4 Manfaat Udang Untuk Ikan Louhan

Manfaat udang untuk ikan louhan salah satunya ialah sebagai salah satu pakan alami. Terdapat dua jenis pakan untuk ikan louhan yakni pakan alami dan pakan buatan. Pakan alami meliputi cacing darah, cacing sutera, cacing tanah, kutu air, jentik nyamuk, artemia dan udang sedangkan pakan buatan adalah pelet. Ikan Louhan sering dianggap sebagai ikan pembawa keberuntungan yang juga memiliki nama flowerhorn merupakan ikan yang cukup banyak peminatnya. Sebagian orang memelihara ikan louhan dari kecil. ikan louhan memiliki habitat asli di malaysia dan taiwan tapi kini sejalan dengan peminatnya yang banyak, ikan louhan tersebar di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Ikan louhan memiliki warna sisik dan bentuk yang menggemaskan. Tak hanya sebagai peliharaan dan menyalurkan hobi, memelihara ikan louhan juga bisa dijadikan sebagai ajang bisnis guna memperoleh pendapatan, dengan berbagai resiko yang terjadi mengembangkan bisnis ikan louhan harus sabar dan telaten menghadapi berbagai perubahan minat pasar. Berbeda dengan manfaat lobster air tawar kekonsistenan dibutuhkan guna meningkatkan pasar pemeliharaan ikan louhan.

Terdapat beberapa jenis ikan louhan diantaranya ialah louhan golden base, Louhan Kemalau, Louhan Cencu, louhan Super Red Dragon, Louhan Super Red Texas (SRT), Louhan Rainbow King, Super Red Synspillum, Louhan storm. Lain hal dengan manfaat makan sahur dengan kurma, hingga saat ini jenis ikan louhan golden red memiliki rekor termahalsebagai jenis ikan louhan air tawar dimana harganya bisa mencapai Rp 900.000.000, ikan ini juga sering disebut  louhan golden trimaculatus yang memiliki warna perpaduan antara kuning dan merah. Berbeda dengan manfaat daun sirsak untuk kesehatan rambut dan kulit mutasi perlu dilakukan guna mendapatkan warna yang cantik sehingga mutasi ikan louhan dimana perpaduan antara warna kuning dan merah inilah yang menjadi daya tarik dan membuat ikan ini banyak diminati karena keindahan tubuhnya.

Usaha guna mendapatkan ikan louhan dengan bentuk yang sempurna sering dilakukan oleh pemeliharanya. Kriteria nya ialah agar kepala ikan louhan menjadi jenong dan sisiknya berwarna merah. Berbagai manfaat udang yang dijadikan sebagai pakan ikan louhan diantaranya adalah sebagai berikut:

1.  Menghasilkan Louhan dengan Warna yang Cantik

Salah satu makanan bagi louhan adalah udang. Berbeda dengan manfaat daun nangka kuning kandungan bergizi pada udang mampu membuat warna ikan louhan menjadi lebih cerah dan menarik. Meskipun tak jarang udang dijadikan sebagai makanan pendamping selain pelet dan cacing.

2. Meningkatkan Proses Pertumbuhan Ikan Louhan

Kualitas ikan louhan dapat dilihat dari ukuran tubuh dan jenong di kepalanya, semakin ukuran jenong besar maka kualitas semakin baik dan tentunya harga ikan louhan juga akan tinggi. Untuk membentuk kepala ikan agar jenong bukan perkara mudah. Kualitas pakan juga sangat mempengaruhi. Semakin baik kualitas nya maka pertumbuhan dan perkembangan ikan louhan juga akan semakin baik.  Protein sangat dibutuhkan untuk meningkatkan proses pertumbuhan ikan louhan. Kandungan protein pada udang bisa dibilang lengkap serta proteinnya mudah untuk dicerna.

3. Membantu membentuk Jenong di Kepala Ikan Louhan

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa jenongnya kepala ikan louhan akan meningkatkan harga jualnya, Udang merupakan salah satu pakan yang dapat membantu mempercantik dan membentuk jenong pada kepala ikan.


4. Memunculkan Warna Merah Cerah pada Louhan

Berbeda hal dengan manfaat burung hantu udang membantu memunculkan warna merah cerah karena mengandung pigmen astaxanthin. Kandungan bergizi pada udang juga mampu meningkatkan pertumbuhan tubuh yang besar pada louhan.  Selain udang pakan yang cocok untuk louhan dewasa adalah jangkrik, sedangkan jika ingin memunculkan warna mutiara maka pakan yang diberikan adalah kelabang.

Berbagai manfaat udang sebagai pakan ikan louhan diats dapat anda jadikan referensi jika anda memiliki minat untuk memelihara dan membudidayakan ikan louhan sebagai usaha atau sekedar hobi yang menyenangkan. Semoga Bermanfaat.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Hewan