8 Manfaat Terumbu Karang Secara Ekonomi

Terumbu karang yang dalam bahasa Inggris disebut dengan coral reef tidak hanya menjadi tempat hidup serta biota laut agar bisa berkembang biak secara baik, namun terumbu karang juga mempunyai fungsi penting baik untuk kehidupan lingkungan laut, pesisir dan juga darat terutama untuk kepentingan manusia. Terumbu karang memiliki manfaat ekologi yang berarti berhubungan dengan makhluk hidup dan juga lingkungan sekitarnya yang bersifat timbal balik. Manfaat terumbu karang secara ekologi adalah untuk alam sekitar dan biota laut lainnya. Namun selain itu, ada juga beberapa manfaat terumbu karang secara ekonomi yang sangat penting untuk diketahui, seperti yang akan kami jelaskan berikut ini.

  1. Sumber Makanan

Terumbu karang merupakan tempat hidup dan juga berkembang biak berbagai macam jenis biota laut sehingga ada banyak manfaat terumbu karang bagi manusia. Dengan begitu banyaknya biota laut, maka nantinya akan dimanfaatkan kembali oleh manusia seperti contohnya teripang, rumput laut, ikan, udang dan lainnya sebagai sumber makanan yang tinggi akan kandungan mineral dan vitamin.

  1. Bahan Dasar Obat dan Kosmetik

Ada banyak jenis alga yang bisa digunakan sebagai bahan membuat kosmetik dan juga pembungkus kapsul obat. Dari banyak hewan laut yang hidup di terumbu karang bahkan dikatakan memiliki senyawa kimia yang sangat penting sebagai anti radang, antibiotik dan bahkan sebagai solusi kanker serta banyak biota laut lain yang hidup di terumbu karang dengan manfaat besar dan belum tergali dengan baik dari segi potensinya.

  1. Sebagai Objek Wisata

Tidak bisa dipungkiri jika keindahan dari terumbu karang juga menjadi daya tarik tersendiri ketika sedang menyelam atau berenang dan begitu banyak manfaat terumbu karang bagi kehidupan. Hal ini tentunya juga berdampak bagi nilai ekonomi dimana terumbu karang bisa dijadikan sebagai objek wisata karena keindahan terumbu karang yang biasa dijadikan sebagai taman laut, snorkeling dan juga wisata laut lainnya.

  1. Sumber Mata Pencaharian

Dengan keberadaan terumbu karang, maka ini bisa menunjang perekonomian masyarakat yakni memberikan mata pencaharian seperti nelayan, menjadi petani rumput laut, manfaat teripang laut dan masih banyak lagi. Terumbu karang juga bisa dijadikan sebagai objek wisata sehingga turut membuka banyak lapangan pekerjaan bagi masyarakat dari mulai penyewaan kapal, pemandu wisata, warung makan, jasa penginapan dan juga cinderamata.

  1. Daerah Penelitian

Penelitian nantinya akan menghasilkan banyak informasi penting dan juga akurat sebagai dasar dari pengelolaan yang lebih baik. Dengan begitu banyak jenis ikan dan organisme laut sekaligus zat yang ada di sekitar terumbu karang yang mungkin belum pernah diketahui manusia, nantinya akan membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuka berbagai pengetahuan tersebut.

  1. Bahan Baku Industri

Manfaat terumbu karang lainnya dalam bidang ekonomi adalah dari segi bahan baku industri. Fungsi terumbu karang sebagai bahan baku industri sangatlah beragam dari mulai bahan campuran dalam industri semen, kapur dan juga tegel.

  1. Sumber Bibit Budaya

Terumbu karang yang merupakan rumah atau tempat tinggal dari banyak biota laut seperti manfaat ikan laut, rumput laut, udang, teripang dan sebagainya bisa memberikan manfaat lain dalam bidang ekonomi yakni dari segi budaya yang nantinya akan dimanfaatkan bagi manusia secara keseluruhan.


  1. Sumber Perikanan

Terumbu karang yang menjadi tempat hidup berbagai jenis ikan seperti manfaat ikan ayam ayam sekaligus lokasi memijah, membesarkan anak dan juga makan nantinya juga bisa dimanfaatkan para nelayan untuk mencari nafkah dengan cara menjaring ikan. Berbagai jenis ikan tersebut tidak hanya bisa meningkatkan ekonomi para nelayan namun juga meningkatkan ekonomi secara menyeluruh khususnya ketika diekspor dengan harga yang jauh lebih tinggi.

Selain sebagai tempat bernaung segala jenis ikan dan juga segala jenis hewan yang bisa dimanfaatkan manusia, masih ada begitu banyak manfaat terumbu karang secara ekonomi sehingga bisa lebih meningkat khususnya Indonesia dengan wilayah laut yang luas. Dengan begitu banyaknya fungsi dari terumbu karang, maka sudah seharusnya keberadaan terumbu karang dijaga dan dilestarikan dengan baik.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alam