Sponsors Link

10 Manfaat Jamu Daun Sirih Bagi Wanita dan Kesehatan

Sponsors Link

Jamu daun sirih, jamu ini terbuat dari bahan alami daun sirih. Daun sirih sendiri merupakan tanaman khas yang berasal dari Indonesia. Daun sirih ini mempunyai bentuk daun yang teksturnya kasar dan tulang daun yang menyirip. Daun sirih selain dibuat jamu, juga dapat dikunyah lansung daunnya dengan dicampur dengan manfaat tembakau. Daun sirih memiliki banyak manfaat, salah satunya manfaat rebusan daun sirih bagi kesehatan dan kecantikan untuk kaum hawa. Selain direbus daun sirih juga banyak diracik menjadi jamu tradisonal yang baik untuk kesehatan. Biasanya manfaat jamu daun sirih ini dicampur dengan kunyit ataupun manfaat beras kencur yang juga baik untuk kesehatan.

ads

Adapun manfaat jamu daun sirih antara lain adalah sebagai berikut :

1.Mengobati radang tenggorokkan

Radang tenggorokan sangat menganggu anda. Radang tenggorokan kadang sering muncul pada musim hujan. Ada baiknya anda mencegah radang tenggorokan dengan rutin meminum jamu daun sirih yang memiliki manfaat untuk mengobati radang tenggorokan. Minum sebanyak satu kali sehari untuk pencegahan dan dua kali sehari untuk pengobatan.

Baik untuk radang tenggorokan :

2. Melancarkan haid

Bagi kaum wanita yang memiliki masalah haid yang tidak teratur setiap bulannya. Biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Stress karena masalah.
  • Faktor hormon yang berubah karena kondisi tubuh dan usia.
  • Faktor internal seperti mengonsumsi makanan yang tidak sehat.

Beberapa faktor penyebab diatas dapat di atasi dengan menggunakan manfaat jamu daun sirih ini. Jamu daun sirih ini dapat digunakan untuk melancarkan haid agar teratur dalam setiap bulannya.

Baik untuk melancarkan haid :

3. Menghilangkan bau badan

Bila anda memiliki masalah dengan bau badan, anda dapat memanfaatkan jamu daun sirih yang  dapat membantu menghilangkan bau badan. Bau badan bisa disebabkan oleh kelenjar keringat berlebih yang keluar saat olahraga. Dalam faktor lainnya anda juga harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi sehari-hari.

4. Menghilangkan gatal – gatal pada kulit.

Rasa gatal-gatal pada kulit biasanya disebabkan oleh berbagai sebab. Salah satunya adalah alergi. Manfaat aerius untuk alergi juga bisa anda coba. Dari sisi herbal ada manfaat jamu daun sirih yang dapat anda coba untuk mengobati rasa gatal-gatal tersebut. Rasa gata-gatal yang disebabkan oleh alergi dapat anda cegah juga dengan menghindari makanan yang menyebabkan anda alergi.

5. Dapat mengatasi jerawat

Jerawat adalah salah satu kondisi kulit yang kelebihan produksi minyak sehingga menimbulkan jerawat. Manfaat acnol juga baik untuk mengatasi jerawat yang meradang. Tapi jika anda lebih memilih minuman herbal. Maka manfaat jamu daun sirih ini juga bisa bermanfaat untuk mengatasi jerawat. Jamu daun sirih merupakan bahan alami yang terbuat dari daun sirih, untuk bahan alami biasanya waktu yang diperlukan lebih lama karena proses penyembuhan melibatkan banyak pembersihan bagi anggota tubuh. Jadi minum jamu daun sirih harus teratur setiap harinya.

6. Mengobati penyakit demam berdarah

Demam berdarah biasanya banyak terjadi pada saat musin penghujan. Jadi saat musin hujan datang pastikan tidak ada air yang megenang di tempat tinggal anda. Jika sudah terserang wabah dari penyakit demam berdarah anda dapat mengobatinya dengan cara meminum jamu daun sirih. Jamu daun sirih ini mengandung senyawa dari daun sirih yang baik untuk mengobati penyakit demam berdarah.

7. Menghilangkan bau mulut

Masalah bau mulut biasanya disebabkan oleh beberapa faktor yang paling pertama biasanya karena makanan yang menimbulkan bau tidak sedap diantaranya manfaat petai dan manfaat jengkol yang juga memiliki manfaat dalam bidang kesehatan . Jika anda mengonsumsinya maka dapat dipastikan bau mulut anda tidak sedap. Nah, salah satu manfaat jamu daun sirih itu adalah menghilangkan bau mulut. Untuk itu anda tidak perlu cemas untuk berbicara di depan umum lagi.

8. Mengatasi keputihan

Manfaat jamu daun sirih yang lainnya adalah dapat mengatasi keputihan. Keputihan yang tidak sehat memiliki ciri – ciri sebagai berikut :

  • Warna yang kekuningan dan abu – abu.
  • Menimbulkan rasa gatal yang berlebihan.
  • Rasa gatal juga disertai rasa panas yang menyebabkan kulit sekitar memerah.
  • Bau yang tidak sedap

Jika memiliki ciri seperti diatas maka anda harus segera konsultasi pada dokter. Dan jika anda ingin obat tradisional yang alami saja. Maka jamu daun sirih dapat membantu mengatasi keputihan.

9. Mencerahkan kulit

Jamu daun sirih ini juga memiliki manfaat salah satunya mencerahkan kulit. Jadi impian untuk mendapatkan kulit yang indah bisa dilakukan dengan cara meminum jamu daun sirih secara teratur setiap hari. Anda harus telaten dan sabar karena jamu daun sirih ini membutuhkan proses yang panjang dalam mencerahkan kulit anda.

ads

10. Menyembuhkan asma

Jika anda mengalami riwayat penyakit asma maka anda dapat meminum ramuan jamu daun sirih yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit asma. Penyakit asma bisa terjadi dengan tiba-tiba untuk itu anda perlu waspada. karena jamu daun sirih bersifat alami maka proses penyembuhannya membutuhkan waktu lama dan konsisten. Pastikan anda konsisten menjalankannya agar lekas sembuh.

Baik untuk asma :

Cara Membuat Jamu Daun Sirih

Biasanya jamu daun sirih ini dicampur dengan kunyit atau beras kencur saat disajikan untuk kemudian diracik sebagai jamu. Bahan-bahannya adalah sebagai berikut :

Cara pengolahannya adalah sebagai berikut :

  • Kunyit terlebih dahulu di geprek.
  • Campurkan semua bahan diatas kecuali daun sirih yang di rebus secara terpisah untuk kemudian disaring airnya.
  • Setelah di campurkan bahan -bahan tersebut direbus kembali ke dalam rebusan daun sirih.
  • Rebus hingga mendidih kemudian saring dan gunakan airnya untuk mengobati penyakit dalam.

Jamu daun sirih ini sangat cocok untuk kaum wanita dan juga pria yang memiliki keluhan seperti bau badan, jerawat dan gatal-gatal. Minum Jamu daun sirih ini dianjurkan dua kali dalam sehari. minumlah secara teratur agar manfaatnya terasa oleh tubuh.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 08th, June 2016 / 03:27 Oleh :
Kategori : Herbal