15 Manfaat Teh Hijau Sebelum Tidur untuk Hidup Lebih Sehat

Ada berbagai macam jenis teh namun tahukan Anda bahwa minuman yang berasal dari daratan China ini sebenarnya hanya dibagi menjadi tiga jenis yaitu teh hijau, teh oolong dan teh hitam yang sama-sama terbuat dari daun teh dari jenis tanaman Camellia sinensis. Yang membedakan ketiga jenis teh tersebut adalah proses fermentasinya dimana teh hijau sama sekali tidak difermentasi, teh hitam sepenuhnya difermentasi sementara teh oolong berada di antara keduanya.

Manfaat Teh Hijau bagi Kesehatan

Seperti yang sudah disebutkan di atas, minuman teh terutama teh herbal tidak hanya terbatas pada ketiga jenis teh itu saja karena minuman teh herbal bisa terbuat dari daun jenis apapun yang memiliki khasiat tertentu bagi kesehatan. Namun perlu Anda ketahui ketika berbicara soal manfaat teh hijau sebelum tidur ternyata tidak hanya sebatas baik untuk menurunkan berat badan saja namun masih banyak hal yang lainnya juga.

  1. Meningkatkan Kualitas Tidur

Teh hijau mengandung asam amino yang dikenal dengan sebutan L-theanine yaitu jenis asam amino yang dapat memberikan ketenangan sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur Anda dan membuat Anda bangun dengan segar.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Walaupun teh hijau memang dikenal baik untuk menjaga berat badan tapi ketika Anda mengkonsumsinya sebelum tidur efeknya bisa jauh lebih efektif karena ketika Anda memiliki kualitas tidur yang baik maka sistem metabolisme tubuh juga bekerja dengan lebih baik sehingga kenaikan berat badan bisa lebih mudah untuk dikontrol.

  1. Mengurangi Risiko Kanker

Sudah terdapat banyak penelitian medis yang membuktikan bahwa mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur dapat juga mengurangi risiko kanker karena kandungan antioksidannya yang tinggi.

  1. Baik untuk Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian di Jepang menemukan bahwa mengkonsumsi teh hijau sebelum tidur ternyata juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

  1. Membantu Mengurangi Level Stress

Kandungan asam amino, L-theanine tak hanya mampu meningkatkan kualitas tidur tapi juga dapat membantu mengurangi level stress bahkan dapat membantu para penderita depresi mengatasi gejalanya.

  1. Menjaga Kolesterol dalam Darah

Teh hijau mengandung beberapa zat aktif yang dapat mengurangi risiko terbentuknya plak pada pembuluh darah dengan selalu menjaga kolesterol dalam darah yaitu memastikan bahwa jumlah kolesterol baik selalu terjaga.

  1. Baik untuk Kesehatan Gigi

Teh hijau mengandung zat anti inflamasi yang ternyata sangat baik untuk kesehatan mulut. Jika mulut sehat maka kesehatan gigi dan gusi bisa terjaga dengan baik.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Ada banyak sekali zat yang berkontribusi untuk meningkatkan sistem imun yang terdapat pada teh hijau diantaranya adalah polyphenols yang merupakan salah satu antioksidan yang sangat ampuh dalam menjaga sistem kekebalan tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit ketika Tidur

Kandungan antioksidan pada teh hijau juga baik untuk mengoptimalkan regenerasi sel kulit selain itu kandungan vitamin c-nya yang tinggi akan mengoptimalkan produksi kolagen yang menjaga kulit tetap elastic dan terlihat lebih muda dan sehat.

  1. Meningkatkan Fungsi Kinerja Otak

Kandungan kafein yang terdapat pada teh hijau ternyata tidak cukup untuk membuat Anda terjaga di malam hari tapi ternyata cukup baik untuk menstimulasi kesehatan otak sehingga fungsi kinerja otak menjadi jauh lebih optimal.

  1. Melindungi Anda dari Penyakit Alzheimer dan Dementia

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya selain dapat meningkatkan fungsi kinerja otak, manfaat teh hijau sebelum tidur juga dapat melindungi Anda dari penyakit Alzheimer dan dementia.

  1. Mengurangi Risiko Diabetes

Berat badan yang tidak terkontrol atau obesitas sering dikaitkan dengan meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Mengkonsumsi teh hijau secara teratur terutama sebelum tidur dapat menjauhkan Anda dari risiko ini.

  1. Meningkatkan Peredaran darah

Ketika tidur sistem metabolisme tubuh Anda masih terus bekerja bahkan bisa jauh lebih optimal terutama dalam hal memperbaiki sel yang rusak. Teh hijau dapat mengingkatkan peredaran darah sehingga distribusi oksigen dan nutrisi keseluruh bagian sel tubuh juga bisa dilakukan dengan maksimal.

  1. Baik untuk Pencernaan

Sistem metabolisme yang baik berasal dari sistem pencernaan yang sehat. Teh hijau mengandung anti bakteri yang dapat meningkatkan kesehatan sistem pencernaan sehingga fungsinya berjalan secara maksimal.

  1. Bangun dengan Lebih Segar

Dengan kualitas tidur yang baik, metabolisme yang lancer dan sumber energi yang terjaga tidak ada lagi kata lemas dan lesu ketika bangun pagi jika Anda minum segelas teh hijau hangat sebelum tidur secara rutin.

Manfaat teh hijau sebelum tidur ternyata bukan hanya mitos namun sudah dibuktikan secara medis. Hanya saja ada beberapa catatan penting yang harus Anda ingat bahwa bahkan teh hijau juga mengandung kafein sehingga bagi Anda yang sensitif terhadap kafein sebaiknya harus lebih hati-hati dengan jumlah atau dosis yang Anda minum per harinya. Selain itu mengkonsumsi teh hijau dengan tambahan pemanis juga justru dapat mengganggu proses penurunan berat badan Anda karena pemanis seperti gula akan menambah asupan kalori yang justru dapat memicu naiknya berat badan.

,
Oleh :
Kategori : Minuman