9 Manfaat Teh Adas Sebagai Solusi Herbal Mengatasi Penyakit

Umumnya, banyak orang yang mengenal adas sebagai salah satu jenis bumbu yang sangat beraroma dan sering digunakan untuk membuat sup, kari dan juga berbagai masakan sayuran dimana manfaat rempah rempah untuk kesehatan seperti rempah adas ini juga sangat banyak. Biji adas kering yang terasa yang manis ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh dan sudah digunakan sejak lama di daerah Mediterania. Sifatnya yang kuat dan tahan terhadap cuaca, kini membuat tanaman adas bisa tumbuh dimana saja di berbagai negara. Ramuan yang terbuat dari adas ini juga seringkali digunakan sebagai ramuan cina, India serta Timur Tengah dan baru mulai terkenal di daerah barat termasuk Indonesia. Sekarang ini, kita bisa mengkonsumsi adas dengan cara dibuat menjadi teh yakni menghaluskan biji adas yang sudah kering hingga menjadi bubuk dan dicampur dengan air mendidih sehingga tercipat minuman teh dengan rasa unik dan memiliki banyak khasiat. Untuk mengetahui manfaat teh adas selengkapnya, silahkan anda simak ulasan yang kami berikan berikut ini.

  1. Menyembuhkan Radang Perut

Kandungan di dalam teh adas ini memiliki sifat anti spasmodik yang bisa digunakan sebagai pertolongan pertama untuk menghilangkan radang di area perut. Efek menenangkan dan manfaat detoksifikasi alami yang dihasilkan dari teh adas ini akan mengurangi hormon stres, mengurangi kejang pada usus, menyembuhkan sakit perut dan juga seluruh sistem didalam tubuh anda.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Dalam teh adas juga memberikan efek antibakteri, antiseptik serta anti jmaur tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi untuk meningkatkan imunitas. Dengan meningkatnya sistem kekebalan tubuh, maka infeksi yang bisa terjadi dari penyakit flu bisa dicegah sekaligus menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

  1. Menurunkan Berat Badan

Minum teh adas secara rutin akan membantu anda dalam program menurunkan berat badan dengan cara meningkatkan proses buang air kecil, menghilangkan retensi air dan kembung sehingga bisa membakar lemak dan kalori dalam tubuh lebih cepat. Selain itu, manfaat daun adas dan bagian bijinya adas juga sangat baik dikonsumsi untuk mengontrol nafsu makan dan hormon sehingga mencegah obesitas dan memaksimalkan latihan atau olahraga yang sedang anda lakukan.


  1. Menjaga Keseimbangan Hormon

Untuk para wanita yang ingin menjaga organ reproduksi, maka mengkonsumsi teh adas menjadi solusi terbaik. Beberapa senyawa dalam teh adas seperti estrogen sangat baik untuk meringankan gejala menstruasi yang terasa menyakitkan, menyeimbangkan hormon, meningkatkan libido sekaligus merangsang produksi ASI saat menyusui.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Teh adas menjadi solusi ideal untuk menghilangkan mata bengkak karena respon anti inflamsi cepat dalam adas tersebut. Sedangkan sifat anti bakteri dan antibiotik dalam teh adas sangat baik untuk melindungi organ mata dari berbagai infeksi seperti konjungtivitis.

  1. Menghilangkan Bau Mulut

Adas tidak hanya baik dikonsumsi untuk meningkatkan pencernaan makanan, namun juga ampuh untuk menghilangkan bau mulut. Ekstrak biji adas yang dibuat menjadi teh ini akan memberikan efek menyegarkan sekaligus membersihkan area sekitar mulut serta melindungi serta memutihkan gigi dan gusi karena kandungan anti bakteri dan antijamur dalam adas.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Dalam teh adas juga mengandung beberapa mineral seperti manfaat potasium  yang juga ada dalam pisang dan kalium yang berguna untuk meringankan ketegangan di arteri serta pembuluh darah sehingga aterosklerosis bisa dicegah dan menurunkan risiko jantung serta stroke.

  1. Menghilangkan Dahak dan Lendir

Saat sistem pernapasan terganggu, maka mengkonsumsi teh adas juga sangat dianjurkan karena akan bekerja sebagai ekspektoran yang manjur untuk menghilangkan dahak serta kendir. Selain itu, sifat antiinflamasi dalam teh adas juga baik untuk meringankan sakit tenggorokan serta sinus sehingga saluran pernapasan bisa berjalan kembali dengan lancar.

Manfaat teh adas sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh sehingga juga seringkali diberikan pada bayi untuk menangkal kolik. Akan tetapi, untuk anda yang alergi pada seledri atau sayur, maka mengkonsumsi teh adas juga perlu dihindari karena bisa menimbulkan alergen yang serupa. Selain itu, manfaat minyak adas juga bisa anda gunakan sebagai solusi menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal