Sponsors Link

14 Manfaat Daun Meniran Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Apakah anda pernah menemui atau mendengar nama daun meniran? Tentu saja jika anda hidup dan berada di daerah yang sangat memperhatikan kesehatan alam dan lingkungan, pasti tahu dan mengerti. Memang sebenarnya, tanaman ini cukup mudah di temui, mudah di dapat, karena bisa tumbuh di iklim tropis. Jika masih merasa belum pernah mengerti atau menemui tanaman ini, silakan menanyakan pada orang tua anda.

ads

Sebenarnya tanaman meniran ini merupakan salah satu jenis tanaman semak. Keberadaanya cukup mudah di temukan pada sekitar pekarangan rumah. Biasanya juga ada di sekitar tepi kampung, sampai dengan dalam hutan bersemak. Meniran memang salah satu tanaman yang mudah tumbuh di daerah Indonesia. Tak heran jika anda sudah tidak asing dengan tanaman ini.

Seperti apakah tanaman meniran?

Dari segi karakteristiknya, tanaman meniran ini memiliki bentuk batang yang bulat. Biasanya jika di pegang, bagian batangnya tidaklah kering. Melainkan basah. Tinggi batang yang satu tanaman ini bisa kurang lebih Sekitar 50 centi meter. Jika di lihat dari bentuk daunnya, memang seperti sirip sirip yang banyak. Jumlah dari sirip tadi antara satu batang dengan yang lainnya selalu sama. Karena memang genap. Pada setiap tangkai daun meniran, mempunyai jenis daun sirip yang majemuk atau banyak.

Selain karakter dari daunnya, anda juga bisa mulai mengidentifikasi dari sisi yang lainnya. Misalnya adalah melalui bunga. Baik itu keadaan bunga atau tata letak bunga. Tanaman meniran ini memiliki letak bunga yang ada pada bagian ketiak daun. Biasnaya menghadap ke arah bawah.

Manfaat dari tanaman meniran

Jangan salah sangka jika semua perut hanya baik untuk kaki. Karena sejatinya kita paling banyak melihat semak dan rumput di injak injak. Misalnya adalah saat melihat pertandingan sepak bola. Karena tanaman meniran merupakan salah satu jenis tanaman semak yang penting dan berkhasiat. Sebab tanaman ini memiliki banyak kegunaan dan manfaat, terutama dalam bidang pengobatan dan kesehatan untuk berbagai jenis penyakit dan gangguan.

Banyak sumber dan pakar kesehatan menyebutkan beberapa manfaat dan khasiat meniran ini untuk tubuh. Penelitian ini di dukung oleh sebagian besar dari ahli medis yang berkompeten. Seperti apakah itu? Simak ulasan berikut ini :

1. Membantu memperkuat sistem imun

Berdasarkan hasil penelitian yang baru saja di lakukan, tanaman meniran ini cukup baik untuk tubuh kita. Salah satunya adalah membantu dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh atau sistem imun kita. sebab dalam meniran terdapat zat yang membantu untuk merangsang aktivitas imuno modulator. Makanya jika ingin mendapatkan sistem imun tubuh yang kuat, ada baiknya mengkonsumsi tanaman meniran ini secara teratur.

2. Resiko terinfeksi bakteri, virus dan mikroba jahat

Seperti yang sudah di sebutkan bahwa meniran ini cukup baik untuk tubuh kita. ia memiliki kandungan yang membantu mempertahankan tubuh kita selalu sehat. Bahkan dalam tanaman meniran memiliki zat yang cukup baik untuk mendongkrak sistem imun. Zat tersebut dinamakan sebagai imuno modulator. Semakin baik kadar tingkat sistem imun seseorang, maka resiko terkena penyakit juga lebih jarang. Karena setiap bakteri, virus dan mikroba yang masuk ke dalam tubuh di matikan oleh sistem imun ini. Makanya jika anda ingin tetap sehat, konsumsilah tanaman meniran dengan teratur.

3. Mengontrol kinerja sistem imun

Kadang kala, tubuh kita terlalu banyak di forsir untuk mengerjakan berbagai hal sekaligus. Jadwal yang padat dan menumpuk, mengharuskan tubuh untuk terus melakukan aktivitas. Padahal tubuh sudah lelah. Hal ini membuat sistem imun bekerja terlalu keras. Padahal seseorang memiliki batas maksimal sendiri sendiri. jika sampai jebol pertahanannya, maka seseorang akan sakit. Namun berbeda kasusnya jika anda kerap mengkonsumsi tanaman meniran. Karena ia memiliki zat yang bisa mengontrol sistem imun bekerja. Sehingga ketika sistem tubuh bekerja terlalu keras dan kuat, zat yang ada dalam meniran akan mengontrol dengan cara menurunkan kinerjanya.

4. Bisa menggantikan kinerja sistem imun

Sudah di jelaskan bahwa meniran bisa membantu untuk menurunkan kinerja dari sistem imun. Bahkan ketika sistem imun bekerja terlalu keras, meniran bisa membantu untuk menggantikan posisi dengan sistem imun. Bagaimana caranya? Sistem imun yang kinerjanya sudah menurun tadi, mampu membuat meniran mengeluarkan zat yang ada dalam kandungannya. Yakni berupa zat flavonoid. Lalu zat ini bisa mengirimkan sinyal sinyal tertentu. Adanya kiriman informasi dari sinyal ini akan membantu manusia kembali pada kinerjanya yang hilang.

5. Memiliki zat anti peradangan

Dalam meniran ternyata juga tidak fokus hanya pada sistem imun. Masih ada keistimewaan lain yang ada dalam meniran. Salah satunya adalah adanya zat yang membantu sebagai anti peradangan. Jadi ketika tubuh anda mengalami benturan atau terinfeksi dari virus dan bakteri. Maka pada kondisi biasanya akan menyebabkan radang karena luka tadi. Jika di biarkan terus menerus, bisa menyebabkan penyakit yang cukup serius. Hal ini tidak berlaku pada anda yang rajin mengkonsumsi tanaman meniran. Sebab dalam tanaman ini memiliki zat anti peradangan. Jadi ketika tubuh mengalami sakit, langsung sigap untuk segera mengobati diri sendiri.

6. Mengatasi rasa nyeri

Berdasarkan hasil dari penelitian yang di lakukan di Brazil, menyebutkan bahwa terdapat beberapa manfaat dari tanaman meniran. Sebab tanaman ini ternyata mampu menunjukan berbagai jenis senyawa yang terisolasi dari tanaman genus Phyllanthus. Beberapa zat yang bisa bekerja dengan baik, misalnya flavonoid yang di dalamnya termasuk quersetin dan rutin, tanin misalnya adalah geraniin dan furosin, benzenoid misalnya adalah etil dan metil gallat, dan fitosterol berkhasiat baik untuk tubuh. Salah satunya adalah meredakan rasa nyeri pada tubuh. Awalnya penelitian ini di tunjukan pada tikus.

7. Baik untuk penderita penyakit gula atau diabetes

Memang penderita penyakit gula sangat berhati hati dalam mengkonsumsi makananya. Masalah nasi, mereka sangat komplain. Masalah pembuatan minum, mereka juga komplain. Sebab jika salah sadikit saja menakar gula dalam makanan dan minumannya, masalah yang ada bertambah gawat. Karena kadar kalori dan gula yang ada dalam darah bisa naik. Akibatnya bisa fatal, bahkan sampai meninggal dunia. Tapi dengan mengkonsumsi tablet meniran secara teratur, membawa hasil yang baik. Salah satunya adalah penderita mengalami penurunan darah serta kadar gulanya secara signifikan. Hal ini menjadi kabar yang baik bagi para penderita.

8. Mengatasi masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi

Bagi anda yang memiliki masalah tekanan darah memang sedikit memusingkan kepala. Pasalnya masalah darah adalah salah satu masalah yang cukup pelik, dan susah untuk di sembuhkan. Jika tidak karena darah tingi, darah rendah pun juga boleh. Keduanya memang tidak baik untuk tubuh. Karena berpotensi untuk memicu adanya penyakit lain yang nilainya lebih serius. Namun jangan khawatir, karena manfaat daun meniran ternyata mampu bekerja dalam hal menurunkan masalah tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini sudah di teliti pada orang orang yang menderita hipertensi. Ternyata memberikan hasil yang signifikan. Penelitian ini di lakukan di India, pada tahun 1995.

ads

9. Baik untuk penderita diuretik

Masalah ginjal dan air kencing bukanlah masalah yang terlalu serius. Namun jika di biarkan terlalu lama juga tidka baik bagi manusia. Karena kencing merupakan salah satu cara yang paling di manfaatkan oleh tubuh untuk membuang racun dan zat yang tidak berguna. Semakin lama zat tidak berguna ini berada di dalam tubuh penderita, maka racun akan membahayakan jiwa. Untunglah ada tanaman meniran merupakan salah satu tanaman yang cukup bijak untuk di konsumsi. Sebab kandungan zat yang ada di dalamnya mampu membantu dalam meningkatkan volume urin. Sehingga racun dan zat yang tidak berguna bisa keluar dari tubuh. Selain itu, sekresi natrium dalam darah juga ikut naik. Hal ini adalah kabar baik untuk mengeluarkan zat yang tidak berguna tadi.

10. Baik untuk hipoglekemik

Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa meniran ini memberikan pengaruh baik pada hipo glikemik. Hasil dari penelitian ini menggunakan dua hewan, yakni kelinci dan tikus berhasil mendokumentasikan efek hipoglikemik dari meniran yang di kondisikan pada hewan diabetes. Sebab daun meniran mampu untuk menghambat zat reduktase aldosa. Zat ini  merupakan zat yang dapat bekerja aktif di bagian ujung saraf. Sebab biasanya syaraf ini akan mengalami gangguan karena terkena konsentrasi gula darah tinggi. padahal kondisi seperti ini bisa menyebabkan diabetes neuropati.

11. Mencegah terjadinya ketidak seimbangan kimia tubuh

Manusia memiliki berbagai jenis syaraf dan juga zat kimiawi pada tubuhnya. Makanya kadang terjadi ketidak seimbangan di dalam tubuhnya. Hal ini bisa menjadikan metabolisme dalam tubuh tidak berjalan sesuai dengan mestinya. Padahal hal ini bisa menjadi pertanda buruk. Misalnya seperti mudah terserangnya penyakit. Salah satu caranya adalah dengan mengkonsumsi daun meniran. Di dalamnya terdapat zat yang mampu menghambat zat asam elagic (ellagic acid) atau zat yang menyebabkan ketidak seimbangan tubuh ini. Sehingga hal ini akan baik bagi tubuh. Bahkan bisa berpotensi untuk melindungi saraf. Bagian ini juga sering di sebut sebagai sistem kekebalan stimulator.

12. Membantu mengatasi penyakit Hepatitis B

Hepatitis B merupakan salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan. Seluruh tubuh penderita akan berwarna kuning. Karena zat tersebut menyebar ke seluruh tubuh. Sehingga bagian putih mata menjadi kuning, kulit juga menguning. Jika tidak segera di tangani, maka penderita bisa meninggal. Di tahun 1988 Dr Baruch Blumberg, adalah seorang herbalist yang berhasil menemukan antigen virus Hepatitis B. beliau  mengabarkan bahwa tanaman meniran mampu mengatasi carrier atau pembawa genetik penyakit kronis Hepatitis B.

Bukan hanya itu, beberapa penelitian lainnya yang terkait di Jepang dan India menyebutkan bahwa tanaman meniran di gunakan sebagai salah satu bentuk obat obatan untuk hepatitis. Sebab di dalam meniran terdapat senyawa utama yang mampu menyembuhkan, yakni filantin, hipofilantin dan triakontanal.

13. Membantu pengobatan penyakit HIV

Di namakan juga sebagai peyakit laknat. HIV merupakan penyakit yang menyerang bagian sistem kekebalan seseorang. Ketika ia mengidap virs HIV, maka sistem kekebalan tubunya akan menurun sedikit demi sedikit. Biasanya penderita yang sudah terinfeksi tidak langsung mengalami gejala langsung. Namun virus ini bisa berkembang sampai 5 tahun kemudian. Jika sudah parah, bukan hanya HIV saja. Namun serta HIV/AIDS. Ternyata beberapa penelitian ini sudah menemukan bagaimana cara untuk menghambat perkembangan dari virus HIV ini.

Ilmuwan yang berasal dari Bristol Myers Squibb Pharmaceutical Research Institute melaporkan bahwa ada zat yang aktif untuk menghambat virus ini. Zat tersebut adalah zat nirusida. Kemudian penelitian terkain yang di lakukan di Jerman menerbitkan hasil studi pertama. Mereka menyebutkan bahwa manfaat daun meniran mampu berperan membantu terapi HIV, caranya adalah dengan menghambat sekitar 70% sampai dengan 75% virusnya.

14. Mengobati radang sendi

Meniran memang baik untuk di konsumsi oleh semua usia. Baik itu anak anak sampai dengan orang dewasa. Apalagi bagi para manula yang biasanya mengeluhkan penyakit sendi seperti radang sendi dan nyeri pada punggungnya. Cobalah untuk mengkonsumsi tanaman meniran. Sebab di dalamnya terdapat senyawa dibencylbutirolactone. Zat ini mampu berguna sebagai salah satu zat anti inflamasi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 19th, February 2016 / 09:01 Oleh :
Kategori : Herbal