Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Kafein untuk Kesehatan

Sponsors Link

Kafein merupakan zat yang terkandung dalam beberapa tumbuhan seperti biji kopi, teh dan kakao atau kopi coklat. Kafein ini adalah senyawa alkaloid xantina yang mempunyai bentuk kristal dan mempunyai rasa pahit. Kandungan kafein yang terkandung dalam sebuah tanaman biasanya berbeda. Misalnya saja kandungan kafein dalam kopi robusta akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kandungan kafein dari kopi arabika.

Bahkan teh pun ternyata mempunyai kafein yang lebih banyak namun, karena orang yang mengkonsumsinya dalam jumlah yang sedikit. Dampak yang dihasilkan kafein dalam teh tidak sekuat yang ada pada biji kopi, yang telah diproses menjadi bubuk kopi. Banyak orang berasumsi bahwa kafein ini tidak baik untuk tubuh. Akan tetapi, dengan dosis yang tepat, ternyata kafein mempunyai manfaat untuk kesehatan seperti pada penjelasan berikut ini :

1. Mencegah kantuk

Manfaat kafein yang pertama ini memang telah terkenal sejak dahulu. Banyak orang mengkonsumsi kopi yang mengandung kafein agar mereka dapat menghilangkan rasa kantuk yang datang. Penjelasan ilmiahnya cukuplah sederhana. Kandungan kafein yang mempunyai sifat sebagai perangsang psikoaktif dan diuretik ringan akan membuat hormon adrenalin diproduksi lebih banyak. Sebagai hasilnya ialah tubuh akan terasa lebih segar sehingga kantuk pun hilang.

2. Meningkatkan memori

Selain menghilangkan kantuk, kafein juga ternyata dapat meningkatkan daya ingat atau memori seseorang. Terbukti dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Johns Hopkins Uneversity di Amerika Serikat. Ada sekitar 160 orang yang diberikan treatment berbeda yang mana sebagian akan diberikan kafein sebanyak 200 mg, sedangkan sebagian lain diberikan kafein buatan. Hasilnya ialah pada orang yang memang jarang mengkonsumsi kafein.

Dosis sebanyak 200 mg ini, ternyata mampu menambah daya ingat mereka karena mereka dapat mengingat gambar-gambar yang diberikan sebelumnya. Jadi, untuk anda yang jarang mengkonsumsi kafein, anda bisa meningkatkan daya ingat anda.

3. Meningkatkan stamina setelah olahraga

Ternyata kafein pun mampu meningkatkan stamina tubuh setelah olahraga. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, anda dapat mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein dan makanan karbo. Kombinasi keduanya akan membantu tubuh untuk mengisi glikogen otot yang hilang saat berolahraga sehingga hal ini akan mempercepat regenerasi otot. Selain itu, kafein juga akan mengobati nyeri otot setelah olahraga sehingga stamina akan pulih kembali. Jadi, setelah berolahraga, minuman berkafein merupakan pilihan yang tepat.

4. Mencegah Parkinson dan Alzheimer

Penyakit yang menyerang otak ini, akan mengganggu fungsi otak sebagai alat memori. Yang mana seseorang akan mengalami penurunan daya ingat bahkan bisa juga seseorang tidak mampu mengingat apapun lagi. Dengan kandungan obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan yang terkandung dalam kafein, hal terdebut akan membuat otak akan lebih baik menyimpan memori dan kejadian yang pernah dialami seseorang.

5. Membantu pembersihan usus besar

Kafein pun ternyata dapat membantu tubuh untuk membersihkan usus besar dari zat-zat beracun. Bagaimana mungkin? Hal ini dapat terkadi karena di dalam kafein, terdapat kandungan senyawa alkaloid xantina kristal yang akan membersihkan usus besar anda dari zat beracun. Tentu saja, takaran kafein disini haruslah cukup, artinya tidak boleh berlebih. Karena kafein yang berlebih tidak baik untuk lambung anda karena bisa memicu penyakit maag. Fungsi kafein inilah yang dapat mencegah penyakit usus mulai dari yang ringan hingga penyakit berat seperti kanker usus.

sponsored links

6. Mencegah depresi

Kandungan senyawa alkaloid xantina yang ada dalam kafein terbukti merangsang keluarnya zat dopamin, yaitu neirotransmitter yang bertugas untuk mengaktifkan pusat kesenangan di dalam otak. Dengan dikeluarkannya zat ini, maka tubuh akan mendapatkan rasa senang yang meningkat dan hasilnya ialah depresi yang dialami akan berkurang.

Selanjutnya, dengan berkurangnya rasa depresi yang dialami, hal ini berdampak pada penurunan penyakit berbahaya seperti stroke. Jadi, dengan kafein ini, seseorang pun dapat menurunkan resiko stroke, karena kebanyakan disebabkan oleh depresi seseorang yang berdampak pada pola hidup tak sehat yang memicu penyakit mematikan ini.

7. Mencegah penyakit kanker kulit

Ternyata, selain dapat menangkal penyakit yang ada di usus besar, manfaat kafein lainnya adalah mencegah kanker kulit. Dalam hal ini, kafein pun dapat mencegah penyakit kanker kulit. Menurut penelitian, seseorang yang mengkonsumsi kafein ini setiap hari dalam dosis tertentu akan menurunkan resiko kanker kulit jika dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kafein sama sekali.

8. Menurunkan berat badan

Manfaat lain dari kafein ini adalah dapat membantu anda untuk menurunkan berat badan. Menurut penelitian, kafein dapat menekan nafsu makan seseorang sehingga orang tersebut tidak akan terus menerus merasa lapar setelah mengkonsumsi kafein. Jelaslah manfaat kafein ini akan sangat membantu anda yang ingin melakukan diet atau program menurunkan berat badan. Dengan dosis kafein yang tepat setiap harinya, kafein tentu akan dapat membuat diet anda akan berhasil.

9. Meningkatkan energi tubuh

Mengkonsumsi kafein ternyata tidak semuanya akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Kafein dengan takaran yang tepat juga dapat membantu anda untuk meningkatkan energi tubuh. Kandungan senyawa alkaloid xantina yang ada pada kafein akan membantu tubuh mengeluarkan hormon epinefrin yang lebih banyak. Hormon ini adalah hormon yang berkaitan dengan adrenalin yang ada di dalam tubuh. Jika hormon ini meningkat di dalam tubuh, maka adrenalin seseorang pun akan meningkat sehingga seseorang akan merasakan peningkatan energi di dalam tubuh.

10. Mengurangi resiko diabetes

Seperti yang kita ketahui, penyakit diabetes adalah penyakit yang juga biasa disebut dengan penyakit gula karena berkurangnya kemampuan tubuh dalam menyerap gula dan mengubahnya menjadi tenaga. Jika seseorang telah terkena diabetes, pastinya akan banyak makanan yang harus dihindari, terutama makanan manis. Bukan hanya para penderita diabetes saja yang harus menjaga asupan gulanya, orang yang sehat pun harus melakukan hal yang sama.

Konsumsi kafein yang mempunyai cita rasa pahit, yang menjadi solusi yang tepat. Dengan mengkonsumsi kafein inilah, kadar gula dalam darah akan lebih terkontrol dibandingkan dengan orang yang tidak mengkonsumsi kafein.

Itulah beberapa manfaat kafein yang harus diketahui. Tentu saja, manfaat tersebut tidak akan didapatkan dengan dosis yang berlebihan. Maka dari itu, konsumsilah kafein secara bijak dengan dosis yang cukup agar memberikan manfaat yang baik ini dapat dirasakan tubuh.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Monday 02nd, November 2015 / 09:41 Oleh :
Kategori : Nutrisi