20 Manfaat Minyak Lavender Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Siapa yang tidak kenal dengan lavender? Lavender merupakan salah satu jenis rerumputan pendek dan semak kecil yang emmiliki wangi menenangkan. Warna bunganya yang indah menjadikan lavender sering ditanaman sebagai tanaman hias di pekarangan rumah oleh sebagian orang.

artikel terkait:

Lavender memiliki bunga berwarna ungu dan terkenal dengan aromanya yang khas. Dikarenakan aromanya yang wangi, bunga lavender juga sering dijadikan sebagai minyak esensial yang dapat menciptakan aroma harum. Akan tetapi, selain harum minyak bunga lavender ini juga memberikan banyak manfaat seperti yang akan dibahas dalam artikel berikut ini.

Untuk membuat minyak bunga lavender, Anda pun dapat melakukan sendiri di rumah dengan cara mengekstraknya dan menambahkannya dengan minyak zaitun, minyak almond maupun minyak safflower. Apabila dirasa repot, Anda cukup membelinya di toko obat herbal terdekat :).

Adapun manfaat minyak lavender adalah antara lain sebagai berikut.

  1. Membantu mengobati insomnia

Bunga lavender terkenal dengan aromanya yang wangi dan menenangkan. Nah, bagi anda yang menderita gangguan tidur atau insomnia, penggunaan minyak lavender barangkali dapat membantu tidur Anda agar lebih nyenyak.

Adapun cara penggunaannya adalah dengan cara memercikkan minyak bunga lavender ke bantal atau guling yang akan Anda gunakan untuk tidur. Atau, Anda pun dapat menghirup secara langsung wangi bunga lavender dari botolnya sebelum beranjak tidur. Aroma wangi yang ditimbulkan oleh minyak bunga lavender  dipercaya dapat membantu mengatasi susah tidur.

artikel terkait: manfaat sirsak untuk diabetes

2. Membantu mengobati jerawat

Selain dapat membantu memudahkan tidur, minyak lavender juga dapat membantu mengatasi jerawat. Nah, manfaat ini nih yang dicari-cari bagi kebanyakan wanita. Untuk mengobati jerawat dengan minyak Bunga lavender, Anda hanya perlu mengoleskan setetes minyak bunga lavender murni pada jerawat yang akan Anda obati. Gunakan secara rutin niscaya jerawat biasanya akan sembuh dalam waktu 2-3 hari.

artikel terkait: manfaat buah kelapa bagi rambut

3. Membantu mengobati sakit kepala atau migraine

Adanya gejala sakit kepala atau migraine tentu saja mengganggu aktivitas sehari-hari. apabila Anda tidak suka menelan obat untuk mengobati sakit kepala Anda, silahkan Anda gunakan minyak lavender sebagai obat tradisional guna menyembuhkan sakit kepala Anda.

Caranya sangat mudah. Larutkan 3-5 tetes minyak lavender ke dalam 1 sendok makan carrier oil lalu oleskan pada daerah kepala yang terasa sakit. Carrier oil atau base oil merupakan minyak nabati yang digunakan dalam aromaterapi untuk diampur dengan pure esensial oil lain sebelum diaplikasikan pada wajah, tubuh maupun rambut. Adapun contoh carrier oil antara lain minayak zaitun, shea butter, minyak jojoba dsb.

artikel terkait: manfaat bunga cempaka

4. Membantu mengobati bibir kering

Bagi Anda yang memiliki bibir kering, Anda dapat menggunnakan minyak lavender sebagai terapi untuk melembabkan bibir Anda. Cara pengaplikasiannya sangat mudah, yaitu Anda perlu mencampurkan minyak nabati dengan carrier oil lalu dioleskan pada bibir yang kering.

artikel terkait: manfaat bunga cocor bebek

5. Membantu merangsang pertumbuhan rambut

Rambut bagaikan mahkota seseorang yang dapat mempercantik penampilan. Untuk membantu mempercantik penampilan pada rambut, minyak nabati dapat memberikan manfaat bagi kita untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Cara pengaplikasiannya adalah dengan mencampurkan sebanyak 5-8 tetes minyak lavender murni dengan 1 sendok makan minyak kelapa murni lalu memijat-mijat halus pada rambut. Untuk mendapatkan minyak kelapa murni, Anda dapat memanaskan santan kelapa yang pekat sambil diaduk terus-menerus hingga sisanya mengendap dan menghasilkan minyak kelapa murni. apabila Anda malas, Anda pun dapat membeli minyak kelapa di toko terdekat 😉

artikel terkait: manfaat bio oil

6. Membantu mengatasi mual

Apabila Anda merasa mual-mual karena masuk angin dsb, Anda juga dapat menggunakan minyak lavender untuk meredakan rasa mual Anda. Caranya, silahkan Anda hirup aroma minyak lavender dari botolnya maupun gunakan aromaterapi lavender di ruangan Anda.

artikel terkait: manfaat pohon kina

7. Membantu mengobati alergi pada serbuk bunga

Siapa sangka bahwa serbuk bunga dapat menimbulkan alergi? Untuk mengobatinya, Anda tidak perlu kawatir! Silahkan gunakan minyak lavender untuk membantu mengobati alergi Anda. Caranya sangat mudah. Silahkan hidup aroma lavender dari botolnya atau percikkan sedikit minyak lavender pada tisu maupun sapu tangan untuk kemudian Anda hirup.

artikel terkait: manfaat bunga amarilis

8. Membantu meredam kaki

Apabila Anda merasa lelah setelah seharian berjalan, tidak ada salahnya bagi Anda untuk meredam kaki pada air hangat yang dicampur dengan minyak lavender. Caranya, silahkan campurkan 10-15 tetes minyak lavender murni dan 1 cup (225 gram) garam Epsom atau garam inggris pada air hangat. Gunakan air tersebut untuk merendam kaki yang lelah agar terasa nyaman dan membantu tidur lebih nyenyak.

artikel terkait: manfaat bunga kitolod

9. Membantu mengobati kulit yang terbakar akibat sengatan matahari

Kulit dapat menjadi sensitive bahkan terbakar apabila terpapar oleh sinar matahari secara langsung tanpa pelindung. Apabila telah terlanjur, Anda dapat mengobati kulit yang terbakar oleh sinar matahari dengan menggunakan minyak lavender.

Caranya sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan minyak lavender dengan carier oil untuk kemudian dioleskan pada kulit yang terbakar oleh sinar matahari. Minyak lavender ini berguna untuk mempercepat penyembuhan kulit yang terbakar dan mencegah timbulnya bekas luka. Namun, Anda perlu ingat bahwa Anda tidak boleh menggunakan minyak lavender ini ketika Anda ingin berjemur di bawah sinar matahari.  Hal ini dikarenakan minyak lavender tersebut akan membuat kulit sensitive terhadap sinar matahari.

artikel terkait: manfaat bunga gelombang cinta

10. Membantu mengobati gigitan serangga

Terkadang gigitan serangga dapat menimbulkan luka maupun meninggalkan rasa gatal pada kulit. Apabila hal ini terjadi, Anda dapat menggunakan minyak lavender untuk mengobati kulit yang terkena gigitan serangga. Caranya tentu saja sangat mudah! Anda hanya perlu mengoleskan minyak lavender pada kulit yang terkena gigitan serangga untuk mengurangi rasa sakit maupun bengkak yang mungkin timbul.

artikel terkait: manfaat bunga bangkai

Selain manfaat di atas, berikut di bawah ini juga merupakan manfaat yang dapat Anda peroleh dari penggunaan minyak lavender.

  1. Membantu mengobati luka pada kulit
  2. Membantu mengatasi kulit iritasi
  3. Membantu mengatasi ketombe
  4. Membantu meredakan mabuk perjalanan
  5. Membantu mengobati luka bakar pada kulit
  6. Membantu mengatasi pendarahan pada hidung
  7. Membantu mengatasi eksim maupun dermatitis
  8. Membantu merelaksasi tubuh
  9. Sebagai minyak gosok urut maupun pijat
  10. Sebagai aromaterapi.

artikel terkait: manfaat bunga asoka

, ,
Post Date: Monday 24th, April 2017 / 12:44 Oleh :
Kategori : Herbal