Manfaat Daun Jambu Biji

Manfaat daun jambu biji mungkin yang paling terkenal diantara berbagai macam tanaman dedaunan herbal lainnya. Banyak produsen pada bidang farmasi yang menggunakan ekstrak daun jambu biji untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Selain manfaat jambu biji yang dapat kita ambil dari pohonnya, daunnya juga sangat membantu berbagai masalah kesehatan, yang paling terkenal sebagai penyembuhan untuk diare. Daun jambu biji memang memiliki kandungan berbagai jenis senyawa yang memberikan manfaat untuk kesehatan tubuh.

Kandungan Gizi Bermanfaat Daun jambu Biji

Kandungan bermanfaat banyak terdapat pada ekstrak jambu biji, seperti flavonoid, polifenol, karoten dan tannin. Kandungan yang banyak ini sangat erat kaitan dengan keberadaan antioksidan seperti yang juga terdapat pada manfaat jambu biji ataupun manfaat apel. Jadi tidak heran kalau daun jambu biji menyehatkan badan dan dijadikan sebagai obat-obatan tradisional. Tanaman jambu biji juga penamannya sangat mudah untuk diurus, karena itu banyak kita dapat temui tanaman jambu biji menghiasi pekarangan rumah. Selain itu, pohonnya yang rindang sangat cocok dikala siang cuaca panas, dan akrnya juga baik untuk menahan air saat musim penghujan datang.

Manfaat Daun Jambu Biji Untuk Penyembuhan Berbagai Penyakit

Dengan memanfaatkan kandungan alami dari daun jambu biji, dapat dibuat resep pengobatan dengan daun jambu biji ini, diantaranya adalah :

  • Mengobati Diare
Kandungan zat tannin pada daun jambu biji sangat bermanfaat sebagai anti bakteri yang menyebabkan masalah pencernaan seperti diare atau disentri. Bahkan dengan daun jambu biji dengan dimakan begitu saja. Pilihlah daun jambu biji yang masih muda, dan berada di pucuk. Dapat direbus terlebih dahulu, kemudian diminum airnya. Dapat ditambahkan madu untuk mengurangi rasa sepatnya.
  • Untuk mengobati luka luar pada tubuh
Khasiat daun jambu biji dapat mengobati luka luar akibat benturan, sayatan ataupun lecet. Anti bakteri dapat mencegah infeksi yang terjadi, kandungan steroid mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka. Cukup dengan lumatkan saja daun jambu biji, dengan menumbuknya dan balurkan pada bagian kulit yang luka.
  • Mengobati Jerawat
Daun jambu biji yang masih muda dapat dimanfaatkan untuk obat jerawat alami seperti juga dengan manfaat minyak zaitun atau manfaat minyak almond. Ambil daun jambu biji muda bersihkan, kemudian tambahkan sedikit air. Remas-remas daun jambu bijisampai berbusa. Oleskan ramuan jambu biji ini pada wajah yang berjerawa dan tunggu sebentar. Bilas wajah dengan air sampai bersih.
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:42 Oleh :
Kategori : Tumbuhan