Sponsors Link

20 Manfaat Potasium untuk Kesehatan Tubuh

Sponsors Link

Potasium atau lebih dikenal sebagai mineral kalium adalah salah satu jenis mineral penting bagi peningkatan energi, stamina dan kesehatan organ tubuh lain. Potasium menduduki tahta ketiga sebagai mineral tertinggi yang diperlukan tubuh setelah kalsium dan magnesium.

ads

Inilah beberapa jenis makanan yang mengandung potasium tinggi, yaitu :

1. Jenis umbi umbian 

Ubi, kentang atau talas mengandung banyak potasium sekitar 694 mg dan mengandung pula serat yang tinggi, betakaroten, kalori yang rendah dan karbohidrat. Kandungannya saling bekerja sama untuk meningkatkan energi dan terhindar  dari serangan sembelit.

2. Jenis kacang kacangan

Kacang panjang dalam 1/2 piring kecil terdapat 600 mg potasium dan kaya manfaat protein dan serat. Kacang kedelai memiliki kandungan 500 mg potasium dan zat anti inflamasinya yang selalu berkaitan dengan proses penyembuhan luka.

3. Segala jenis buah jeruk

Buah jeruk manis yang jika dikonsumsi dalam satu mangkok ukuran besar (4 buah). Di dalamnya terdapat sekitar 400 mg potasium dan terdapat pula zat kalsium dan folat yang mampu bekerja sama dengan potasium yang dapat melindungi kulit dari seranagn radikal bebas dan melindungi jaringan kulit terdalam.

4. Yoghurt

Yoghurt yang berbahan baku buah buahan atau sayuran jika dikonsumsi sebanyak satu gelas ukuran sedang (sekitar 227 mg ). Maka didalamnya terdapat 579 gram  potasium yang dapat bekerja sama dengan bakteri lactobacillius bularius dalam menangkal serangan bakteri dan virus hasil dari makanan dan radikal bebas didalam tubuh.

5. Jenis kerang kerangan

Jenis kerang-kerangan jika mengkonsumsi sebanyak 85 gram kerang dalam satu piring kecil. Maka didalamnya terdapat zat potasium sebanyak 534 mg yang dapat beradaptasi dengan zat protein tinggi  atau vitamin B12 yang dapat menyehatkan pembuluh darah dan meningkatkan energi agar tidak mudah lelah.

6. Jenis ikan laut

Ikan tuna atau salmon jika dikonsumsi sebanyak 85 gram maka didalamnya terdapat zat potasium yang dapat bekerja sama dengan protein yang tingginya. Lemak tak jenuh tunggalnya yang mampu menyehatkan pembuluh darah sekitar jantung.

7. Susu sapi murni

Susu sapi murni tanpa tambahan gula atau bahan lain, jika dikonsumsi dalam segelas ukuran sedang maka didalamnya sekitar 400 gr zat potasium yang dapat bekerja sama dengan zat kalsium. Protein di dalamnya dapat meningkatkan massa otot dan meningkatkan kepadatan tulang dan gigi agar tetap kuat dan sehat.

8. Segala jenis pisang

Segala jenis pisang jika mengkonsumsi 1 buah ukuran sedang maka didalamnya terdapat zat potasium sebanyak kurang lebih 975 gram yang dapat bekerja sama dengan Vitamin C dan A serta serat yang ada pada buah pisang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dari seranagan radikal bebas  dan menyehatkan sel kolagen yang berada dibawah kulit agar tetap sehat dan menjadikan kulit kenyal dan lembab alami.

9. Telur

Telur mengandung 169 mg potasium didalam 100 gramnya. mengkonsumsi telur disarankan tidak melebihi dari 2 buah saja untuk menghindari tubuh terserang hiperkemilia atau kelebihan zat potasium.

10. Kacang merah

Kacang merah terbukti memiliki kandungan potasium yang cukup tinggi yaitu berkisar 543 mg didalam 100 gramnya. Cukup baik bagi penderita ketergantungan narkoba yang sedang menjalani rehabilitasi, agar kondisi kerusakan saraf otak dan otot tubuhnya dapat kembali di perbarui.

Inilah manfaat terbaik dari makanan  yang mengandung potasium (kalium) untuk kesehatan tubuh :

1. Dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh

Potasium dapat meningkatkan energi dan menjadi cadangan energi yang disimpan didalam tubuh. Kemudian akan dipergunakan oleh jaringan tubuh secara spontan  tubuh pada saat tubuh terserang kelelahan atau pada seseorang yang kurang tidur.

2. Meningkatkan kesehatan sel tubuh janin

Pada ibu hamil yang rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium secara teratur dan tidak berlebihan. Maka sel yang ada pada jaringan organ janin, akan selalu berada pada kondisi terbaiknya atau terhindar dari kerusakan akibat radikal bebas.

3. Meningkatkan massa otot

Bagi para olahragawan yang menginginkan kestabilan berat badan dan mengharapkan massa ototnya lebih kuat dan kencang, maka mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium adalah solusi terbaik asalkan diimbangi dengan tinggi badan dan asupan gizi lain yang memadai.

4. Menyehatkan otot jantung

Mengkonsumsi makanan yang mengandung manfaat potasium dengan tidak berlebihan tetapi teratur setiap hari, maka otot jantung akan senantiasa sehat dan normal. Potasium mampu mencegah penyumbatan aliran darah dari lemak jenuh atau penggumpalan kolesterol jahat yang mengalir disekitar otot jantung.

5. Menghindari dehidrasi tubuh

Makanan yang kaya dengan zat potasium dapat menghindari tubuh dari serangan dehidrasi. Ketika berada pada cuaca yang panas atau dalam keadaan tubuh kelelahan, karena potasium mampu menyediakan cairan atau ion cadangan di dalam jaringan tubuh, agar ketika kelelahan ion ion tersebut akan digunakan.

6. Mencegah tubuh agar tidak mudah jatuh sakit

Zat potasium dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan menstabilkan suhu tubuh agar tetap normal. Menyebabkan tubuh tidak mudah sakit atau tertular virus yang dihasilkan dari radikal bebas.

7. Menyembuhkan nyeri, kram karena keseleo

Potasium dapat menyehatkan otot dan meningkatkan kekuatannya agar terhindar dari cedera kram, otot tegang dan kencang, keseleo atau terserang kelelahan akibat berolahraga yang membutuhkan banyak gerak yang menimbulkan rasa nyeri.

8. Meningkatkan respon dan rangsangan pada saraf dan otot

Makanan yang mengandung manfaat potasium yang mampu meningkatkan kesehatan saraf dan otot dari serangan radikal bebas. Sehingga saraf dan otot dapat merespon rangsangan dari luar tubuh dengan baik.

9. Menurunkan tekanan darah

Mengkonsumsi zat potasium secara wajar tetapi teratur maka zat kalium tersebut dapat bersifat menenangkan dan melancarkan aliran darah pada pembuluh darah di semua jaringan vital tubuh, sehingga tekanan darah dapat dikendalikan agar selalu stabil.

10. Dapat mengontrol dan menstabilkan denyut jantung

Potasium memiliki kemampuan menghambat penggumpalan kolesterol disekitar katup jantung. Melindungi pembuluh darah menuju jantung agar tidak tersumbat sehingga denyut jantung selalu normal.

11. Dapat meningkatkan denyut nadi yang lambat dan melemah

Keseimbangan tubuh yang terganggu mengakibatkan denyut nadi menjadi lambat dan melemah dapat mengakibatkan tubuh tidak memiliki kekuatan untuk melakukan aktivitas sehari hari. Manfaat potasium dalam kadar yang sedang dan dikonsumsi setiap hari, dapat mengatasi denyut nadi yang lambat dan melemah.

12. Meningkatkan kesehatan sel sel otak

Zat potasium dapat melancarkan masuknya oksigen dengan jumlah yang banyak pada  peredaran darah dan pembuluh darah di seputar jaringan kepala, khususnya bagian otak. Sel-sel otak semakin membaik dan berfungsi dengan respon cepat dalam menangkap informasi yang disampaikan oleh saraf saraf tubuh. Potasium dapat mencerdaskan motorik dan cara berfikir anak kearah yang lebih  baik.

13. Dapat mencegah serta menghancurkan batu ginjal

Selain dapat menghancurkan penggumpalan kelesterol jahat dipembuluh darah. Potasium juga dapat memecahkan batu ginjal dan menghancurkannya, lalu dibuang bersama proses pembentukan urin yang mengandung urea untuk disalurkan ke kandung kemih agar dapat segera dibuang.

14. Mampu memperbaiki jaringan kolagen kulit

Potasium dapat mengontrol jumlah minyak alami berlebih yang ada dipermukaan kulit, mengatur kadar air didalam kulit agar tetap seimbang dan melindungi jumlah kolagen. Untuk menghindari diri dari radikal bebas dan memperbaiki jaringan kulit agar tetap sehat dan tidak kering, sehingga wajah terhindar dari kelelahan dan mencegah munculnya jerawat.

ads

15.  Untuk suasana hati yang lebih kondusif

Mineral kalium atau Zat potasium dapat bertindak sebagai antioksidan kuat dalam menenangkan pikiran secara mental dan fisik. Potasium mampu melancarkan semua aliran darah sekitar kepala dan kepal sehingga kepala terhindar dari sakit kepala, leher terkilir atau sulit tidur. Potasium efektif untuk meredakan  stres dan menghilangkan rasa gelisah.

16. Menyembuhkan penyakit sulit tidur atau insomnia

Insomnia biasa dikaitkan dengan terganggunya saraf otak dan aliran darh sekitar kepala yang tidak lancar serta karena gangguan otak akibat pikiran berat. Mineral kalium atau potasium dapat mengendurkan ketegangan pada saraf otak, melancarkan aliran darah seputar kepala, dan menenangkan serta mengendurkan otot dan urat saraf kepala bagian belakang sehingga  menyebabkan seseorang dapat tidur dengan  nyenyak.

17. Memadatkan dan memperkuat massa tulang

Makanan yang mengandung potasium dapat dikonsumsi sertiap hari bagi para lansia tetapi dengan porsi yang seimbang agar  bermanfaat untuk melindungi tulang dari kerapuhan dan meningktkan kepadatan tulang. hal ini juga bisa berlaku pada anak anak yang masih dalam masa pertumbuhan , potasium mampu membantu mempercepat pertumbuhan tulang dan giginya.

18. Dapat meningkatkan fungsi ginjal

Potasium yang dikonsumsi secara wajar dan tidak berlebihan dapat menjaga kesehatan dan stabilitas fungsi ginjal, tetapi jika mengonsumsi setiap hari secara berlebihan maka ginjal yang bekerja akan keras dan ekstra dalam membersihkan kelebihan potasium didalam darah, akibatnya ginjal akan mengalami kelemahan dan kelelahan dan akhirnya tidak mampu lagi membersihkan potasium untuk segera dialirkan kesaluran kemih secara normal.

19. Menyembuhkan Diare

Potasium dapat mengendalikan air didalam tubuh dan zat asam atau pedas pemicu sakit diare lalu mengikat cairan kotoran dan memadatkannya tetapi tidak berbentuk menjadi sangat keras. potasium juga mampu melancarkan peredaran darah sekitar perut, dinding saluran menuju anus dan saluran kemih.

20. Menyembuhkan sembelit

Bagi seseorang yang sulit buang air besar selama lebih dari 2 hari bisa dipastikan tubuhnya kekurangan zat potasium di dalam tubuhnya. Sebaiknya konsumsi makanan yang mengandung potasium yang ada pada buah dan sayuran seperti jeruk, pisang, buah kiwi, brokoli, bayam, selada dan lain lain agar terhindar dari sembelit.

Siapa saja yang harus menghindari makanan yang mengandung potasium ?

  • Penderita gagal ginjal
  • Seseorang yang beberapa bulan baru selesai operasi ginjal
  • Seseorang yang hanya memiliki satu ginjal
  • Seseorang yang sedang menjalani terapi penyembuhan penyakit ginjal kronis
  • Seseorang yang menderita jantung lemah
  • Seseorang yang menderita gagal jantung
  • Seseorang yang beberapa bulan baru selesai operasi jantung koroner
  • Penderita penyakit addison kronis

Seseorang yang mengalami penyakit seperti yang dijelaskan diatas, hendaknya mengkonsumsi makanan yang tinggi potasium dengan wajar tidak berlebihan namun lebih baik menghindarinya saja, karena zat potasium hanya akan memperburuk kondisi sipenderita, kondisi ini dapat memicu munculnya Hiperkalemia yaitu keadaan seseorang yang mengalami komplikasi keluhan kesehatan akaibat kelebihan zat kaliunm dalam darahnya, dimana keluhan yang akan dialami adalah denyut jantung dan nadi semakin tidak beraturan dan melemah, tubuh terserang kelelahan dan lemas, sesak nafas dan ulu hati terasa tidak nyaman.

Seseorang yang kekurangan kalium atau secara medis disebut Hipokalemia ternyata dapat pula mengalami keluhan penyakit lain misalnya tubuh lemas, kram pada otot padahal tidak sedang beraktifitas gerak, mengalami sakit perut yang nyeri berkepanjang atau denyut nadi dan jantung tang tidak beraturan. Jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan mengkonsumsi makanan yang kaya potasium maka tubuhnya akan memgalami ketidak seimbangan metabolisme karbohidrat yang sebagian orang dapat menjadi pingsan.

Hiperkalemia dapat memperburuk jaringan otak dan otot. Siapa saja yang dapat terkena Hiperkalemia dengan cepat?

  1. Pecandu alkohol dan obat bius
  2. Pecandu obat obatan terlarang
  3. Pemakai obat doping yang dipakai secara berlebihan untuk tujuan tertentu (Jenis obat yang dapat meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh )
  4. Seseorang yang terlalu sering mengkonsumsi obat pereda rasa nyeri
  5. Seseorang yang sering mengkonsumsi obat diet atau obat gemuk
  6. Seseorang yang mengonsumsi obat peninggi badan secara berlebihan dalam jangka panjang
  • Pada orang orang yang kecanduan minuman beralkohol dan obat obatan terlarang seperti ganja, narkotika, heroin , ekstasi dan lain lain tubuhnya akan mudah melepaskan mineral kalium alami tubuh  bersama racun yang dihasilkan dari alkohol dan obat terlarang yang telah mereka konsumsi. pada akhirrnya mereka  terserang Hipokalemia namun mereka cenderung tidak menyadarinya.
  • Alkohol, obat doping dan obat obatan terlarang bersifat menekan aliran darah dan menyumbat pembuluh darah sekitar jantung dan otak akibatnya otot otot tubuh menjadi lemah. Jika terus menerus hal ini dibiarkan maka yang akan terjadi adalah seseorang tersebut akan mengalami kelemahan otot dan kerusakan sel otak karena  tak bisa lagi berkembang dengan baik (tak heran jika orang orang pecandu alkohol dan obat terlarang sering tidak tersambung dengan baik cara berpikinya jika sedang diajak bicara).

Bagaimana agar zat mineral potasium dapat bermanfaat maksimal didalam tubuh?

Berbahaya jika tubuh kelebihan zat potasium

Makanan yang mengandung banyak mineral kalium atau potasium dapat diimbangi dengan makanan yang mengandung banyak zat mineral lain misalnya kalsium, fosfor, seng, magnesium, zat besi dan  manga, agar tubuh mendapaatkan asupan nutrisi mineral yang seimbang dan menjadikan tubuh selalu berada dalam kondisi terbaiknya. jika terlalu banyak potasium dalam tubuh justru akan mengakibatkan ginjal rusak, denyut jantung terlalu cepat dan dapat berhenti mendadak.

Berbahaya jika tubuh kekurangan zat potasium

Jika potasium terlalu sedikit didalam tubuh sedangkan zat mineral lain tidak tercukupi justru tubuh akan mudah terserang kelelahan, depresi, stres , rasa gelisah dan rasa kebingungan. kondisi ini sangat rentan menyerang anak anak yang berakibatb kehilangan konsentrasi belajar , mudah tersinggung, sulit memahami maksud lawan bicara dalam menyammpaikan informasi dan menurunnya nafsu makan.

Catatan penting tentang penggunaan potasium sehari hari :

Potasium memang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia tua maupun muda namun didalam penggunaannya hendaknya secara teratur setiap hari terapi dengan kadar yang tidak berlebihan misalnya mengkonsumsi dua buah pisang setiap hari atau mengkonsumsi sayuran yang tidak lebih dari dua mangkok ukuran sedang atau makan satu ikan yang diimbangi segelas susu sapi murni setiap hari.

Mengkonsumsi zat potasium yang terdapat pada sayuran, buah buahan dan daging  atau jenis kacang kacangan tidak harus dikonsumsi semuanya dalam satu hari, cukup pilih salah satunya saja dan konsumsilah secara bergantian setiap harinya untuk menghindari kekurangan dan kelebihan potasium didalam tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 08th, March 2016 / 07:25 Oleh :
Kategori : Nutrisi