Manfaat Daun Mengkudu

Advertisement

Manfaat daun mengkudu telah menjadi salah satu tanaman untuk mengobati keluhan berbagai permasalahan kesehatan. Sejak dahulu telah banyak orang yang menanam pohon mengkudu ini untuk diambil manfaatnya. Manfaat buah mengkudu telah populer sebagai obat untuk berbagai macam penyakit namun sebenarnya manfaat daun mengkudu tidak kalah hebat dari buahnya. Buah mengkudu memang memiliki karakteristik unik dengan bentuk buah yang terlihat tidak cantik dan baunya yang memang tidak enak namun tanaman ini menyimpan banyak manfaat, terlebih lagi pada bagian daunnya yang baik untuk perawatan kulit. Selengkapnya, diulas pada artikel ini.

Kandungan Daun Mengkudu Untuk Mengatasi Jerawat Batu

Siapa sangka bila tanaman mengkudu ternyata memberikan manfaat kesehatan dan juga kecantikan. Buah mengkudu sendiri dikenal sebagai tanaman alami yang mampu mencegah gejala kanker dengan melawan sel-sel abnormal yang berkembang dalam tubuh. Nah, yang lebih mengejutkannya lagi, ternyata daunnya mampu mengatasi jerawat batu membandel. Kandungan alami yang terdapat pada daun mengkudu ini sangat ampuh melawan kuman-kuman penyebab jerawat. Berikut ini diantaranya :

  • Colopetin mengatasi peradangan pada jerawat dan merupakan pencegahan terhadap alergi
  • Zat antibakteri daun mengkudu, melemah kuman penyebab jerawat.
  • Kandungan terpenoidnya memberikan pemulihan sel-sel kulit yang telah rusak karena jerawat
  • Peremajaan kulit yang terkena jerawat batu ini menggunakan kandungan zat terpenes daun mengkudu

Kombinasi kandungan baik ini memberikan penyembuhan dan sekaligus pemulihan kulit wajah tersebut.

Cara Menghilangkan Jerawat Batu Dengan Manfaat Daun Mengkudu

Penggunaan daun mengkudu untuk menghilangkan jerawat batu ini akan dibuat menjadi ramuan alami. Pembuatannya cukup mudah dipraktekan, berikut ini cara pembuatannya :

  1. Gunakan daun mengkudu yang berada dipucuk pohon kemudian cuci bersih
  2. Tumbuk halus daun dengan tambahkan manfaat minyak zaitun secukupnya dan sedikit garam
  3. Aduk rata bahan tersebut dan siapkan digunakan
  4. Sebelum digunakan, hilangkan nanah jerawat dengan memencet jerawat menggunakan jari tangan jangan menggunakan kuku.
  5. Besihkan muka dengan air hangat kemudian keringkan
  6. Bubuhkan ramuan pada jerawat yang telah dihilangkan nanahnya
  7. Tunggu beberapa saat agar ramuan meresap pada kulit
  8. Bersihkan muka setelah proses peresapan ramuan ke kulit selesei
Lakukan perawatan diatas secara rutin sampai bekas jerawat hilang dari wajah. Selamat mencoba…

Manfaat Daun Mengkudu Lainnya

Teh mengkudu merupakan obat herbal yang berasal dari noni, semak atau pohon kecil juga dikenal sebagai Great Morinda atau India Mulberry. Noni, asli Asia Tenggara, menghasilkan buah sepanjang tahun dan tumbuh di sepanjang pantai berbatu dan hutan. Teh noni menggunakan daun besar semak noni, serta buah, biji, akar dan kulit kayu, menurut CrazyforTea.com. Anda dapat menuai beberapa manfaat kesehatan dengan minum teh yang terbuat dari daun noni atau jus noni.

Pencegahan Kanker

Pencegahan kanker dapat dilakukan dengan meminum teh mengkudu, menurut Sunfoods.com. Senyawa yang ditemukan di dalamnya, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan kanker dengan merangsang sel-sel darah putih. Selain itu, senyawa yang disebut xeronine yang ditemukan dalam noni meningkatkan kesehatan struktur sel dan regenerasi. The American Cancer Society melaporkan bahwa tidak ada bukti ilmiah yang ada untuk mendukung klaim tersebut namun, beberapa studi penelitian menunjukkan korelasi antara senyawa dalam mengkudu, terhadap pembentukan tumor kanker.

Kesehatan kulit

Teh mengkudu dimana campuran daun dan buahnya dibuat, mengandung antioksidan, seperti selenium, yang meningkatkan elastisitas kulit dan mempromosikan kesehatan kulit. The National Institutes of Health Office of Dietary Supplements, menunjukkan bahwa selenium menggabungkan dengan protein dalam tubuh untuk membuat selenoproteins. Hal ini dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas pada sel-sel, termasuk sel-sel yang terkandung dalam kulit wajah. Namun memang belum ada bukti ilmiah secara langsung untuk membuktikan adanya khasiat mengkudu bagi kesehatan kulit.

Memperbaiki Pencernaan

Manfaat rebusan daun mengkudu termasuk untuk meningkatkan pencernaan, menurut Sunfoods.com. Organisasi Kesehatan Konsumen Kanada melaporkan bahwa ekstrak buah mengkudu memicu reseptor serotonin, senyawayang ditemukan dalam otak Anda dan lapisan saluran pencernaan. Serotonin mengatur pencernaan dan yang mengatur jalannya makanan yang dicerna dalam  butuh, sehingga hal ini bermanfaat untuk pengobatan gangguan pencernaan seperti diare, mual dan muntah, cacingan atau keracunan makanan.

 

 

Advertisement
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:36 Oleh :
Kategori : Tumbuhan
Cari Artikel Manfaat
Sponsored links