32+ Manfaat Apel Hijau Bagi Kesehatan (#Teruji)

Manfaat apel hijau sebenarnya sangat ampuh bagi anda yang sedang diet, ingin menyehatkan mata dan menyehatkan tubuh. Buah Apel menjadi salah satu buah yang mudah ditemukan dan digemari oleh banyak orang. Buah Apel bukanlah buah musiman yang hanya tumbuh di beberapa waktu saja. Ada banyak jenis buah Apel salah satunya adalah buah Apel yang berwarna hijau atau biasa disebut ‘Apel Malang’. Sebutan ini datang karena buah Apel Hijau banyak tumbuh di kota Malang. Perbedaan antara buah Apel Merah dan Hijau adalah terletak pada rasa, warna, dan bentuk. Apel Hijau memiliki rasa yang lebih kecut, kulitnya berwarna hijau, dan bentuknya lebih bulat.

Kandungan Nutrisi Apel Hijau

Sama seperti buah lainnya, buah Apel Hijau memiliki kandungan nutrisi di mana menimbulkan manfaat – manfaat yang tidak sedikit. Baik untuk segi kesehatan maupun manfaat lainnya. Apel Hijau mengandung Vitamin B1, B2, B6, C, E, dan K. Buah yang sering dimasak menjadi keripik ini juga mengandung Panthotenic Acid dan Folate. Inilah fakta dan manfaat Apel Hijau dalam untuk kesehatan:

Manfaat Apel Hijau

apel hijauManfaat apel hijau sangat ampuh untuk berbagai masalah kesehatan, seperti menyehatkan mata, diet, sumber energi, dan mencegah berbagai penyakit berbahaya dengan kandungan antioksidannya.

1. Apel Hijau Dapat Menyehatkan mata

Kandungan Vitamin A dalam Apel Hijau memiliki jumlah yang cukup atau tidak kurang dan juga tidak lebih. Kandungan Vitamin A ini membuat mata menjadi lebih sehat. Vitamin A sendiri memang tidak boleh terlalu banyak karena dapat membuat sel – sel pada tulang kita terpecah. Dan hal ini akan menganggung kerja Vitamin D yang kita konsumsi.

2. Apel Hijau Memberi energi yang cukup

Aktivitas yang padat tentu membuat kita harus selalu menyiapkan energi maksimal setiap harinya. Apel Hijau juga memberi energi yang cukup untuk kita beraktivitas. Kandungan Vitamin B1 dalam Apel Hijau membantu merubah asupan karbohidrat yang kita konsumsi menjadi energi.

3. Apel Hijau Sebagai antioksidan dan menangkal radikal bebas

Manfaat Apel Hijau tidak hanya itu, buah ini juga memberi antioksidan dan menangkal tumbuhnya radikal bebas terhadap tubuh kita. Hal ini karena adanya Folate dan Vitamin B2. Sehingga penyakit – penyakit berbahaya juga ikut menjauh. Penyakit – penyakit berbahaya tersebut adalah kanker, serangan jantung, dan tumor.

4. Apel Hijau Kaya akan asupan air

Apel Hijau memiliki asupan air yang banyak ditambah lagi dengan Vitamin B6 yang mengalir pada mineral dalam apel ini. Adanya asupan mineral dalam tubuh membuat mineral tersebut kuat untuk menyaring kolesterol. Seperti yang kita tahu, kolesterol jahat dalam tubuh dapat meningkatkan resiko Stroke.

5. Apel Hijau Dapat Memperbaiki jaringan tubuh

Vitamin C di dalam Apel Hijau berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Salah satunya bagian sel – sel kulit di mana mudah sekali dapat menjadi rusak karena pola hidup juga keadaan lingkuan. Ditambah dengan kandungan Vitamin E, makan akan mempercantik kulit kita. Ini dapat menjadi tambahan bagi para wanita yang bingung bagaimana caranya merawat kulit agar tetap lembut sepanjang waktu.

6. Apel Hijau untuk mencegah pendarahan

Manfaat dari Apel Hijau yang lain adalah menghindari pendarahan dalam tubuh kita. Pendarahan memang menjadi masalah yang serius bila terjadi di dalam tubuh kita. Vitamin K dalam Apel Hijau lah yang akan membantu terhindar dari pendarahan tersebut. Tidak sedikit pendarahan dalam tubuh yang menyebabkan penyakit serius dan menghilangkan nyawa.

7. Apel Hijau Melancarkan pencernaan

Apel Hijau menjadi salah satu buah yang mengandung serat yang tinggi. Hal ini berdampak pada proses pencernaan dalam tubuh yang baik dan lancar. Atau bisa dikatakan dapat menjadi obat bagi yang mengalami sembelit. Konsumsilah secara rutin.

8. Apel Hijau Membuat rambut sehat

Dengan adanya asupan mineral yang cukup dan juga kandungan Vitamin C dan E, maka mengkonsumsi buah Apel Hijau juga dapat memberi manfaat pada kesehatan rambut di mana raambut akan lembut dan terhindar dari ketombe.

Baik untuk rambut :

9. Apel Hijau Efektif Menyehatkan gigi

Mengunyah buah Apel Hijau akan membuat gigi menjadi lebih kuat dan sehat. Hal ini karena gigi menjadi terlatih dan dengan didukung adanya kandungan Vitamin K di mana menjadi Vitamin yang menguatkan gigi.

10. Apel Hijau Menghindari penyakit Alzhaimer

Penyakit Alzhaimer menjadi penyakit yang menyeramkan karena efek jangka panjangnya yang buruk bahkan dapatt membuat seseorang kehilangan nyawa akibat pikun. Buah Apel Hijau dapat menghindari penyakit ini karena nutrisinya yang banyak.

11. Apel Hijau Mencegah Parkinson

Karena kaya akan antioksidan, mengkonsumsi Apel Hijau juga memberi manfaat agar kita terhindari dari penyakit yang bernama Parkinson.

Penting untuk mencegah parkinson :

12. Apel Hijau Ampuh Mencegah Diabetes

Diabetes menjadi masalah yang sering mendatangi sebagian orang apa lagi penyakit ini dapat turun temurun. Apel Hijau juga memberi dampak positif terhadap penyakit ini karena Vitamin B1 di dalamnya akan membantu kita. Tetapi tentu didukung dengan pola hidup juga.

13. Apel Hijau Untuk Diet dan Makanan Alternatif

Buah Apel memang dapat menjadi makanan pengganti seperti penggaanti menu makan sore ataupun malam. Hal ini cocok sekali bagi anda yang ingin menurutkan berat badan. Manfaat apel salah satunya adalah untuk memberikan efek kenyang yang dapat memberikan anda tubuh ideal.

Penting untuk diet :

Selain manfaat di atas, ada berbagai khasiat apel hijau yang waijb kita cermati, dan sangat bermanfaat untuk kesehatan diantaranya dapat diperoleh dari kandungan gizi yang tinggi seperti vitamin C dan potasiumnya.

  • Menjadi obat pencegah penyakit dan melawan sel kanker.
  • Memperbaiki jaringan sel kulit.
  • Meningkatkan mood.
  • Mencegah naiknya tekanan darah.
  • Meningkatkan kesehatan mata
  • Menurunkan resiko terjadinya serangan jantung.
  • Mengurangi komplikasi pilek.
  • Mencegah stroke.
  • Mencegah penyakit jantung
  • Mencegah degenerasi makula
  • Mengurangi risiko kanker
  • dan mengurangi risiko penyakit kardio lainnya.
  • Dapat meningkatkan metabolisme karbohidrat di dalam tubuh
  • Meningkatkan massa otot
  • Menyehatkan otot jantung

Di Indonesia sendiri tidak sulit untuk mendapatkan buah Apel Hijau yang memang ditanam di Indonesia atau Apel Malang. Harganya juga masih bisa dikatakan ekonomis. Tetapi tidak sedikit yang mengaku kurang tertarik dengan Apel Hijau karena rasanya yang lebih kecut. Namun manfaat dari buah ini dapat menjadi penilaian ulang anda untuk mengkonsumsinya secara rutin maupun tidak. Selain menjadi keripik, Apel Hijau juga dapat dijadikan jus, selai, dan dodol. Sehingga kita tidak akan bosan menyantap buah ini.

Efek dari memakan buah ini selama ini tidak ada. Hanya saja tergantung pada kondisi kesehatan seseorang. Karena mengandung Vitamin C yang berlimpah, mengkonsumsi Apel Hijau dalam jumlah banyak bisa saja dapat membuat Diare karena perut tidak kuat menerimanya, overall manfaat apel hijau sangat baik untuk kesehatan.

,
Post Date: Friday 13th, February 2015 / 07:27 Oleh :
Kategori : Buah Buahan