Sponsors Link

7 Manfaat Asbes bagi Kehidupan Sehari – Hari

Sponsors Link

Siapa tak kenal asbes? Asbes atau yang juga sering dikenal dengan nama ilmiah asbestos merupakan salah satu jenis mineral yang saat ini sering digunakan dalam konstruksi bangunan dan juga beberapa bentuk konstrukssi dari kendaraan. Asbes sendiri saat ini penggunaanya sudah cukup jarang, dan sudah digantikan dengan konstruksi fiberglass.

Perbedaan mendasar dari asbes dan juga fiberglass adalah bahan pembuatan utamanya. Fiberglass terbuat dari serat-serat fiber yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menjadi bentuk yang diinginkan. Asbes juga dapat menjadi pondasi rumah sebagai atap yang cukup baik untuk melindungi dari sinar matahari dan panas. Manfaat pondasi rumah yang memang berfungsi untuk memperkokoh bangunan tentunya harus memiliki kualitas barang-barang pelengkap lainnya yang memiliki kualitas tinggi.

Akan tetapi, asbes saat ini sudah jarang sekali digunakan, karena penghirupan dari uap asbes itu sendiri dapat menyebabkan berbagai macam gangguan kesehatan. Berikut ini adalah beberapa gangguan kesehatan yang dapat muncul ketika anda menghirup uap dari asbes:

  • Gangguan pernapasan
  • Sesak nafaas
  • Batuk-batuk
  • Peradangan pada sistem pernapasan
  • Radang tenggorokan
  • Menyebabkan munculmya kanker

Karena dapat menyebabkan berbabagai macam gangguan kesehatan tersebut, mak apenggunaan asbes dibatasi, dan bahkan hampir sudah jarang digunakan.

Meskipun dinilai memilki banyak efek samping yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, amun demikian, ternyata asbes memiliki banyak sekali manfaat bagi manusia. Apa saja manfaat asbes? Berikut ini adalah beberapa manfaat asbes:

  1. Sebagai Atap Rumah

Manfaat pertama dari asbes adalah sebagai atap rumah. Atap rumah yang terbuat dari asbes dapat menjadi pengganti atap berbahan genting, dan bisa juga menjadi atap rumah yang memilki konstruksi yang ringan. Selain itu, asbes juga memiliki harga yang cenderung lebih murah dibandingkan harga genting, sehingga beberapa rumah yang memiliki konstruksi semi permanen seringkali memanfaatkan asbes sebagai bahan atap rumah.

Penggunaan asbes sebagai atap rumah ini dapat menggunakan triplek sebagai pemisah jarak antara ruangan dengan asbes, sehingga akan lebih nyaman. Manfaat triplek ini dapat memberikan pengendapan udara yang baik dalam ruangan sehingga tidak akan terlalu panas maupun terlalu dingin.

  1. Konstruksi Bangunan Semi Permanen

Selain dimanfaatkan sebagai atap rumah, asbes juga seringkali dimanfaatkan sebagai tembok pada rumah semi permanen. Penggunaan konstruksi rumah semi permanen dengan menggunakan asbes dinilai lebih baik dibantingkan dengan menggunakan dinding dan juga konstruksi dari kayu ataupun bambu yang mudah lapuk.

Selain itu, harga kayu dan juga bambu cenderung lebih mahal untuk penggunaan konstruksi rumah yang semi permanen. Namun dapat juga menggunakan bahan konstruksi lainnya seperti gipsum, manfaat gipsum yang bisa digunakan sebagai dinding yang semi permanen ini akan membantu membagi ruangan dengan lebih kokoh.

  1. Bahan Campuran pada Bahan Bangunan

Pada bahan bangunan sendiri, asbes seringkali menjadi bahan campuran untuk pembuatan suatu bangunan. Asbes menjadi campuran pada bahan-bahan bangunan, terutama bahan bangunan yang terbuat dari plastic, yang paling sering dimanfaatkan sebagai atap rumah.

Selain menggunakan bahan permanen dalam membangun sebuah bangunan, menggunakan bahan bangunan paduan dengan kayu juga bukanlah hal yang buruk. Untuk menyanggah asbes ini dapat juga menggunakan kayu jati. Manfaat kayu jati dalam hal bangunan ini sudah bukan hal yang asing lagi, selain itu kualitas dari kayu jati ini cukup bagus dan akan awet tahan lama.

  1. Bahan Campuran pada Bodi Kendaraan

Dalam dunia otomotif, penggunaan asbes saat ini sudah tergantukan oleh fiberglass dan juga carbon fiber. Namun demikian, sebelum penggunaan fiberglass marak digunakan, asbes terlebih dahulu sudah menjadi bahan utama pembuatan bodi pada kendaraan bemotor.

sponsored links

Body pada sepeda motor, dan juga beberapa bagian kecil dari mobil, seperti bemper, fender, dan bagian lainnya dibuat dengan memanfaatkan penggunaan asbes. Penggunaan asbes ditujukan untuk memperkecil biaya produksi, dengan menambahkan bahan-bahan plastic, yang mudah dicat, salah satunya adalah asbes. 

  1. Untuk Menghalangi Sinar Matahari

Penggunaan asbes saat ini juga sering kali dimanfaatkan untuk menghalangi sinar matahari. Terkadang asbes ditempatkan pada kolam-kolam ikan, atau pada pekarangan rumah agar sinar matahari yang terik tidak terlalu menyinari kolam ikan atau pekarangan rumah. Sinar matahari yang terlalu terik dapat menyebabkan berbagai macam gangguan dan juga masalah, terlebih dalam kesehatan.

Karena itu perlu dilakukan pengurangan dengan cara menghalanginya dengan menggunakan bahan asbes bening. Hal ini akan lebih menambahkan suasana yang baik untuk ruangan, pada saat siang hari akan lebih menghemat energi dan baik untuk sirkulasi udara. Ini juga merupakan salah satu manfaat plafon rumah dalam hal pemilihan bahan bangunan yang tepat.

  1. Untuk Bahan Penutup Suatu Wadah atau Kolam

Bagi anda yang mungkin suka berternak ikan, mungkin ada yang sudah sering melakukan hal ini. Asbes seringkali dimanfaatkan untuk menutupi kolam ikan, selain untuk mencegah masuknya sinar matahari yang berlebih, penggunaan asbes sebagai tutup ini juga ditujukan agar tidak ada ikan yang meloncat keluar.

Terlebih untuk ikan hias yang harus dijaga dari segi kondisi kolam yang aman. Meski tak banyak orang yang tau mengenai manfaat ikan hias, namun dengan memelihara ikan hias di aquarium maupun di kolam akan dapat mengurangi stres yang dialami. Terlebih ikan hias mas koki yang lebih cocok dalam wadah kolam yang besar.

  1. Atap Garasi

Asbes juga seringkali dimanfaatkan sebagai penggunaan pada garasi. Bahan asbes yang cenderung lebih ringan dibandingkan dengan genting dapat menjadi pilihan utama untuk pembuatan atap garasi. Untuk membuat garasi ini akan lebih baik bila garasi terdapat jendela maupun pintu dengan model layaknya jendela, karena akan memberikan sirkulasi udara yang baik. Manfaat jendela ini akan lebih cocok digunakan bersama pada asbes jenis soft dengan penyerapan udara panas yang baik, sehingga garasi tidak akan merasa pengap.

Itulah beberapa manfaat dari asbes. Semoga artikel mengenai manfaat asbes ini dapat berguna bagi anda semua dan juga dapat menambah wawasan anda. terima kasih.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 26th, September 2015 / 05:33 Oleh :
Kategori : Sosial