Sponsors Link

8 Manfaat Minum Kopi Arang

Sponsors Link

Bukan pencinta kopi namanya kalau belum pernah merasakan kopi arang. Kopi arang atau lebih dikenal dengan sebutan kopi joss adalah suguhan minuman unik asli Indonesia. Kopi arang mulai muncul pada tahun 1960-an di wilayah Yogyakarta kemudian menyebar ke berbagai daerah lain. Keunikan minuman ini bahkan telah sampai di telinga penikmat kopi dunia lho. Tidak heran suguhan kopi arang atau “the charcoal coffee” banyak diburu oleh turis mancanegara. Apa sih kopi arang itu? Kopi arang adalah seduhan kopi yang dicampurkan dengan arang yang dibakar hingga warnanya kemerahan. Sekilas, mungkin agak bergidik membayangkan rasanya. Tapi kenyataannya, rasa kopi ini cukup nikmat bahkan memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

Baca artikel terkait lain :

Kandungan Kopi Arang

Sebagaimana dijelaskan diatas, kopi arang banyak memiliki manfaat bagi tubuh. Kopi dibuat langsung dari biji kopi langsung, bukan kopi instan yang sudah mengandung gula. Sehingga kandungan kopi tetap terjaga. Selain itu penambahan arang panas dapat menyerap racun dan polutan yang ada di seduhan kopi. Alhasil kopi yang kamu minum lebih bermanfaat dan efek sampingnya berkurang. Kandungan kopi antara lain: Riboflavin (Vitamin B2), Asam pantotenat (vitamin B5), Mangan dan Kalium, Magnesium dan Niacin (B3).

Artikel terkait :

Manfaat Kopi Arang

Konsumsi kopi arang dapat memberikan manfaat bagi tubuh. Manfaat kopi arang diantaranya:

1. Meningkatkan Stamina dan Konsentrasi

Kafein adalah kandungan kopi yang paling terkenal. Kafein memiliki efek untuk menghambat rasa kantuk dan kelelahan. Selain itu kafein juga meningkatkan kontraksi pembuluh darah. Akibatnya peredaran darah kembali lebih cepat dan tubuh mendapatkan asupan oksigen lebih cepat juga. Oleh karena itu banyak yang mengonsumsi kopi di pagi hari atau saat bekerja untuk menambah konsentrasi. Bahan lain yang mengandung kafein dapat dibaca dalam artikel manfaat kafein untuk kesehatan – manfaat teh manis – manfaat minum kopi hitam

2. Menghambat Kanker

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Manfaat antioksidan salah satunya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Oleh karena itu, konsumsi kopi secara teratur dapat menurunkan resiko terkena kanker.

3. Kopi Menjaga Kesehatan Mulut
Kopi memiliki sifat antibakteri. Sehingga konsumsi secara teratur dapat mengurangi bakteri pada mulut dan mengurangi bau mulut. Namun sebaiknya hindari penambahan gula karena gula ini akan memicu pertumbuhan bakteri didalam mulut.

4. Mengurangi Resiko Diabetes

Kopi dapat menurunkan penyerapan gula ditubuh. Kopi juga merangsang tubuh untuk merasakan haus sehingga kadar gula dalam darah semakin menurun. Hal ini baik untuk penderita diabetes. Bahan lain yang bisa digunakan untuk diabetes dapat dibaca pada artikel manfaat sirsak untuk diabetes – manfaat gambir untuk diabetes

5. Meningkatkan Daya Ingat

Kopi dapat mencegah terjadinya degredasi fungsi saraf pada manusia. Hal ini menunjukkan konsumsi kopi secara teratur bukan hanya meningkatkan daya ingat bagi manusia lanjut usia tetapi juga dapat mencegah berbagai penyakit yang berhubungan dengan daya ingat seperti Alzheimer, Parkonson, dan demensia.

sponsored links

6. Menambah Semangat

Seperti halnya coklat, kopi termasuk juga minuman yang dapat mempengaruhi mood seseorang. Konsumsi kopi dapat memicu rasa bahagia dan semangat. Baca artikel terkait: manfaat coklat putih – manfaat coklat

7. Perawatan Wajah dan Kulit Kepala

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang baik bagi kulit. Oleh karena itu banyak yang menjadikan ampas kopi arang sebagai bahan dalam pembuatan masker wajah. Kandungan anti bakteri dan anti jamur yang dimiliki kopi dapat juga dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan kulit kepala. Khususnya bagi penderita kulit kepala berketombe.

8. Sebagai Scrub

Scrubbing adalah proses pengangkatan kulit mati menggunakan bahan bertekstur kasar. Ampas kopi arang dapat dimanfaatkan sebagai pasta scrub. Tekstur kopi yang sedikit kasar bagus untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 17th, December 2016 / 03:15 Oleh :
Kategori : Minuman