Manfaat Jambu Bangkok Bagi Kesehatan

Salah satu jenis jambu ini disebut dengan nama jambu bangkok kakrena memang berasal dari Bangkok, Thailand.tempat tumbuhnya jambu bangkok ini juga tidak sulit karena dapat hidup di semua iklim.  Jambu bangkok merupakan jenis jambu biji yang memiliki buah yang sangat besar. Salah satu jenis jambu jambu bangkok yang banyak tumbuh di Indonesia adalah jambu sari. Meskipun jambu sari termasuk dalam jambu bangkok, ukuran jambu sari ini lebih kecil dari jambu bangkok yang sebenarnya.

artikel terkait:

Karakteristik Jambu Bangkok

Beberapa karakter yang dimiliki oleh jambu bangkok yakni :

  1. Jambu bangkok berbentuk bulat sempurna dan memiliki diameter lebih dari 10 cm.
  2. Berat yang dihasilkan oleh jambu bangkok berkisar 600 gram sampai 1000 gram setiap bijinya.
  3. Kulit jambu bangkok licin dan berwarna kekuningan ketika sudah matang.
  4. Ukuran jambu bangkok yang sudah matang akan lebih kecil dibandingkan buah jambu bangkok yang masih muda.
  5. Memiliki tekstur buah yang lembut dan daging buah yang tebal.
  6. Dagingnya berwarna putih dan memiliki rasa yang manis serta tidak memiliki serat.

Mungkin secara sekilas semua jambu biji terlihat sama, namun sebenarnya setiap jenis jambu bij memiliki karakternya sendiri sendiri sehingga dapat dibedakan setiap jenisnya.

artikel terkait: manfaat jambu monyetmanfaat buah jambu jamaika

Manfaat Jambu Biji Bangkok

Buah jambu bangkok memiliki beberapa manfaat yang dapat kita ambil. Apabila buahnya sudah matang, bisa saja dimakan dalam keadaan segar seperti ketika memakan buah pada umumnya. Seperti halnya buah jambu buji lainnya, jambu biji bangkok memiliki beberapa manfaat diantaranya yakni :

1. Membuat Kue Dan Pastel.

Jambu biji bangkok memiliki aroma yang khas dan wangi baik ketika madih mentah maupun sudah matang. Daging jambu biji bangkok dapat diolah menjadi bahan olahan dan biasa digunakan untuk membuat kue serta pastel. Di wilayah Hindia Barat, jambu bangkok banyak dimanfaatkan untuk dijadikan kue manis. Cara pembuatan kue manids dari jambu biji ini tidak terlalu sulit memang, yakni dengan menguapkan potongandaging buah jambu bangkok dengan gula. Penguapan jambu bangkok dengan gula ini akan membuat gula meresap di dalam daging jambu bangkok, sehingga dapat menghasilkan jambu bangkok yang lebih manis. Oleh karena rasanya yang manis itulah orang di wilayah Hindia Barat menyebutnya sebagai makanan kue manis.

artikel terkait: manfaat jambu biji

2. Diawetkan Buahnya.

Jambu biji bangkok selain dapat digunakan untuk dibuat kue dan pastel juga dapat diolah menjadi bahan makanan lain. Buah yang sudah dipisahkan dari bijinya kemudian dapat diawetkan seperti beberapa buah awetan lainnya. jambu biji bangkok yang sudah dalam keadaan awet dapat dimanfaatkan untuk beberapa jenis makanan seperti selai, jeli, sari buah dan juga nektar. Biasanya, apabila jambu yang digunakan dalam keadaan bagus, hasil yang didapatkankan dari pengolahannya juga akan bagus. Jeli buah jambu bangkok yang dalam keadaan baik akan menghasilkan warna seperti anggur tua, jernih serta memiliki bentuk yang padat. Selain itu, meskipun sudah diawetkan menjadi jeli, rasa dari jambu bangkok tidak akan hilang, melainkan rasa jelinya masih seperti buah asli.

Selain jeli, perusahaan di Filipina membuat jambu bangkok menjadi olahan lain yakni sari buah dan nektar. Perusahaan di Filipina ini mendehidrasi irisan jambu biji untuk dijadikan dua produk secara bersamaan.caranya yakni dengan merebus jambu biji bangkok di alam sirup yang encer.  Sebelum melakukan proses perebusan, jambu bangkok ini dikupas kemudian di belah menjadi dua. Setelahnya, jambu biji akan direbus di dalam sirup encer hingga mendapatkan hasil yang diharapkan.  Setelah itu, hasil rebusan ini dikemas dalam bentuk kaleng. Tepung yang dihasilkan oleh jambu biji baik untuk kesehatan karena dapat sebagi sumber vitamin C dan pektin.

artikel terkait: manfaat tomat rebus

  1. Sebagai Obat Diare.

Di Indonesia, jambu biji sudah sangat terkenal dapat meyembuhan diare. Kandungan dalam jambu biji dapat menyerap air berlebih dalam saluran pencernaan yang pada akhirnya dapat menyembuhkan diare yang diderita. Selain menyembuhkan diare, jambu bangkok juga dapat bekerja secara fleksibel untuk melancarkan pencernaan.

artikel terkait: manfaat rebusan daun salam

Manfaat Jambu Biji Secara Umum

Secara umum, jambu bangkok hampir sama seperti jambu biji lainnya yang memiliki banyak khasiat di dalamya. Diantaranya yakni untuk menjaga kesehatan kulit, menjaga fungsi otak, mengobati demam berdarah serta dapat menyebabkan efek relaksasi. Jambu biji secara umum juga memiliki kandungan mineral yakni mangan yang dalam fungsinya dapat membantu penyerapan nutrisi dalam tubuh.  Apabila menderita tekanan darah tinggi, mengkonsumsi jambu biji juga dapat berfungsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kalium yang terkandung di dalam jambu biji dapat menjaga stabilitas tekanan darah dalam tubuh. Selain itu, kandungan mineral tembaga dalam jambu mampu menjaga kelenjar tiroid, sehingga tubuh akan terhindar dari penyakit yang berbahaya.

artikel terkait: manfaat kulit kayu manis

Jenis jambu biji yang beragam  membuat setiap jenisnya memiliki khasiat dan manfaat masing masing. Secara umum manfaatnya hampir sama, hanya saja yang paling penting adalah kemauan kita dalam memanfaatkan buah salah satunya jambu biji untuk menjaga tubuh agar selalu sehat.

, ,
Post Date: Monday 10th, October 2016 / 07:44 Oleh :
Kategori : Buah Buahan