13 Manfaat Madu Bagi Kesehatan

Manfaat madu sangat banyak sekali, selain untuk kesehatan madu juga bermanfaat untuk berbagai penyakit dan keluhan lain yang berkaitan dengan tubuh manusia. Cairan Madu adalah salah satu benda cair yang sangat ajaib dan sangat hebat serta bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Berbeda dengan manfaat buah, dalam cairan madu ini dapat digunakan dan dipakai untuk mengobati berbagai penyakit dan keluahan seperti menyembuhkan sariawan, meningkatkan kekebalan tubuh, menghilangkan jerawat dan sebagainya.

manfaat maduManfaat madu untuk kesehatan begitu banyak dan sangat beragam. Salah satu manfaat madu yakni bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi memang tidak mengherankan kalau banyak sekali iklan makanan dan minuman sehat penambah stamina di tv selalu mengandung dan menempatkan madu walaupun dengan kadar yang kecil.

Manfaat Madu

Manfaat madu untuk kesehatan setidaknya terdapat lebih dari 10 manfaat yang sangat baik untuk kesehatan.  Khasiat Madu lainnya yang mungkin sudah diketahui banyak orang yakni sebagai pemanis alami untuk minuman ataupun bahan makanan lainnya. Berbeda dengan manfaat sirsak, selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh, ternyata madu juga dapat bermanfaat bagi kecantikan kulit wajah dan tubuh.

Selain mudah didapat, cara yang digunakan juga cukup mudah dan cukup menghemat waktu dan energi. Manfaat Air Putih dan madu memang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat madu untuk kesehatan adalah sebagai berikut :


1. Menghilangkan Batuk

Sebuah studi 2007 dari Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Studi lain juga perna dipublikasikan di Pediatrics yang dilakukan pada 270 anak-anak berusia 1-5 yang mengalami batuk pada malam hari karena pilek. Dalam penelitian ini, anak-anak yang meminum dua sendok teh madu 30 menit sebelum tidur mengalami penurunan intensitas batuk dibandingkan dengan mereka yang tidak meminum madu.


2. Mencegah Kanker dan Penyakit Jantung

Dua penyakit paling berbahaya dimuka bumi ini ternyata juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi madu. Zat yang terdapat pada madu mengandung flavonoid, antioksidan yang membantu mengurangi risiko beberapa jenis kanker dan penyakit jantung.

3. Meningkatkan daya ingat

Menurut penelitian yang dilansir dari Reuters, 102 wanita usia menopause diwajibkan untuk mengkonsumsi 20 gram madu sehari. Setelah empat bulan, mereka yang mengkonsumsi madu ternyata meningkat daya ingat jangka pendeknya.

4. Sumber nutrisi yang lengkap

Madu mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh termasuk niacin, riboflavin, asam pantotenat, kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, kalium dan seng. Nahhh… dengan konsumsi madu ini berarti kita memberikan manfaat cukup signifikan untuk memberikan zat pada tubuh kita yang bermanfaat jangka pendek dan panjang.

5. Ampuh Menghilangkan Luka

Dalam berbagai penelitian madu telah dinyatakan efektif dalam mengobati luka. Dalam sebuah penelitian di Norwegia, terapi madu menggunakan Medihoney (madu Selandia Baru yang mengalami proses pemurnian khusus) dan Norwegian Forest berhasil membunuh berbagai bakteri yang terdapat dalam luka.

Dalam studi lain, 59 pasien yang menderita luka dan borok kaki, yang mana 80 % dari mereka telah gagal untuk sembuh dengan pengobatan konvensional, lalu diobati dengan madu yang belum diproses. Semua dari mereka (kecuali satu kasus ) menunjukkan peningkatan yang luar biasa setelah diolesi madu. Luka yang steril di awal, tetap steril sampai sembuh, sedangkan luka yang terinfeksi dan borok menjadi steril dalam waktu satu minggu setelah menerapkan madu.

Manfaat lidah buaya dan manfaat bawang putih, serta daun jambu biji juga dapat anda jadikan herbal untuk bekas luka

Cara Penggunaan

Untuk pengobatan luka bakar dan luka, madu dapat dioleskan secara langsung yang biasanya diganti setiap 24 sampai 48 jam. Ketika digunakan secara langsung, 15 mL sampai 30 mL madu telah dioles setiap 12 sampai 48 jam dan ditutup dengan kasa steril atau perban.

6. Metabolisme Alkohol

NYU Langone Medical Center mengungkapkan bahwa madu yang diminum secara langsung akan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melakukan metabolisme alkohol. Kemampuan ini akan membatasi keracunan dan mengurangi kadar alkohol dalam tubuh lebih cepat.

7. Menghilangkan Alergi

Banyak orang telah mencoba dan mengandalkan kemampuan madu untuk mengurangi gejala alergi musiman. Madu memiliki efek anti-inflamasi dan dikenal untuk menenangkan batuk. Tetapi perlu diketahui manfaat madu untuk mengobati alergi belum terbukti dalam studi klinis. Namun ada beberapa fakta dari para ahli yang mengatakan bahwa madu mengandung jejak serbuk sari bunga dan paparan alergen yang bekerja untuk memerangi reaksi alergi.

8. Memerangi Bakteri

Dalam studi klinis, madu telah terbukti dapat membunuh patogen penyakit karena makanan seperti E. coli dan salmonella, serta methicillin-resistant Staphylococcus aureus dan Pseudomonas aeruginosa yang keduanya mungkin terdapat di rumah sakit atau klinik.

9. Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih

Mayo Clinic (situs kesehatan online) mencatat bahwa madu dapat digunakan sebagai cara yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi obat herbal ini memiliki potensi besar.

10. Berpotensi mencegah rendahnya jumlah sel putih

Mayo Clinic (situs kesehatan online) mencatat bahwa madu dapat digunakan sebagai cara yang menjanjikan dan murah untuk mencegah rendahnya jumlah sel darah putih yang disebabkan oleh kemoterapi. Dalam satu percobaan kecil, 40 persen pasien kanker yang diketahui berada pada risiko neutropenia (jumlah darah sangat rendah) tidak memiliki penurunan sel lebih lanjut dari kondisi kemoterapi ini setelah mengkonsumsi dua sendok teh madu setiap hari selama kemoterapi. Penelitian lebih lanjut diperlukan, tetapi obat herbal ini memiliki potensi besar.

11. Meningkatkan Kesuburan Suami dan Istri

Nah untuk masalah yang satu ini saya mengalami sendiri, tepatnya terjadi pada saudara laki laki saya yang telat mendapatkan anak. Sudah dua tahun menikah belum dikaruniai anak, entah dapat informasi dari mana ia mencoba madu untuk meningkatkan kesuburannya. Namun ternyata benar, sekitar 2 bulan mengkonsumsi hal bahagia tersebut akhirnya datang juga. Namun tentu ini membutuhkan uji klinis kedokteran.

12. Meningkatkan Stamina

Kalau manfaat madu yang satu ini sudah bukan rahasia umum lagi, tidak perlu dibuktikan, mengapa ? hampir semua minuman energi menempatkn madu sebagai bahannya walaupun dosisnya masih sangat kecil untuk meningkatkan stamina. Selain itu konsumsi madu ini secara langsung juga dapat meningkatkan stamina saat melakukan hubungan suami dan istri.

13. Mencegah diabetes (Penganti Gula)

Gula dan pemanis buatan merupakan salah satu sumber diabetes, untuk mencegah diabetes salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi gula yang minim. Meskipun madu mengandung gula, ia TIDAK sama dengan gula putih atau pemanis buatan. Kombinasi yang tepat dari fruktosa dan glukosa sebenarnya membantu tubuh mengatur kadar gula darah. Beberapa madu memiliki indeks hipoglikemik rendah, sehingga mereka tidak menyebabkan kenaikkan gula darah Anda.

Tips Menggunakan Madu

Peringatan:

  • Lebih baik tidak diberikan pada bayi, Spora dari Clostridium botulinum telah ditemukan walaupun dalam persentase kecil dari madu di Amerika Utara. Hal ini tidak berbahaya untuk orang dewasa dan anak-anak, tetapi bayi bisa memiliki reaksi yang serius terutama yang belum genap 1 tahun. Jangan tambahkan madu pada makanan bayi atau digunakan sebagai penenang untuk menenangkan bayi rewel.
  • Madu juga mengandung gula, jadi jangan konsumsi secara berlebihan misalnya dalam satu botol. Ia memiliki nilai kalori tinggi dan akan menyebabkan kadar pada gula tinggi.

Manfaat madu untuk kesehatan sangat besar, namun tentu harus dimanfaatkan secara bijak dan jangan konsumsi secara berlebihan.

,
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 12:32 Oleh :
Kategori : Herbal