Sponsors Link

6 Manfaat Minyak Akar Wangi Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Minyak akar wangi mempunyai banyak sekali manfaat tidak hanya untuk wewangian namun juga untuk kesehatan dan juga kecantikan. Minyak akar wangi itu sendiri merupakan hasil dari sulingan tanaman akar wangi. Dengan bentuk berupa minyak maka penggunaan menjadi lebih praktis. Minyak akar wangi mempunyai kandungan zat vetiveron, veriverol, vetivena, vetivenil vetivenet, asam palminat, asam benzoat. Warna minyak akar wangi berupa kuning kecoklatan serta memiliki aroma kayu, manis dan smoky. Seperti halnya minyak nilam dan minyak cendana, bau akar wangi akan semakin kuat seiring lamanya penyimpanan.

ads

Akar wangi sendiri merupakan salah satu tanaman obat berupa rumput  dengan ciri khas akar yang wangi. Asal muasalnya akar wangi berasal dari india dan mampu tumbuh sepanjang tahun tidak mengenal musim. Pada  umumnya akar wangi dimanfaatkan sebagai bahan wangi-wangian yang berfungsi sebagai pengharum lemari pakaian karena wanginya yang khas, sehingga pakaian kita tidak akan apek meskipun disimpan lama. Di Indonesia  sendiri tanaman akar wangi sering juga dijadikan kerajinan seperti tas, dompet, sajadah dan lain- lainnya khususnya di daerah garut.

Banyak orang belum tahu bahwa banyak sekali manfaat dari minyak akar wangi. Sebagian besar orang hanya tahu bahwa akar wangi hanya untuk wewangian saja. Padahal banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan selain untuk wewangian. Berikut penjabaran dari beberapa manfaat minyak akar wangi.

Artikel terkait :

Manfaat Minyak Akar Wangi

1. Parfum

Sesuai dengan namanya minyak akar wangi berfungsi sebagai wewangian. Minyak akar wangi banyak digunakan untuk industri parfum, sabun mandi dan juga kosmetik. Minyak akar wangi mempunyai sifat yang tidak mudah menguap sehingga minyak ini sering dipakai untuk mengikat minyak wangi lain agar tahan lama.

2. Sebagai Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang mampu mencegah dan memperlambat kerusakan sel yang disebabkan oleh oksidasi. Ketika dibiarkan, beberapa jenis molekul oksigen menyebabkan kerusakan oksidatif yang dipicu radikal bebas yang membahayakan jaringan tubuh.

Hasil studi dari Department of foof science anf human nutrition di clemson university, Sount Calivornia  di tahun 2005 menunjukkan minyak akar wangi mempunyai kemampuan melawan radikal bebas yang kuat dibandingkan dengan antioksidan standart seperti butylated hydroxytoluene dan alpha tocopherol.

3. Menghilangkan bekas luka dan tanda di kulit

Minyak akar wangi mampu menghilangkan bintik gelap, bekas jerawat dan cacar serta meremajakan kulit karena sifatnya yang cicatrisant, yaitu mampu meregenerasi kulit dan jaringan. Selain itu minyak akar wangi juga efektif menyamarkan stretch mark, kulit pecah-pecah dan gangguan kulit lainnya. Tambahkan beberapa tetes minyak akar wangi pada sabun cuci atau lotion maka kulit akan menjadi lebih lembut dan halus. Selain itu minyak akar wangi juga efektif untuk menghilangkan bekas luka khususnya yang disebabkan oleh serangga, seperti tawon atau kalajengking.

Artikel terkait : manfaat bio oil – manfaat bawang putih

4. Menenangkan perasaan saat cemas, gugup maupun stres.

Dari jaman dulu akar wangi terkenal dengan wanginya. Minyak akar wangi digunakan untuk aromaterapi yang mampu mengurangi stres, panik, cemas dan juga depresi dengan aksi neurologisnya dalam central amygdaloin nucleus. Central amygdaloin nucleus terhubung dengan otak sehingga mampu mengontrol ekspresi perilaku, persepsi, dan emosi. Bahkan minyak akar wangi punya dampak yang sama dengan Diazepan, obat yang digunakan untuk penderita kecemasan, kejang otot, dan gejala lainnya.

Artikel terkait : manfaat berpikir positif bagi fisik dan mental

Sponsors Link

5. Mengusir rayap, kutu dan juga nyamuk

Minyak akar wangi merupakan minyak esensial yang paling efektif sebagai pengusir rayap karena memiliki efek paling tahan lama dibanding minyak esensial lainnya. Minyak akar wangi juga mampu menurunkan aktivitas rayap dalam membangun sarang. Selain rayap minyak akar wangi juga bisa untuk membunuh kutu secara efektif dan aman. Nyamuk tidak menyukai bau dari akar wangi, sehingga akar wangi bisa untuk mengusir nyamuk.

6. Menghilangkan bau mulut

Minyak akar wangi juga bisa menghilangkan bau mulut dan mengobati sakit gigi. Caranya adalah dengan seduh akar wangi, 2 lembar sirih, pegagan satu genggam, 6 butir kapulaga dan gunakan sebagai obat kumur.

Artikel terkait : manfaat berkumur dengan air garam – manfaat albothyl

Banyak sekali bukan manfaat dari minyak akar wangi untuk kesehatan dan juga kecantikan. Demikian informasi tentang beberapa manfaat dari minyak akar wangi, semoga berguna dan bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 07th, March 2017 / 02:37 Oleh :
Kategori : Herbal