Manfaat Nasi Putih Bagi Kesehatan

Advertisement

nasiManfaat nasi putih bagi kesehatan yang terutama adalah sumber karbohidrat yang menghasilkan energi untuk beraktivitas. Indonesia menjadi salah satu negeri lumbung padi yang menghasilkan beras-beras berkualitas. Faktor tersebut yang membuat swasembada beras, yang menciptakan nasi sebagai makanan pokok kebanyakan orang Indonesia. Tidak bisa dipungkiri, memang banyak mitos terdengar soal nasi yang memicu gejala penyakit diabetas pada kebanyakan orang. Tapi apakah sebahayakah itu nasi, mari kita bahas pada artikel ini.

Manfaat Nasi Bagi Tubuh

Jika kita bicara manfaat nasi putih bagi kesehatan tubuh maka salah satu hal yang paling penting adalah sumber energi bagi manusia.

  • Meningkatkan mood baik – Serotonin adalah senyawa yang menimbulkan perasaan senang pada otak, kandungan karbohidrat dapat mendongkraknya. Ini juga ditunjukkan pada penelitian, seseorang yang menjalani diet setiap hari dengan komsumsi 1/2 cangkir nasi atau selembar roti, sering mengalami depresi dan kegelisahan.
  • Mencegah kanker – brown rice banyak mengandung serat insoluble yang akan mengurangi resiko sel-sel kanker terjadi pada tubuh. Banyak penelitian yang sudah mempercayai itu
  • Nasi non kolesterol – nasi tidak mengandung lemak berbahaya sama sekali ataupun sodium. maka dari itu, nasi pasti juga baik untuk dimasukkan dalam menu diet seimbang.
  • Kaya akan vitamin – Nasi itu banyak mengandung vitamin dan mineral misalnya niacin, vitamin D, kalsium, serat, zat besi, thiamine, dan riboflavin.
  • Mengobati disentri –  manfaat nasi pada kulit arinya, dianggap sebagai obat yang efektif untuk mengobati disentri. Sekam padi yang berusia tiga bulan mengandung diuretic properties. Bahkan orang China percaya bahwa nasi dianggap meningkatkan selera, menyembuhkan sakit perut dan masalah pencernaan.

Polemik Tentang Manfaat Nasi

kandungan nutrisi nasiSejak awal di negara-negara asia, khususnya Indonesia lebih banyak mengkonsumsi nasi dari pada sumber karbohidrat lain. Hal ini menjadi persoalan di masa sekarang, karena nasi dianggap memiliki kadar gula yang tinggi dibandingkan dengan ubi, kentang atau gandum. Berikut ini, beberapa fakta tentang nasi putih :

  • Apakah nasi menggemukan??

Faktanya, nasi rendah bebas lemak dan kolesterol. Nasi adalah sumber energi yang baik karena kandungan karbohidratnya. Karbohidrat membantu tubuh menjalankan fungsinya dan baik untuk pertumbuhan.

  • Kandungan garam pada nasi tinggi??

Pada kenyatannya nasi adalah makanan yang tidak mengandung garam. Nasi sangat aman dikonsumsi oleh orang-orang yang diet kadar garam dalam tubuhnya.

  • Bagaimana dengan kandungan protein pada nasi??

Setelah karbohidrat, protein merupakan nutrisi yang kedua paling banyak ditemukan pada padi. Manfaat nasi mengandung protein yang dianggap kualitas tertinggi dibandingkan dengan biji-bijian lain. Beras juga merupakan biji-bijian yang tidak mengandung alergi seperti biji-bijian lain atau biasa disebut gluten.

Jadi mulai sekarang, jangan takut mengkonsumsi nasi . Namun jangan lupa seimbangkan dengan buah-buahan dan sayuran sehat pada menu makanan anda.

Waspada Nasi

Terkait dengan manfaat nasi yang menjadi makanan pokok bagi penduduk Indonesia, ada kekhawatiran banyak kalangan yang mengatakan bahwa nasi memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Waspada konsumsi nasi ketika anda ingin diet, kegemukan, dan memiliki masalah pada kalori seperti mengalami diabetes.

Kandungan gizi nasi memang sangat tinggi kalorinya, sehingga jika anda mengalami gejala diabetes sebaiknya anda waspada dalam mengkonsumsi nasi.

Advertisement
, ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 10:01 Oleh :
Kategori : Makanan