Sponsors Link
     Sponsors Link

10 Manfaat Infused Water Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Infused water sepertinya merupakan salah satu trend baru bagi mereka yang ingin melakukan dan mengadopsi manfaat pola hidup sehat. Entah siapa yang pertama kali mempopulerkan infused water, namun demikian sepertinya metode infused water telah menjadi salah satu trendsetter di kalangan masyarakat luas. Terutama bagi orang-orang yang memperhatikan gaya hidup sehat.


Apa itu infused water ?

manfaat infused waterBagi anda yang baru mendengar istilah ini, mungkin bertanya apa itu infused water? Infused water sendiri merupakan suatu jenis metode pemberian nutrisi-nutrisi tambahan pada air mineral biasa agar menjadi lebih
bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Biasanya cara melakukannya adalah dengan menambahkan irisan atau potongan dari berbagai jenis manfaat buah-buahan yang memiliki asam dan segar, seperti :

  1. Manfaat buah jeruk atau manfaat lemon
  2. Manfaat apel
  3. Manfaat nanas
  4. Manfaat buah anggur
  5. Manfaat strawberry
  6. Atau bisa juga merupakan kombinasi dari beberapa buah diatas dan buah segar lainnya.


Bagaimana cara membuat infused water?

Infused water sangatlah mudah untuk dibuat. Bahkan anak anda pun bisa membuatnya sendiri. Caranya adalah :

  1. Potong atau irislah jenis buah-buahan yang ingin anda masukkan ke dalam infused water.
  2. Masukan buah-buahan tersebut ke dalam air mineral sebanyak 1-2 liter, tergantung kebutuhan
  3. Simpanlah campuran antara buah dengan air mineral tersebut di dalam lemari pendingin atau kulkas selama 2 jam
  4. Setelah dingin dan segar, anda dapat menikmati infused water buatan sendiri
  5. Setelah habis, anda dapat mengisi kembali dengan air mineral namun usahakan jangan lebih dari 24 jam, karena diikhawatirkan kandungan mineral dari buahnya yang sudah hilang,

Anda dapat mengkonsumsi dan membawa infused water kemana saja sambil melakukan aktivitas, seperti pergi ke kantor, berjalan-jalan hingga melakukan aktivitas yang memberikan manfaat olahraga.


Dengan begitu banyaknya penggunaan infused water di kalangan mereka yang sedang mengadopsi pola hidup sehat, muncul pertanyaan, apa sih manfaat dari infused water ini? Apa perbedaannya dari air mineral biasa? Berikut ini adalah beberapa manfaat dari infused water :

1. Sebagai detoksifikasi

Detoksifikasi merupakan proses pengeluaran racun yang masuk ke dalam tubuh. Manfaat infused water, itu berarti tubuh akan menambah kemampuan tubuh dalam melakukan detoksifikasi dan pengeluaran racun tubuh. Sehingga anda dapat terhindar dari beberapa gangguan yang disebabkan racun dalam tubuh.

Mengapa? Kandungan lemon, jeruk atau citrus lah yang dapat membantu tubuh anda melakukan detoksifikasi.

2. Menyegarkan tubuh

Bosan dengan rasa air mineral yang itu-itu saja? Tentu saja dengan konsumsi infused water ini, anda dapat merasakan kesegaran yang lebih dibandinhkan minum air mineral biasa. Infused water memiliki kombinasi dari rasa asam, manis dan rasa segar yang dapat membantu tubuh dalam mendapatkan kesegarannya kembali. Manfaat menyegarkan tubuh ini juga di dapat dari :

3. Mengganti fungsi ion tubuh

Infused water juga dapat bermanfaat sebagai pengganti ion tubuh yang hilang akibat aktivitas yang dilakukan seharian. Biasanya anda dapat mengkonsumsi minuman yang memiliki kandungan elektrolit khusus untuk mengembalikan ion tubuh, namun demikian dengan manfaat infused water anda tidak perlu melakukan hal tersebut.

4. Sebagai antioksidan

Kandungan buah-buahan yang digunakan sebagai sarana pembuatan dari infused water ini memiliki banyak sekali kegunaan, salah satunya adalah manfaat antioksidan. Antioksidan dapat membantu tubuh menangkal radikal bebas dan dapat mencegah terjadinya penuaan dini sebagai anti aging.

5. Mengoptimalkan metabolisme tubuh

Sama seperti manfaat air putih atau air mineral pada umumnya, infused water juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk menjaga dan meningkatkan metabolism tubuh. Dengan terjaga dan meningkatkan metabolism tubuh, maka tubuh kita akan dapat beraktivitas tanpa adanya hambatan berarti, dan tetap merasa semangat di setiap aktivitas.

6. Memperlancar pencernaan

Infused water juga sangat berguna untuk membantu memperlancar dan pencernaan, serta mengurangi gejala gangguan pada pencernaan, seperti :

  • Sembelit
  • Susah buang air besar
  • Sakit perut
  • Mual
  • Mulas

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

sponsored links

Kandungan berbagai vitamin dan mineral pada buah yang dijadikan sebagai bahan infused water, terutama kandungan manfaat vitamin C, yang sangat berguna dalam meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh anda. Hal ini dapat mencegah anda mengalami beberapa penyakit ringan, seperti :

  • Influenza
  • Batuk-batuk
  • Infeksi
  • Sariawan dan gusi berdarah

8. Sebagai alternatif bagi yang tidak suka makan buah

Ada beberapa orang yang memang tidak menyukai makan buah, namun hanya senang minum jusnya saja. Perlu diketahui jus botolan mengandung beberapa bahan kimia yang apabila dikonsumsi terus menerus memiliki dampak bagi tubuh. Karena itu manfaat infused water merupakan pilihan tepat, agar tetap dapat memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh

9. Memberikan rasa tersendiri pada air mineral

Campuran irisan buah-buahan yang terkandung pada infused water pastilah memberikan rasa menyegarkan tersendiri bagi tubuh. Hal ini sangat baik bagi mereka yang tidak menyukai air mineral karena tidak memiliki rasa alias tawar. Selain itu, infused water juga tidak mengandung campuran gula tambahan, sehingga aman bagi anda yang menderita penyakit gula.

10. Menjaga fokus pikiran

Manfaat lainnya dari infused water adalah dapat menjaga kondisi pikiran agar tetap fokus dalam menjalani kegiatan atau aktivitas sehari-hari. DeBagaimana cara membuat infused water?

  • Tidak mudah merasa ngantuk
  • Tetap semangat dalam melakukan aktivitas
  • Menjaga Kesegaran dan ketahanan tubuh dari rasa lelah

Selain itu, menjaga pikiran tetap fokus banyak hal lain yang dapat dilakukan seperti :

Itulah beberapa manfaat utama dari infused water. Bagaimana? Tertarik untuk mencobanya? Semoga bermanfaat..

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 23rd, April 2015 / 05:07 Oleh :
Kategori : Minuman