Sponsors Link

Manfaat Daun Alur untuk Tubuh

Sponsors Link

Saudea Maritima merupakan nama latin dari salah satu jenis tanaman yang masuk ke dalam bentuk rerumputan ini. Ya, daun alur merupakan salah satu jenis rerumputan yang tinggal atau hidup di daerah pesisir pantai. Daun alur ini sendiri pada dasarnya memiliki bentuk secara fisik yang mirip seperti tanaman rerumputan dan juga paku-pakuan. Dimana terdiri dari ruas-ruas daun, dan hidup diatas tanah seperti rumput dan tidak memiliki pohon.

ads

Daun alur merupakan jenis rerumputan alias dedaunan yang banyak ditemui pada pesisir pantai. Di Indonesia, daerah pesisir pantai, terutama pesisir pantai pulau Jawa juga cukup mengenal tanaman rerumpunan berwarna hijau ini. Daun alur sendiri ternyata memiliki beberapa manfaat, yang seringkali digunakan oleh masyarakat pesisir pantai untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Manfaat yang paling banyak diterapkan pada tanaman rerumputan daun alur ini adalah sebagai bahan konsumsi. Namun demikian cukup disayangkan, karena tanaman daun alur ini merupakan jenis tanaman yang hidup di daerah pesisir pantai. Maka cukup sulit untuk memperolehnya apabila tidak tinggal di lokasi yang berdekatan dengan pesisir pantai. Meski demikian, biasanya masyarakat dapat memperoleh daun alur ini pada penjual,yang tinggal di daerah pesisir pantai, dengan harga yang relatif terjangkau.

Kandungan pada Daun Alur

Sudah bukan rahasia umum apabila seluruh tumbuhan daun-daunan yang bisa dikonsumsi oleh manusia memiliki kandungan serat. Kandungan serat tinggi atau rendah memang tergantung dari jenis tanaman itu sendiri. Namun demikian, bisa dipastikan bahwa daun alur tentu saja juga memiliki manfaat serat. Meskipun demikian, memang belum ada penelitian ilmiah yang memastikan seberapa banyak kandungan serat yang ada pada daun alur.

Meskipun demikian, paling tidak dengan mengkonsumsi daun alur bisa membantu untuk mencukupi kebutuhan serat di dalam tubuh kita dalam satu hari. Serat memang merupakan salah satu elemen penting di dalam tubuh kita, karena mampu membantu kita dalam :

  1. Melancarkan pencernaan di dalam tubuh
  2. Mencegah terjadinya sembelit dan juga sulit buang air besar
  3. Menjaga metabolisme tubuh
  4. Membantu mencerna makanan menjadi lebih baik lagi
  5. Dapat menjaga berat badan di level optimal
  6. Membantu menyehatkan tubuh kita

Nah, itulah beberapa manfaat dari kandungna serat yang ada did alam tubuh kita. karena itu, kandungan serat sangatlah penting untuk tubuh kita, dan kita tidak boleh kekurangna serat untuk kebutuhan hidup kita sehari-hari. Tambahkan juga asupan serat harian dengan multivitamin, manfaat buah buahan dan manfaat sayur sayuran.

ads

Olahan Makanan dengan Bahan Daun Alur

Nah, seperti sudah disebutkan, daun alur ini memang sering dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai konsumsi alias untuk dimakan, baik untuk acara tertentu ataupun untuk kebutuhan makan sehari-hari. Salah satu jenis makanan yang menjadi konsumsi sehari-hari yang memanfaatkan daun alur ini sebagai makanan adalah jenis makanan bothk. Ya, botok merupakan salah satu masakan khas Jawa, dimana botok berisi dari beberapa campuran bahan, dan biasanya berisi tahu, tempe, ikan teri, daging atau semacamnya, lalu dikukus dengan menggunakan daun pisang, sehingga memunculkan rasa yang sangat nikmat dan lezat. Di daerah kepulauan Jawa, cukup terkenal olahan botok yang menggunakan bahan dasar daun alur, yang dikenal dengan nama botok alur.

Ternyata membuat botok dari daun alur ini sangatlah mudah loh. Sama seperti bagaimana kita membuat bothok pada umumnya, yaitu :

  • campur bumbu-bumbu yang sudah ada bersama dengan daun alur yang akan dimasak
  • lalu bungkus semuanya dengan daun pisang
  • Setelah dibungkus dengan daun pisang
  • lalu kemudian kukus bungkusan botok daun alur tersebut, lalu tunggu hingga matang
  • Setelah matang, sajikan bothok hangat-hangat, dengan tambahan nasi putih hangat dan juga menu tambahan lainnya

Dijamin, anda pasti akan ketagihan mencoba botok daun alur ini. Botok daun alur mudah anda temui pada daerah pesisir pulau Jawa dan perkotaan di pulau Jawa yang lokasinya berdekatan dengan pesisir laut Jawa.

Sayangnya, meskipun merupakan salah satu jenis daun atau rerumputan yang sering dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan makanan, terutama botok daun alur di daerah Jawa, namun demikian belum ada kajian ilmiah yang membuktikan khasiat dan juga manfaat dari daun alur bagi tubuh manusia. Khasiat dari daun alur bagi kesehatan pun masih belum banyak diteliti, karena memang daun alur merupakan jenis tanaman yang berbentuk rerumputan saja, sehingga kemungkinan juga memiliki khasiat yang tidak seberapa.

Namun demikian siapa tahu dengan perkembangan teknologi dan juga ilmu pengetahuan, nantinya bisa diungkapkan apa saja manfaat daun alur yang sering digunakan sebagai bahan konsumsi ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, February 2016 / 06:55 Oleh :
Kategori : Makanan