7 Manfaat Tidak Makan Gorengan Untuk Kesehatan

Bagi masyarakat Indonesia, gorenga merupakan makanan yang hampir wajib di setiap saat. Dengan harga yang murah, gorengan hangat seakan menjadi pelengkap disegala suasana. Beberapa jenis gorengan yang banyak dijual antara lain seperti tempe goreng, tahu goreng, pisang goreng, lumpia goreng, ubi goreng, cireng dsb. Namun apakah Anda tahu? Dibalik kelezatan dan gurihnya panganan yang satu ini tersimpan beberapa dampak yang buruk bagi kesehatan. Bagi sebagian orang yang tidak mengkonsumsi gorengan ini tentu mendapatkan manfaat dari segi kesehatan.

artikel terkait:

Manfaat tidak makan gorengan

Berikut di bawah ini disajikan beberapa manfaat yang dapat diperoleh apabila tidak mengkonsumsi gorengan antara lain sebagai berikut :

1. Menghindarkan tubuh dari resiko kolesterol tinggi

Biasanya gorengan dimasak dalam minyak bekas yang dipakai untuk menggoreng berkali-kali. Bekas minyak goreng yang telah dipakai berulang-ulang ini dapat membentuk lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol. Dengan tidak memakan gorengan, Anda dapat menghindarkan tubuh Anda dari resiko kolesterol tinggi.

artikel terkait: manfaat rebusan daun sukun

2. Menghindarkan tubuh dari resiko penyakit jantung

Konsumsi gorengan secara berlebihan dan terus-menerus dapat meningkatkan resiko terkena kolesterol tinggi yang akhirnya akan memicu terjadinya serangan jantung dan penyakit jantung. Nah bagi Anda yang tidak mengkonsumsi gorengan, setidaknya Anda telah menghindari salah satu resiko yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

artikel terkait: manfaat biji salak

3. Menghindarkan tubuh dari resiko penyakit kanker

Adanya penyakit kanker merupakan salah satu efek terparah yang dapat terjadi apabila mengkonsumsi gorengan dengan minyak yang jarang atau tidak pernah diganti. Dibandingkan dengan tidak mengkonsumsi gorengan, resiko terkena kanker ini akan lebih meningkat. Salah satu penyakit kanker yang mengintai adalah kanker usus. Hal ini dikarenakan minyak yang telah digunakan secara berkali-kali tersebut dapat mengandung racun dan radikal bebas hingga memicu terbentuknya asam empedu yang dapat mengiritasi usus.

artikel terkait: manfaat brokoli untuk penderita maag

4. Menghindarkan tubuh dari resiko gangguan pencernaan

Gorengan yang kita konsums biasanya mengandung banyak lemak dan asam yang kurang baik untuk pencernaan. Salah satu tanda adanya gangguan pencernaan adala apabila perut Anda terasa tidak nyaman setelah memakan gorengan. Dengan demikian, tidak memakn gorengan dapat membantu menghindarkan tubuh dari resiko terkenanya gangguan pencernaan.

artikel terkait: manfaat echo jantung

5. Menghindarkan tubuh dari resiko terkena tukak lambung

Tukak lambung merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya luka yang terjadi disekitar bagian lambung atau usus yang menyebabkan rasa nyeri pada sistem pencernaan. Tukak lambung disebabkan oleh bakteri pylori. Sementara itu konsumsi gorengan dapat menyebabkan keasaman dan ulkus para perut Anda. Nah dengan tidak mengkonsumsi gorengan Anda dapat menghindari resiko terkena tukak lambung.

artikel terkait: manfaat lemak jenuh dan tak jenuh


6. Menghindarkan tubuh dari resiko terkena nyeri dada

Manfaat lain yang dapat Anda peroleh dengan tidak mengkonsumsi gorengan adalah terhindarnya dari resiko terkena nyeri dada. Nyeri dada (heart burn) adalah keadaan dimana terdapat sensasi terbakar pada dada yang akan menjadi parah ketika penderita mengambil posisi berbaring atau membungkuk yang disebabkan oleh pergerakan asam lambung ke esophagus.

artikel terkait: manfaat semut jepang untuk asma

7. Menghindari resiko permasalahan kulit

Bagaimana bisa tidak mengkonsumsi gorengan dapat menghindarkan diri dari resiko permasalahan kulit? Tentu saja bisa. Kandungan lemak dari gorengan yang Anda konsumsi ini nantinya akan disimpan dalam tubuh dan akhirnya akan dikeluarkan melalui pori-pori kulit sehingga dapat membuat kulit kusam dan berminyak. Nah, kulit yang kusam dan berminyak ini dapat membuat kotoran debu dan polusi menempel pada kulit Anda sehingga membuat pori-pori Anda tersumbat dan menyebabkan jerawat serta komedo.

artikel terkait: manfaat kecapmanfaat abon lele

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tidak memakan gorengan. Gorengan memanglah lezat. Namun apabila Anda ingin mendapatkan manfaat-manfaat seperti di atas maka sebaiknya Anda tidak mengkonsumsi gorengan.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 23:22 Oleh :
Kategori : Makanan