Manfaat Belimbing

Manfaat Belimbing begitu banyak digunakan menjadi bahan untuk mengolah makanan. Belimbing merupakan buah musiman yang tidak selalu ada setiap waktu, namun keberadaannya sudah banyak yang membudidayakan. Belimbing merupakan buah yang berasal dari wilayah negara dengan iklim tropis. Buahnya berwarna kekuningan bila sudah matang, dengan batang kecoklatan yang tidak terlalu besar. Buah dengan bentuk menyerupai bintang ini sangat digemari banyak orang karena rasanya sangat menyegarkan dan membuat ketagihan bagi yang mencicipinya. Di Indonesia sendiri, banyak sajian kuliner yang menggunakan belimbing sebagai bahannya. Selain itu, buah belimbing sangat baik bagi kesehatan.

Manfaat Belimbing dan Kandungannya

manfaat belimbimg pertama dari kandungannya yang melimpah adalah vitamin C, seperti yang terkandung pada manfaat jerukmanfaat lemon dan manfaat jambu biji. Vitamin A pada belimbng menghasilkan antioksidan yang baik bagi tubuh. Zat-zat pembangun lain, seperti mineral, folat, fiber(serat) sangat membantu metabolisme tubuh selalu terjaga. Karena seperti pada umunya tumbuh-tumbuhan alami sangat berguna bagi tubuh.

Manfaat Belimbing Bagi Kesehatan

Seperti kandungan baik yang sudah dijelaskan sebelumnya, belimbing mampu mencegah dan menangani berbagai permasalahan kesehatan. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi kita mengkonsumsi belimbing. Berikut merupakan manfaat belimbing bagi tubuh :

  1. Mengatasi Masalah Tekanan Darah Tinggi – Penyembuhan hipertensi banyak yang dilakukan dengan terapi belimbing. Ini dikarenakan kandungan kalium bimbing yang tinggi mampu menstabilkan tekanan darah dengan mengkonsumsinya secara rutin.
  2. Menbantu Proses Pencernaan – Belimbing memiliki kalori yang rendah sehingga memudahkan proses pencernaan. Kandungan serat pada belimbing membuat pencernaan lebih sehat dan menghindarkan dari resiko gejala kanker usus besar.
  3. Pencegahan Kanker – manfaat belimbing memberikan vitamin C yang merupakan  pencegahan terhadap serangan gejala kanker.
  4. Mengurangi kadar kolesterol jahat – Pada belimbing terdapat zat pektin yang mengurangi kolesterol dalam darah. Pektin mengikat kolesterol dan mengeluarkan asam empedu pada sekresinya. Tentu saja hal ini sangat baik bagi penderita gejala penyakit diabetes.
Berbagai manfaat belimbing dapat kita peroleh dengan mengkonsumsinya, namun tetap harus bijak dalam mengkonsumsinya. Karena belimbing terasa manis dengan kandungan glukosanya, tidak baik jika dikonsumsi berlebihan. Semoga bermanfaat..
Post Date: Monday 04th, August 2014 / 09:57 Oleh :
Kategori : Buah Buahan
Latest From Buah Buahan