Ini, Manfaat bulu Landak untuk Ibu Hamil yang harus Kamu ketahui

Landak merupakan salah satu jenis hewan yang memiliki bulu cukup unik. Tidak seperti hewan pada umumnya yang memiliki bulu seperti serabut yang bertektrur lembut bulu hewan satu ini berbentuk panjang dan rucing juga memiliki tekstur yang keras. Hal ini tidak lain bulu pada landak digunakan sebagai pertahanan diri bagi landak itu sendiri pada hewan pemangsanya.

Bulu landak yang tajam ini tentu sangat membahayakan jika sampau tertusuk pada manusia atau mahluk hidup yang lain kareena dalam bulu landak sendiri memiliki  kandungan racun yang terletak pada ujung bulunya yang berwarna kehitaman.

Bulu landak sering dimanfaatkan pada kehidupan sehari-hari, beberapa manfaat untuk kehidupan sehari-hari akan lebih fokus dalam pembahasan bulu landak untuk kehamilan ibu untuk menjaga ibu dan janin.

Selain untuk pertahanan bagi landak itu sendiri ternyata bulu landak juga memiliki manfaat bagi manusia salah satunya adalah ibu hamil. Dalam pembahasan kali ini akan dibahas mengenai manfaat bulu landak bagi ibu hamil.

  • Menjaga Kehiamilan pada janin dengan bulu landak — Dalam kondisi hamil seorang ibu pasti akan melakukan perlindungan bagi kehamilannya untuk menjaga sang buah hatinya tetap selamat dan sehat. Di dalam masyarakat Indonesia sendiri bulu landak sering digunakan oleh ibu hamil sebagai jimat.
  • Jimat untuk keselamatan bayi — Banyak orang percaya mengenai jimat dengan bulu landak ini, adanya kepercayaan dari masyarakat bahwa yang bisa mengganggu keselamatan dari kehamilan bukan dari alam ini saja namun juga alam jin, maka dari itu penggunaan bulu landak sebagai jimat sering dimanfaatkan.
  • Kandungan racun melindungi diri — Selain kepercayaan digunakan digunakan sebagia jimat untuk melindungi dari gangguan mahluk halus atau jin pada jaman dahulu juga digunakan untuk melindungi diri dari orang-orang jahat saat melakukan perjalanan. Hal ini tentu dikarenakan oleh kandungan racun yang terdapat pada ujung duri landak yang berwarna kehitaman tersebut. (baca juga : manfaat eskrim untuk ibu hamil)
  • Untuk tolak balak saat jaman moderin ini — Dalam kondisi dijaman yang modern ini bulu landak juga masih eksis untuk digunakan tolak balak bagi para ibu hamil. Contohnya seperti yang terjadi pada Suku Jawa Barat dimana kondisi kebudayaan atau kearifan lokal yang ada masih terjaga sangat kental sekali salah satunya adalah menggunakan atau membawa bulu landak juga beberapa siung bawang putih saat akan bepergian kemanapun dalam kondisi hamil.
  • Menjaga dari mahluk halus pada janin — Kepercayaan yang ada disana untuk membawa bulu landak saat sedang hamil dimaksudkan untuk menjaga janin atau calon bayi agar tidak dimangsa oleh kuyang. Kepercayaan yang ada disana jika tidak dipatuhi maka seseorang akan mengalami hal buruk karena didaerah sana banyak orang yang masih memelihara kuyang (mahluk halus). Kepercayaan yang ada disana sendiri adalah makanan dari kuyang yaitu janin. 

Itulah manfaat dari bulu landak untuk ibu hamil. Walaupun dibeberapa daerah masih mempercayai bulu landak sebagai penangkal agar tidak diganggu oleh mahluk halus namun hendaknya kita juga percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa agar selalu diberikan perlindungan dan terhindar dari segala mara bahaya.

Dijaman modern kini lebih baik menjaga bayi dengan selalu mengonsumsi makanan-makanan yang sehat seperti mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, vitamin C, Vitamin E, dan Vitamin lainnya serta berbagai nutrisi-nutrisi yang memang dibutuhkan untuk bayi. Hal ini akan lebih efektif dalam menjaga kesehatan bayi ketimbang percaya dengan hal-hal tahayul seperti itu.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal