Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil

Advertisement

Manggis adalah buah super yang memiliki berbagai kandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk kesehatan, yang membuatnya lebih fenomenal adalah kandungan zat xanthones yang dipercaya dapat melawan kanker. Namun belum banyak orang yang mengetahui manfaat manggis untuk ibu hamil yang memiliki nutrisi baik dan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal dan membasmi radikal bebas.

Kandungan Folat Untuk Ibu Hamil

Satu cangkir buah manggis mengandung sekitar 61 mikrogram folat. Folat dianjurkan untuk perempuan yang sedang hamil untuk mengkonsumsi 400 mikrogram folat selama kehamilan, folat ini juga baik ketika pasangan sedang mencobauntuk hamil.

Fungsi Folat Untuk Ibu Hamil

Folat merupakan vitamin yang berperan dalam mencegah cacat lahir tertentu. Centers for Disease Control and Prevention mencatat bahwa folat dapat menurunkan risiko cacat lahir tulang belakang dan otak 50 sampai 70 %. Folat juga dapat mengurangi risiko kelahiran dengan cacat lainnya seperti bibir sumbing dan cacat jantung.

Vitamin C

manfaat manggis untuk ibu hamilBaik ibu hamil dan janinnya membutuhkan vitamin C untuk menjaga kesehatan yang prima selama masa mengandung. Satu cangkir manggis mengandung 5,7 miligram vitamin c, kebutuhan vitamin C pada ibu hamil adalah sekitar 85 miligram, setidaknya manggis dapat memberikan kontribusi dalam memberikan kandungan vitamin ini bagi ibu dan janin.

Vitamin C menjaga sistem kekebalan tubuh, menurunkan risiko tertular infeksi yang dapat merusak janin. Vitamin ini juga meningkatkan produksi kolagen, senyawa yang membuat kulit elastis, merupakan faktor penting ketika kulit melar untuk mengakomodasi bayi yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Mangan

Salah satu mineral yang dimiliki buah manggis adalah mangan, 1 cangkir buah ini mengandung 0,2 miligram mangan. Saat hamil, tubuh memerlukan 2 miligram mangan per hari, mineral ini membantu janin untuk membantu membentuk sistem kerangka dan tulang rawan. Mangan di manggis memiliki sifat antioksidan yang membantu melindungi sang ibu dan janin dari kerusakan sel.

Mengatasi Sembelit

American Pregnancy Association telah mengeluarkan hasil penelitian bahwa lebih dari 50% ibu hamil mengalami sembelit selama masa kehamilan. Makan manggis dapat membantu meringankan kondisi tidak nyaman ini karena kandungan serat. Satu cangkir buah manggis memiliki 3,5 gram serat. Ibu Hamil membutuhkan sekitar 25 gram serat per hari untuk mencegah terjadinya sembelit. Selain efektivitas serat yang dapat mencegah sembelit, ia juga dapat mengurangi risiko komplikasi kehamilan seperti preeklamsia, sebuah kondisi yang ditandai oleh tekanan darah tinggi yang terjadi akibat diet, genetika dan masalah pembuluh darah.

Fakta Mengenai Manfaat Manggis Untuk Ibu Hamil

Manfaat manggis untuk ibu hamil memang belum dilakukan penelitian secara mendalam apakah aman untuk dikonsumsi atau tidak. Berhubung dengan tidak adanya penelitian mengenai ini, tidak ada informasi yang cukup untuk mengetahui apakah zat ini aman selama kehamilan. Ketika hamil dan anda ingin memanfaatkan manggis maka ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terkait.

Perlu di ingat bahwa bukan hanya karena manggis sebagai buah herbal, berarti itu aman untuk dikonsumsi secara terus menerus, terlebih ketika anda sedang hamil.

Penting Untuk Ibu Hamil

Alternatif di atas adalah solusi jika anda ingin mendapatkan penganti manfaat manggis pada saat kehamilan anda.

Advertisement
, ,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:29 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links