gangguan jantung. Alkohol dalam jumlah banyak memiliki kandungan zat yang dapat menyebabkan kerusakan fungsi organ tubuh, salah satunya adalah jantung. Alkohol apabila dikonsumsi secara rutin dapat menyebabkan gangguan jantung seperti meningkatnya denyut jantung, sesak nafas, dada nyeri, nafas tersumbat serta serangan jantung.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam urat

3. Tidak membuat sistem metabolism tubuh terganggu

Sistem metabolism yang merupakan penghasil energy untuk beraktivitas ini dapat terganggu apabila seseorang mengkonsumsi alkohol secara berlebihan. Hal ini membuat pengguna tidak bersemangat dan tidak bernergi apabila ia mengkonsumsi alkohol secara berlebihan.

artikel terkait: manfaat jahe untuk maag

4. Menghindari kerusakan sistem percernaan

Tidak mengkonsumsi alkohol merupakan salah satu cara untuk menyayangi sistem pencernaan Anda.Hal ini dikarenakan alkohol dapat memberikan pengaruh buruk terhadap saluran cerna yaitu dapat membuat terjadnya peradangan dan pendarahan kerongkongan dan lambung. Sehingga tak hayal apabila beberapa peminum alkohol dapat mengalami muntah darah dalam jumlah yang relative banyak.

artikel terkait: manfaat pisang untuk maag

5. Membantu menjaga kesehatan hati

Dengan tidak mengkonsumsi alkohol, anda dapat menjaga kesehatan hati Anda. Mengapa? Hal ini dikarenakan konsumsi alkohol dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan sirosis hati yang menyebabkan penurunan kadar gula darah secara drastis. Gejala ini ditandi dengan mual dan muntah, keringat dingin dan kesadaran mengantuk pada penderita.

artikel terkait: manfaat air nira

6. Membantu menjaga kesehatan resproduksi

Dengan tidak mengkonsumsi alkohol, kesehatan reproduksi dapat terbantu untuk dijaga dikarenakan alkohol memberikan dampak buruk terhadap organ reproduksi. Konsumsi alkohol yang berlebih disisi lain dapat menigkatkan nafsu seksual, dan di sisi lain dapat menurunkan kemampuan ereksi. Terlebih menurut penelitian konsumsi alkohol dapat memberikan dampak pada mengecilnya testis, menurunkan jumlah sperma maupun kemandulan.

artikel terkait: manfaat beras ketan hitam


7. Menghindari kelemahan otot karena alkohol

Alkohol dapat memberikan pengaruh kelemahan otot di seluruh tubuh peminum (miopatik alkoholik). Hal tersebut membuat tubuh lemah tak bertenaga hingga dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan tubuh. Tentu saja kondisi tersebut dapat memberikan resiko osteoporosis yang lebih besar pada peminum.

artikel terkait: manfaat sirsak untuk asam urat

8. Memperpanjang umur

Tidak meminum alkohol dapat memberikan kesempatan bagi seseorang untuk dapat memiliki umur yang lebih panjang. Hal ini dikarenakan  konsumsi alkohol dapat menyebakan kerusakan berbagai organ tubuh sehingga meningkatkan resiko kematian mendadak maupun mengurangi harapan hidup seseorang.

artikel terkait: manfaat pare untuk asam urat

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tidak mengkonsumsi alkohol. Setelah mengetahui mengenai informasi, kami harap Anda lebih menyayangi kesehatan tubuh anda dengan tidak mengkonsumsi alkohol.

,
Post Date: Friday 13th, January 2017 / 00:23 Oleh :
Kategori : Minuman