Sponsors Link
     Sponsors Link

7 Manfaat Telur Hias Sebagai Kerajinan Tangan

Sponsors Link

Telur hias merupakan salah satu metode kesenian yang cukup unik. Tidak perlu menggunakan cat air dan juga kanvas, telur hias bisa anda lakukan dan juga dibuat dengan barang-barang yang sudah tidak terpakai, sampah dan barang-barang bekas. Telur hias sendiri memiliki banyak sekali manfaat loh. Apa saja manfaat dari telur hias? Berikut ini adalah beberapa manfaat telur hias :

  1. Mengasah kreatifitas

Manfaat pertama dari telur hias adalah mengasah kreatifitas. Ya, telur hias merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan minat dan juga kemampuan kreatif dari siapapun, terutama adalah anak-anak. Dengan membuat telur hias, maka siapapun bisa meningkatkan kreatifitas yang dimiliki. Kreativitas sendiri merupakan salah satu hal yang sebenarnya wajib dimiliki oleh setiap orang, karena selain mampu meningkatkan fungsi intelektual seseorang, mengasah kreatifitas juga sangat baik untuk membantu seseorang dalam memecahkan masalah, karena pada dasarnya dalam memecahkan masalah, dibutuhkan kreativitas yang tinggi.

  1. Menambah penghasilan

Ketika anda sudah mulai serius dengan telur hias ini, maka manfaat yang bisa anda peroleh selanjutnya adalah penghasilan. Ya, telur hias yang secara serius ditekuni, akan membuat anda nantinya menjadi pengrajin telur hias professional. Hasil dari kerajinan telur hias yang anda buat ini nantinya akan bisa menjadi salah satu komoditas anda sendiri. Anda dapat menjual hasil pembuatan telur hias yang anda buat, sehingga telur hias kemudian nantinya akan menjadi salah satu pemasukan bagi kas anda.

  1. Mengisi waktu luang

Manfaat berikutnya dari telur hias adalah dapat membantu anda dalam mengisi waktu luang. Ya, menghias telur dan membuatnya dalam bentuk kerajinan tertentu sangat membantu dalam mengisi waktu luang, terutama bagi yang memang hanya seharian berada di rumah. Daripada  hanya berdiam diri atau menonton film yang tidak berbobot, maka bisa mencoba untuk membuat telur hias. Hal ini akan membantu anda dalam mengisi waktu luang, dan tentu saja anda nantinya tidak akan menganggur dan cepat merasa bosan. Membuat telur hias ini tentu saja akan membantu untuk mencegah hal-hal yang tidak berguna dan membuat anda menjadi individu yang produktif.

sponsored links
  1. Mengurangi sampah

Anda sering melihat bagaimana kulit-kulit telur dibuang dan menumpuk sehingga menjadi sampah? Nah, dengan mengasah kreatifitas anda dengan menggunakan kulit telur ini, maka anda pun turut ambil bagian dalam pengurangan sampah rumah tangga sehari-hari. Dapat dibayangkan apabila satu orang mampu mengambil 2 kulit telur per harinya untuk dijadikan kerajinan dan juga kesenian berupa telur hias. Maka berapa banyak sampah yang dapat dikurangi dan berapa banyak kontribusi anda dalam membantu membersihkan dan merapikan lingkungan sekitar anda, dari sampah yang sangat mengganggu dan menyebabkan banyaknya gangguan kesehatan dan penyakit?

  1. Pemanfaatan barang yang tidak terpakai

Selain itu, telur hias juga memiliki manfaat lainnya, yaitu barang-barang yang tidak terpakai di rumah dan juga lingkungan anda pun pada akhirnya bisa terpakai. Hal ini masih berkaitan juga dengan pengelolaan sampah. Daripada anda harus memenuhi tempat sampah di lingkungan, lebih baik memanfaatkan barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang bernilai seni buka. Selain dapat membantu mengurangi tumpukan sampah dan juga barang-barang yang tidak terpakai, hal ini juga tentu saja akan semakin menambah dan meningkatkan kreatifitas dalam membuat suatu kerajinan tangan tertentu yang berhubungan dengan telur hias.

  1. Ekspresi jiwa seni di dalam diri seseorang

Apabila anda memang merupakan individu yang berjiwa seni, maka telur hias adalah salah satu metode yang sangat cocok bagi anda. Telur hias akan menjadi salah satu bentuk ekspresi jiwa kesenian anda. Bagi yang memang sangat mencintai dan menyukai kesenian, maka anda pun harus mencoba membuat telur hias. Anda pastinya akan sangat senang dalam melakukan aktivitas ini, karena akan meningkatkan jiwa seni anda.

  1. Salah satu bentuk terapi

Dalam ilmu psikologi, terapi terhadap pasien yang mengalami gangguan jiwa seringkali dikaitkan dengan terapi seni. Kebanyakan pasien tersebut melakukan terapi seni tersebut dengan cara membuat lukisan tertentu. namun demikian, tidak hanya lukisan. Segala sesuatu yang berbentuk kesenian pun bisa dilakukan untuk membantu pasien dalam melakukan seni tersebut tersebut. Salah satunya adalah dengan cara membuat telur hias.

Membuat telur hias akan merangsang syaraf-syaraf dalam bekerja lebih baik lagi, sehingga dapat membantu pasien dalam proses pengobatan yang sedang dijalaninya. Bagi anak yang juga mengalami gangguan psikologis, terapi seni seperti membuat telur hias ini juga dapat menjadi salah satu bentuk terapi yang efektif untuk menstimulasi anak yang memiliki gangguan psikologis.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 17th, February 2016 / 09:29 Oleh :
Kategori : Sosial