7 Manfaat Umbi Binahong Untuk Kesehatan

Tanaman binahong adalah salah satu tanaman populer yang sering  dipakai untuk pengobatan herbal. Tanaman yang tumbuh secara merambat ini memiliki kandungan utama saponin, yang mana menjadi salah satu zat yang sering dimanfaatkan dalam pembuatan obat. Di samping saponin, tanaman binahong ini juga mengandung zat lain yang bermanfaat untuk kesehatan yaitu seperti asam oleonolik, alkaloid, minyak atsiri dan polifenol.

Berbagai kandungan tersebut tidak hanya bisa diperoleh dari manfaat daun binahong, namun juga bisa diperoleh dari bagian lain tanaman yaitu biji binahong, batang binahong juga umbi binahong. Pada artikel kali ini akan diuraikan mengenai apa saja manfaat umbi binahong untuk kesehatangn tubuh, seperti berikut ini:

  • Banyaknya kandungan di dalam umbi binahong yang menyehatkan tentunya bisa menjaga kesehatan tubuh agar senantiasa bugar dengan meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga tubuh tidak akan mudah terserang penyakit.
  • Bisul tidak hanya mengganggu namun juga menyakitkan apalagi jika terletak di bokong, sehingga untuk mengatasinya seperti halnya dengan manfaat jamu bersih darah untuk kulit ramuan yang dibuat dari umbi binahong juga bisa membantu menyembuhkan bisul secara alami.
  • Salah satu penyakit yang mudah penularannya adalah tifus, yang biasanya disebabkan karena mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri. Untuk menyembuhkan penyakit tifus apalagi baru muncul gejalanya, umbi binahong bisa dimanfaatkan karena bisa meningkatkan imun tubuh dan mencegah keparahan penyakitnya.
  • Seperti halnya dengan manfaat daun kersen untuk stroke tanpa efek samping, umbi binahong juga bisa berfungsi untuk mencegah seseorang terserang stroke. Jika mengalami gejala stroke seperti sakit kepala secara tiba-tiba, mudah capek, penglihatan memburan dan lain sebagainya bisa mengkonsumsi ramuan umbi binahong untuk mencegah gejala bertambah parah.
  • Manfaat umbi binahong lainnya dengan dibuat ramuan adalah dapat membantu dalam mengatasi penyakit disentri yang mana kekebalan tubuh penderitanya sangat lemah. Di mana penyakit disentri adalah radang usus yang disebabkan karena infeksi bakteri yang penderitanya akan mengalami diare parah disertai lendir maupun darah.
  • Khasiat dari umbi binahong juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat, seperti manfaat tomat untuk menurunkan asam urat. Dengan mengkonsumsi rutin, kadar asam urat dalam tubuh bisa menurun tanpa harus mengkonsumsi obat kimia.
  • Kandungan di dalam ramuan umbi binahong juga dapat membantu menyembuhkan sakit pinggang dan sakit persendian secara alami, sehingga apabila tubuh lelah dan pegal setelah beraktivitas ramuan binahong bisa dikonsumsi untuk mengatasinya.

Untuk memperoleh berbagai macam manfaat binahong untuk obat berbagai penyakit di atas dengan menggunakan umbinya, umbi binahong perlu diolah sebagai ramuan herbal. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah pembuatan ramuan herbal tradisional dari umbi binahong, yaitu:

  • Persiapkan umbi atau rimpang binahong secukupnya, lalu cuci hingga bersih.
  • Selanjutnya umbi binahong direbus sampai mendidih, kemudian biarkan dingin.
  • Konsumsi ramuan ini 2-3 kali dalam sehari untuk mengatasi masalah kesehatan.
  • Ramuan umbi binahong bisa ditambahkan madu atau kuning telur sebelum diminum.

Meskipun ramuan umbi binahong bersifat alami, sebaiknya ramuan dikonsumsi sesuai anjuran saja dan jangan berlebihan. Karena sealami dan sebaik apapun bahan yang digunakan untuk obat, bisa menjadi membahayakan jika dikonsumsi sembarangan dan berlebihan dalam waktu lama. Demikian informasi mengenai berbagai macam manfaat umbi binahong untuk kesehatan tubuh beserta cara meracik ramuan umbi binahong yang benar. Semoga bermanfaat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal