9 Manfaat Teh Daun Sirsak untuk Kesehatan yang Sangat Penting

Ada banyak sekali buah asli Indonesia berbeda jika anda melihat manfaat ciplukan untuk diabetes, selain buah rambutan buah yang satu ini sering dicari orang. Bukan hanya karena manfaatnya tetapi juga karena rasanya yang lezat, buah sirsak merupakan salah satu jenis buah asli Indonesia. Bentuknya yang unik serta rasa khasnya menjadi daya tariknya sendiri. Buah sirsak sendiri memiliki bentuk lonjong dengan bagian atas cenderung membulat. Warna buahnya sendiri berbeda dengan buah jenis lainnya, jika buah pada umumnya memiliki warna merah atau semburat merah jika matang maka buah sirsak tidak.

Buah sirsak sendiri memiliki warna hijau muda saat matang, sedangkan buah mudanya akan berwarna hijau tua. Adapun cirri khas dari buah sirsak yaitu aromanya yang harum serta kulit buahnya. Ada seperti duri namun tidak tajam mengelilingi kulit buahnya, sedangkan untuk daging buahnya sendiri berwarna putih. Bijinya sendiri terbilang banyak dan berwarna hitam mengkilat. Buah sirsak tentunya bisa anda dapatkan dari pohon buah sirsak, pohon sirsak sendiri merupakan jenis pohon berukuran sedang yang hanya mampu tumbuh dengan ketinggian sekitar 3 m.

Selain buah sirsak sebenarnya ada banyak sekali manfaat dari bagian pohon sirsak, mulai dari kayu, bunga, hingga daun sirsak. Kebanyakan orang menggunakan kayu pohon sirsak untuk memasak, aroma khas pada kayu pohon sirsak mampu menambah rasa serta aroma pada makanan menjadi lebih lezat. Kgususnya jika anda memasak ikan ataupun membakar daging, selain itu masakan akan matang dengan sempurna. Daun sirsak sendiri merupakan salah satu jenis daun yang biasanya digunakan sebagai bahan dasar dalam pembuatan obat ataupun minuman herbal.

Sudah banyak sekali produk herbal yang berbahan dasar daun sirsak, salah satu jenis produk herbal yang saat ini banyak dicari orang yaitu teh daun sirsak. Berbeda dengan jenis teh pada umumnya, teh daun sirsak merupakan salah satu jenis minuman herbal yang kaya akan nutrisi. Nutrisi inilah yang menjadi salah satu daya tarik tersendiri dari produk teh daun sirsak ini dan bagi anda yang penasaran dengan apa saja kandungan nutrisi dari teh daun sirsak berbeda dengan manfaat pisang untuk darah tinggi, berikut rinciannya.

Kandungan Nutrisi Teh Daun Sirsak

  • Lactones
  • Muricoreacina
  • Gigantetromina
  • Protein
  • Anonaine
  • Coreximine
  • Antioksidan
  • Air
  • Vitamin A, B, C, dan E

Banyaknya kandungan nutrisi yang ada pada teh daun sirsak di atas membuat minuman yang satu ini memiliki banyak sekali manfaat. Tidak hanya manfaat untuk kesehatan saja tetapi juga manfaat untuk kecantikan. Dengan minum teh daun sirsak secara teratur maka anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang berbeda dengan manfaat rebusan daun salam dicampur daun sirsak, dan berikut merupakan penjelasan secara rinci.

Manfaat Teh Daun Sirsak

  1. Obat Diabetes

Untuk mencegah hingga mengobati diabetes secara alami sangatlah mudah, caranya  yaitu dengan menyeduh teh daun sirsak secara teratur. Minumlah setiap pagi dan sebelum tidur.

  1. Obat Kanker

Kandungan ntioksidan pada teh daun sirsak sangat tinggi dan baik untuk mengobati kanker, tidak hanya itu minuman ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan kanker setelah melakukan kemoterapi.


  1. Obat Ambeien

Ambeien merupakan salah satu penyakit pada pembuluh darah dan dapat menyebabkan kesulitan hingga nyeri di bagian anus. Untuk mengatasinya secara alami, anda bisa minum teh daun sirsak secara rutin.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Untuk menurunkan kadar kolesterol, selain menghindari makanan berlemak anda juga perlu mengkonsumsi supplement ataupun minuman herbal. Salah satu minuman herbal yang sangat ampuh menurunkan kadar kolesterol anda yaitu teh daun sirsak.

  1. Obat Asam Urat

Bagi anda yang memiliki riwayat asam urat berbeda dengan manfaat jus rambutan, agar tidak sering kambuh dan untuk mengobatinya anda bisa minum teh daun sirsak. Minumlah teh daun sirsak setiap pagi untuk menyembuhkan asam urat anda.

  1. Obat Sakit Pinggang

Sakit pinggang bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya yaitu adanya radang pada persendian. Untuk itu anda perlu menyeduh teh daun sirsak dan meminumnya disaat masih hangat.

  1. Obat Batu Empedu

Kandungan zat serta nutrisi pada teh daun sirsak mampu mengobati berbagai macam penyakit, dan salah satunya yaitu batu empedu.

  1. Mengatasi Darah Tinggi

Tidak hanya mampu menurunkan kolesterol saja, teh daun sirsak juga sangat  ampuh untuk mengurangi tekanan darah. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi anda yang memiliki riwayat darah tinggi.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Untuk anda yang rutin minum teh daun sirsak anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat yang berbeda dengan manfaat senam lansia, salah satunya yaitu jantung akan lebih sehat dan kuat.

Itulah berbagai manfaat dari teh daun sirsak yang dapat kami sampaikan di atas, semoga informasi tersebut bermanfaat dan menambah wawasan anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.