Sponsors Link
     Sponsors Link

16 Manfaat Lobak Putih Bagi Kesehatan dan Kandungan Gizinya

Sponsors Link

Lobak merupakan satu jenis sayur yang dimanfaat bagian umbinya. Jenis lobak ini beragam, khusus jenis lobak menurut warna, lobak ada yang berwarna putih, lobak merah bahkan ada lobak berwarna ungu. Namun disini kita akan memfokuskan terlebih dahulu pada berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan dari si lobak putih ini.

lobak putih

Kandungan Gizi Lobak Putih

Berikut daftar kandungan gizi yang terdapat di dalam lobak putih:

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B2
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Minyak Atsiri
  • Beta Carotene
  • Niasin
  • Mangan
  • Kolin
  • Asam Folic
  • Kalsium
  • Zat besi
  • Fosfor
  • Asam oksalat
  • Serat kasar

Lobak putih memiliki kulit berwarna putih dengan daging berwarna putih pula. Lobak dapat dimakan dalam keadaan mentah atau bisa juga dijadikan sebagai bahan sup.

Satu tip yang mungkin bisa anda coba di rumah jika anda ingin menu dengan bahan lobak, anda bisa merendam lobak terlebih dahulu di dalam air es sehingga pada saat dimasak atau dijadikan salad, kerenyahan lobak masih bisa anda rasakan.

Untuk mengetahui beberapa manfaat lobak, mari simak ulasan di bawah ini:

#1 Manfaat lobak efektif mengobati jamur

Lobak diketahui bisa membunuh pertumbuhan jamur yang tidak terkendali di dalam tubuh. Dengan adanya enzim – enzim seperti enzim diastase, amylase, mirosinase serta enzim esterases dapat berguna untuk membunuh jamur – jamur yang pertumbuhannya berlebihan. Selain untuk membunuh jamur pada tubuh, enzim – enzim tersebut juga memiliki manfaat untuk melenyapkan zat – zat berbahaya, virus – virus, dan juga parasite – parasite yang ada di dalam tubuh kita secara efektif.

#2 Menyembuhkan batu ginjal

Mengkonsumsi lobak secara teratur dapat menjadi alternative pengobatan untuk menghilangkan penyakit batu ginjal. Lobak yang dibuat jus lebih efektif dalam mengobati dan menghilangkan batu ginjal dibandingkan jika lobak dikonsumsi dalam bentuk yang lain. Di samping dapat menghilangkan batu ginjal, jus lobak juga berguna dalam pencegahan pembentukan batu ginjal kembali.

Penelitian membuktikan bahwa lobak adalah salah satu obat yang paling manjur yang berguna untuk mengobati gangguan – gangguan pada ginjal yang terjadi akibat terbentuknya batu ginjal. Bagi anda yang menderita batu ginjal, disarankan untuk meminum setengah gelas jus lobak segar setiap harinya. Meminum jus lobak segar di pagi hari dilakukan sebelum anda sarapan akan membantu melarutkan batu yang terbentuk pada ginjal dan mendorongnya keluar lewat air seni.

Kandungan gizi yang baik untuk batu ginjal

Sebagai informasi, lobak putih ini sangat kaya akan potassium yang berguna untuk mengurangi keluarnya kalsium di dalam urin yang dapat membentuk batu ginjal. Sehingga, megkonsumsi makanan dengan kadar potassium tinggi seperti lobak putih ini akan dapat menurunkan resiko terkena penyakit ginjal. Zat-zat yang bersifat diuretic yang sudah disebutkan tadi tidak hanya akan membantu membersihkan bagian ginjal anda tetapi juga menyeluruh pada bagian kandung kemih maka selanjutnya konsumsi lobak putih akan meningkatkan kesehatan tubuh anda secara menyeluruh.

#3 Kulit anda kering dan berjerawat? Yuk banyak – banyak mengkonsumsi lobak putih

Kegunaan atau manfaat lobak putih dalam menghilangkan masalah – masalah kulit sebenarnya sudah cukup dikenal masayarakat. Kandungan seperti vitamin C, vitamin B complex, fosfor dan zinc pada lobak putih sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit anda. Kandungan air yang cukup banyak di dalam lobak putih juga akan membuat kulit menjadi lebih lembab dan sehat. Jika lobak putih dijus atau dihaluskan, davit berguna sebagai pembersih alami untuk wajah anda.

Unsur – unsur yang bersifat desinfektan pada lobak putih inilah yang memiliki manfaat untuk menghilangkan berbagai masalah yang dapat terjadi pada kulit kita seperi masalah kulit kering, gatal pada kulit, ruam kulit, infeksi dan juga masalah kulit seperti kulit tergores.

Cara Penggunaan :

Jika anda memiliki jerawat pada wajah anda, menggunakan lobak putih sebagai masker wajah juga akan dapat mengempiskan jerawat dengan cepat. Sedangkan pemanfaatan lobak putih dengan cara mengkonsumsinya akan membantu mendetoksifikasi tubuh anda serta membantu mencegah jerawat agar tidak datang kembali. Lobak putih juga memiliki antioksidan yang akan mencegah tubuh dari zat –zat karsinogenik dan melindungi tubuh dari sinar UV yang dipancarkan oleh matahari.

#4 Rambut berketombe? Lobak putih solusinya

Permasalahan rambut seperti rambut rontok, rambut berketombe atau rambut berminyak banyak menghinggapi siapa saja. Salah satu cara yang sudah terbukti ampuh untuk menghilangkan permasalahan rambut tersebut dapat dengan cara menggunakan lobak putih sebagai masker rambut. Kandungan di dalam lobak putih ini dipercaya dapat mencegah keluarnya sebum secara berlebihan sehingga produksi minyak pada rambut dapat berkurang.

Cara Penggunaan :

Menggunakan lobak putih dengan dihaluskan atau dijus lalu diaplikasikan pada rambut adalah cara terbaik untuk mengatasi masalah rambut menggunakan lobak putih. Jangan lupa untuk melakukan pemijatan secara pelan agar kandungan yang terdapat dalam lobak bisa bekerja mengatasi masalah rambut secara maksimal. Untuk mengatasi ketombe, gunakan masker lobak putih pada rambut di malam hari, biarkan, dan dibilas di pagi hari.

Menggunakan jus lobat pada rambut secara teratur dan dalam jangka waktu lama juga akan berdampak sangat baik pada rambut anda. Contohnya, rambut akan terhindar dari kerontokan dan rambut anda pun akan tampil lebih berkilau.

Satu hal yang penting untuk diketahui dari lobak putih adalah lobak putih memiliki bau yang jika digunakan sebagai masker rambut mungkin akan sangat menggangu indera penciuman anda. Tetapi anda tidak perlu khawatir, semuanya akan terbayar dengan permasalahan – permasalahan rambut anda yang akan dapat teratasi secara maksimal oleh si lobak putih.

#5 Menyembuhkan Liver yang bermasalah

Beberapa penelitian menunjukan bahwa lobak putih membantu penyembuhan masalah yang terjadi pada liver. Lobak putih dapat membantu menjaga kenormalan fungsi dari liver. Kandungan di dalam lobak putih dapat mendetoksifikasi liver dan juga bermanfaat mengatur empedu dan bilirubin. Lobak putih bisa membantu pelepasan enzim – enzim yang nantinya akan membantu mencegah liver dari serangan infeksi yang mungkin terjadi serta membantu mengobati luka ataupun bengkak yang terdapat pada liver.

#6 Lobak Putih Mengobati penyakit kuning

Bagi yang menderita penyakit kuning, lobak putih bisa bemanfaat untuk mengobati penyakit kuning. Kandungan di dam lobak putih akan menlenyapkan produksi bilirubin yang berlebihan. Penyakit kuning yang akan menyerang produksi sel-sel darah merah dalam tubuh dan lobak putih dapat memperbaiki ketidaknormalan ini dengan oksigen yang dibawa oleh zat – zat yang terdapat di dalam lobak putih. Selain umbinya, daun juga dapat digunakan sebagai obat penyakit kuning ini.

#7 Manfaat Lobak Putih Untuk Ambeien

Ambeien merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu. Lobak putih bisa menjadi alternative pengobatan untuk menyembuhkan ambeien. Di dalam lobak putih, mengandung banyak zat yang bersifat tidak mudah dicerna. Zat – zat ini akan memfasilitasi sistem pencernaan dan menahan air serta mengobati sembelit. Penyakit ambeien seperti diketahui faktor penyebab utamanya adalah sembelit. Jika sembelit sudah teratasi, ambeien akan mereda dan selanjutnya bisa sembuh.

Lobak putih dapat menjadi detoksifikasi yang sangat baik. Hal ini sangat baik guna membantu proses pencernaan dan pengeluaran tubuh kita. Jika anda menderita penyakit ambeien, minumlah jus lobak putih dua kali dalam satu hari agar ambeien dapat reda dengan segera dan pencernaan pun menjadi lancar.

#8 Membantu pengobatan Kanker

Lobak putih ternyata juga bisa membantu pengobatan pada penyakit kanker. Vitamin C, asam folic, dan anthocyanins akan mendetoksifikasi radikal – radikal bebas dan membantu efektifitas berbagai treatment dalam upaya penyembuhan kanker. Kanker – kanker seperti kanker usus, kanker perut dan kanker ginjal dapat dapat diredakan dengan konsumsi jus lobak putih.

#9 Membantu Menurunkan berat badan

Memiliki berat badan berlebihan tentu sangat menggangu bagi beberapa orang. Selain mengganggu penampila, berat badan yang berlebihan juga akan berdampak buruk bagi kesehatan. Sudah terbukti jika berat badan menjadi faktor penyebab banyak penyakit seperti jantung dan stroke.

Memakan lobak membuat kita cepat kenyang dan ini akan membuat kita mengurangi jumlah asupan makanan yang masuk. Sehingga secara tidak langsung akan membantu kita mengontrol berat badan. Lobak akan mengurangi rasa lapar namun tanpa memberikan anda asupan kalori yang berlebihan. Lobak juga rendah kandungan karbohidratnya dan banyak dalam kandungan airnya. Jadi, jika anda dalam program pengurusan badan, perbanyak makan lobak putih ya.

Baik Untuk Menurunkan berat badan lainnya :

#10 Meredakan masalah buang air kecil

sponsored links

Lobak putih yang secara alamiah mengandung banyak air akan membantu memperbanyak produksi air seni kita. Jika kita sedang mengalami  masalah buang air kecil, lobak putih dapat berfungsi sebagai obat alami untuk menyembuhkan masalah buang air kecil tersebut. Di samping itu, lobak juga akan membantu menyembuhkan peradangan dan perasaan sakit yang mungkin dialami ketika buang air kecil. Lobak putih juga akan membantu membersihkan ginjal dan organ – organ lainnya yang berkaitan dengan sistem pengeluaran khususnya urin.

#11 Menyembuhkan Leukoderma

Zat – zat yang bersifat mendetoksifikasi dan anti karsinogenik di dalam lobak putih akan membantu penyembuhan leukoderma. Dalam hal ini, biji lobak lah yang dapat sangat berguna dalam pengobatan leukoderma. Biji lobak terlebih dahulu harus dihaluskan lalu dicampur dengan cuka dan digunakan pada bagian kulit yang berwarna putih.

Menggunakan lobak putih sebagai obat leukoderma juga bisa dengan cara dikonsumsi. Leukoderma akan disembuhkan dari dalam dengan proses detoksifikasi yang dapat dilakukan oleh kandungan di dalam lobak putih.

#12 Menyembuhkan demam

Lobak putih dapat digunakan untuk meredakan demam. Lobak putih bisa menurunkan suhu tubuh serta menyembuhkan peradangan yang menjadi penyebab demam. Memanfaatkan lobak putih untuk mengobati demam ini bisa dengan dijus lalu dicampurkan garam secukupnya dan diminum.

Baik untuk demam :

#13 Menyembuhkan gigitan serangga

Zat – zat yang bersifat pruritis yang terkandung di dalam lobak putih akan sangat bermanfaat untuk menyembuhkan gigitan serangga seperti sengatan lebah atau tawon. Di sini, lobak akan membantu meredakan rasa sakit dan demam yang terjadi akibat gigitan serangga tersebut.

#14 Membantu memulihkan kesehatan sistem pernafasan

Lobak akan membantu anda menghilangkan penyumbatan yang terjadi pada hidung, tenggorokan hingga paru – paru. Di dalam lobak putih terdapat banyak kandungan vitamin dan juga zat desinfektan yang akan melindungi sistem pernafasan dari infeksi yang mungkin menyerang.

#15 Mengobati eksim

Bagi anda yang menderita penyakit eksim, menggunakan lobak putih akan sangat efektif untuk mengobati penyakit eksim. Caranya, anda dapat menghaluskan lobak putih dengan dicampur sari jahe untuk memberi rasa.

#16 Penawar Racun

Manfaat lobak putih untuk menawarkan racun sudah tidak diragukan khasiatnya. Dulu lobak ini digunakan untuk penawar racun bagi yang overdosis obat-obatan. Efek yang akan ditimbulkan adalah memuntahkan obat yang masuk di dalam tubuh sehingga tidak berdampak kronis.

Manfaat lobak putih bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi, sayuran ini sangat baik dikonsumsi untuk diet dan menjaga tubuh agar stamina tetap fit sepanjang hari.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 23rd, February 2015 / 14:02 Oleh :
Kategori : Sayuran