Sponsors Link

16 Manfaat Minyak Kelapa Bagi Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sponsors Link

minyak kelapaBerbagai jenis minyak tidak hanya berfungsi untuk kegiatan masak-memasak untuk menghasilkan masakan yang enak, penggunaan minyak alami sudah digunakan untuk perawatan tubuh. Seperti minyak kelapa ini yang ternyata memiliki khasiat yang luar biasa, padahal minyak terkadang dianggap menjadi zat yang tidak baik dan memicu terjadinya penyakit berbahaya. Manfaat minyak kelapa sendiri sangat populer untuk bidang kecantikan dan rambut.

ads

Tentang Minyak Kelapa

Studi telah menunjukkan bahwa asupan minyak kelapa, dapat membantu tubuh kita meningkat resistensi terhadap virus dan bakteri penyebab penyakit. Minyak kelapa juga dapat mempengaruhi hormon positif terhadap tiroid dan mengontrol gula darah. Orang yang mengkonsumsi minyak kelapa juga cenderung memiliki perbaikan dalam mengurangi gula darah karena kelapa dapat membantu meningkatkan penggunaan insulin dalam tubuh. Minyak kelapa dapat meningkatkan fungsi tiroid dengan membantu meningkatkan metabolisme. Apa saja sebenarnya manfaat minyak kelapa yang sangat penting untuk kesehatan dan kecantikan tubuh manusia ?

1. Sehat untuk Jantung

Sebenarnya ada kesalahpahaman di antara banyak orang bahwa minyak kelapa, disebut tidak baik untuk kesehatan jantung. Hal tersebut terjadi karena minyak kelapa, mengandung sejumlah besar lemak jenuh. Pada kenyataannya, minyak kelapa bermanfaat bagi jantung. Ini mengandung asam larut sekitar 50%, yang membantu mencegah berbagai masalah jantung, seperti kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Lemak jenuh hadir dalam minyak kelapa tidak berbahaya seperti yang sering ditemukan dalam minyak sayur. Minyak kelapa tidak menyebabkan peningkatan kadar LDL dan mengurangi insiden cedera dan kerusakan arteri dan karena itu membantu dalam mencegah aterosklerosis.

2. Perawatan Rambut

Manfaat minyak kelapa adalah salah satu nutrisi alami terbaik untuk rambut, ini merupakan salah satu yang menyebabkannya terpopuler di dunia. Minyak kelapa, membantu dalam pertumbuhan rambut yang sehat dan memberikan rambut yang berkilau. Minyak kelapa juga sangat efektif dalam mengurangi hilangnya protein yang dapat menyebabkan kualitas rambut menjadi tidak sehat.

Minyak kelapa memberikan manfaat kondisioner alami yang sangat baik dan membantu proses pertumbuhan kembali rambut yang rusak. Minyak kelapa memiliki kandungan protein penting yang diperlukan untuk rambut rusak dan pemulihan berbagai kerusakan rambut. Studi penelitian menunjukkan bahwa minyak kelapa memberikan perlindungan yang lebih baik untuk rambut dari kerusakan yang disebabkan oleh kelelahan.

Manfaat pada rambut adalah :

  • Sebagai kondisioner pada rambut agar tetap lembut dan sehat
  • Mengurangi rambut keriting agar rapi dan mudah di tata
  • Rambut menjadi lebih bersinar dan mudah di atur
  • Mengurangi ketombe pada kulit kepala

3. Minyak Kelapa Untuk Perawatan Kulit

Minyak kelapa sudah sangat lama digunakan untuk membantu perawatan kulit, minyak ini merupakan salah satu pelembab yang cukup baik untuk membantu berbagai jenis kelainan kulit, terutama untuk kulit kering. Berikut adalah beberapa perannya dalam membantu merawat kulit.

  • Melembabkan kulit kering
  • Mengobati infeksi kulit (psoriasis, dermatitis, eksim dan infeksi kulit lainnya)
  • Mencegah pengelupasan kulit
  • Mencegah munculnya kulit keriput
  • Mengencangkan kulit

Khasiat minyak kelapa untuk kulit perawatan kulit banyak dimanfaatkan oleh berbagai banyak produk kecantikan dan sabun. Setidaknya ada berbagai produk seperti sabun, krim, dan lotion yang memanfaatkan minyaknya untuk membantu meremajakan kulit.

4. Meningkatkan Sistem Imun

Apa zat yang terdapat dapat minyak kelapa hingga dapat membantu sistem imun ? jawabnya adalah lipid antimikroba, asam kaprat, asam laurat, dan asam kaprilat yang memiliki sifat anti jamur, anti bakteri dan antivirus. Tubuh manusia mengubah asam laurat menjadi monolaurin, dari berbagai penelitian zat yang dihasilkan ini sangat penting untuk membasmi virus dan bakteri yang dapat menjadi penyebab utama penyakit seperti influenza, herpes, dan bahkan HIV.  Bakteri lain juga dapat dibasmi dengan khasiat minyak kelapa, berikut diantaranya :

  • Listeria monocytogenes
  • Helicobacter pylori
  • Protozoa berbahaya seperti giardia lamblia.

5. Sangat baik untuk luka bakar

Jika anda terkena knalpot, tentu akan menimbulkan bekas dan rasa sakit yang sangat parah. Tidak berhenti sampai dengan rasa sakitnya, bekas luka bakar ini juga akan menghiasi kaki atau bagian tubuh anda yang terkena. Selain itu luka bakar dapat dibantu dengan mengoleskan minyak kelapa. Oleskan minyak kelapa pada kulit akan membantu agar tidak terjadi bekas luka yang dapat merusak estetika kulit.

Sponsors Link

Cara penggunaan

Oleskan minyak kelapa pada luka bakar/ panas secukupnya dan jangan dicampur dengan air atau bahan lain, ini efektif untuk mencegah terjadinya bekas luka bakar yang mengganggu.

6. Meningkatkan Energi

Minyak kelapa merupakan salah satu sumber yang sangat penting yang dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Kandungan kalori yang cukup tinggi menjadikannya salah satu sumber nutrisi herbal yang dapat membantu meningkatkan energi secara instan.

7. Membasmi Infeksi Jamur

Kandungan asam lemak sangat tinggi di minyak kelapa yang tentunya sangat penting sebagai fungisida alami bagi tubuh. Zat ini sangat ampuh membasmi jamur dengan memasukkan dirinya dalam membran jamur yang merupakan faktor penentu kehidupan jamur, dengan demikian jamur tidak akan dapat berkembang biak dan menghancurkan jamur.

8. Mengontrol Berat Badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada 2009 menemukan bahwa terdapat hubungan antara penurunan berat badan dan konsumsi minyak kelapa pada perempuan dalam mengurangi obesitas abdominal. Para peneliti telah mengemukakan bahwa minyak kelapa ternyata sangat mudah dicerna. Selain itu minyak kelapa juga membantu menjaga resistensi insulin.

Penggunaan:

Penggunaan minyak kelapa dalam hal mengontrol berat badan dapat dilakukan dengan cara menambahkan satu sendok teh untuk diet. Dan lakukan secara bertahap sampai dengan empat sendok makan per hari.

9. Mengurangi Risiko Alzheimer

ads
Alzheimer merupakan salah satu penyakit yang dapat merusak fungsi otak yang membuat penderitanya lupa akan berbagai hal seperti teman, keluarga, aktivitas dan berbagai hal lainnya. Manfaat minyak kelapa dalam memerangi alzheimer menemui titik terang ketika seorang dokter anak yang merawat suaminya yang terkena alzheimer dengan memberikan minyak kelapa ternyata memberikan efek yang sangat positif.

Penelitian lain juga telah mengungkapkan keterkaitan antara minyak kelapa dengan penyakit alzheimer. Kandungan zat keton dalam minyak kelapa merupakan asal muasal perannya untuk kesehatan otak. Zat ini sangat baik untuk menjaga fungsi otak saat tubuh memiliki kandungan glukosa yang lebih rendah. Keton juga dapat membantu meningkatkan memori dan sangat berpotensi untuk membantu para penderita alzheimer. Dosis yang ditemukan adalah 2 sendok teh per hari dapat membantu fungsi kognitif.

10. Baik Untuk Kulit Kepala

Secara teratur memijat kepala dengan minyak kelapa, anda dapat memastikan bahwa kulit kepala yang bebas dari ketombe bahkan saat kulit kepala kering. Hal ini juga membantu dalam menjaga rambut dan kulit kepala bebas dari kutu dan telur kutu serta berbagai bakteri lainnya yang akan mengganggu kulit kepala.

Masih ada banyak lagi manfaat minyak kelapa yang dapat kita jadikan sebagai sumber nutrisi yang penting untuk tubuh, berikut adalah ulasan berbagai khasiatnya.

11. Mencegah penyakit hati

Trigliserida & asam lemak membantu dalam mencegah penyakit hati, kedua zat ini sangat mudah diproses menjadi energi ketika ia mencapai hati. Efek jangka panjang adalah mengurangi beban kerja hati dan juga mencegah penumpukan lemak dalam hati.

12. Mencegah batu ginjal

Minyak kelapa dapat membantu mencegah penyakit ginjal dan menghancurkan batu ginjal.

13. Mengobati Pankreatitis

Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati pankreatitis.

14. Baik untuk Diabetes

Minyak kelapa diyakini juga dapat membantu untuk mengendalikan gula darah serta meningkatkan sekresi insulin dalam tubuh. Hal ini menyebabkan ia dapat dengan efektif melepaskan glukosa dalam darah, hal ini penting untuk mencegah dan mengobati diabetes.

Kandungan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki kandungan minyak lemak jenuh yang diproses secara alami, sehingga tidak perlu menggunakan proses hidrogenesis. Minyak kelapa juga merupakan jenis nabati yang di olah dengan cara khusus, sehingga minyak kelapa ini tidak mengandung kolesterol yang banyak dihindari oleh masyarakat.

Karena bebas mengandung kolesterol, minyak kelapa lebih banyak dikonsumsi bagi mereka yang memiliki penyakit jantung dan stroke. Minyak kelapa memiliki fungsi yang baik pada tubuh karena berfungsi sebagai asupan nutrisi bagi tubuh. Kandungan yang ada pada minyak kelapa yaitu :

  • Asam laurat
  • Asam kaprilat
  • Asam kaprat
  • Asam miristat
  • Asam palmitat
  • Asam stearat

15. Kesehatan Gigi. Kalsium merupakan salah satu zat yang penting untuk menjaga kesehatan gigi

16. Tulang. Seperti halnya gigi, kalsium juga dapat membantu menjaga kesehatan tulang.

 

Manfaat minyak kelapa diyakini memang cukup besar untuk kesehatan, namun tentu ada berbagai efek yang harus anda ketahui jika mengkonsumsi minyak kelapa secara berlebihan. Anda diharapkan dapat dengan bijak memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan.


Artikel Terkait

Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 02nd, August 2014 / 16:25 Oleh :
Kategori : Herbal