5 Manfaat Teh Binahong untuk Kesehatan

Berbicara mengenai toga, ada salah satu jenis toga yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Yaitu daun binahong, daun ini memiliki nama latin Bassela rubra linn, yang merupakan tanaman obat dari daerah korea. Tanaman binahong dapat tumbuh di dataran rendah ataupun dataran tinggi, dan akan sangat baik jika ditanam di wilayah asia seperti Indonesia. Walaupun sebagai tanaman obat, binahong sendiri biasanya juga dimanfaatkan sebagai bahan dalam campuran pembuatan berbagai macam perawatan tubuh seperti cream jerawat, shampoo anti ketombe, sabun dan masih banyak yang lain.

Namun binahong sendiri juga banyak dijadikan sebagai tanaman penghias tanaman di rumah-rumah, dan sejak dahulu tanaman ini sudah banyak sekali ditanam oleh orang di halaman ataupun pekarangan mereka. Hal ini membuat banyak sekali penelitian tentang binahong, mulai dari segi kandungan zat yang terdapat pada binahong hingga manfaat apa saja yang ada. Dari penelitian tersebut, muncullah berbagai macam inovasi menarik dan sudah banyak sekali industri ataupun individu yang menciptakan serta membuktikan manfaat yang ada. Salah satu contoh dari inovasi tersebut adalah teh binahong, selain rasanya yang enak teh binahong memiliki banyak sekali manfaat sama seperti manfaat teh bunga mawar yang juga baik untuk kesehatan tubuh anda.

Kandungan Teh Binahong

  • Saponin
  • Alkaloid
  • Kafein
  • Asam Askorbat
  • Antioksidan
  • Asam oleanolic
  • Mono polisakarida, D- glukosa dan D- galaktose
  • Polifenol dan Protein
  • L- arabinosa dan L- rhamnose

Dari banyaknya zat yang terkandung di atas, sebenarnya masih banyak sekali kandungan yang belum disebutkan. Kandungan- kandungan tersebut tentu sangatlah baik untuk kesehatan anda, manfaat teh binahong sendiri tidak hanya sekedar untuk mengobati berbagai macam penyakit, dengan mengkonsumsinya secara rutin, anda dapat menjaga kesehatan anda dan terhindar dari berbagai penyakit. Untuk anda yang penasaran dengan apa saja manfaat dari teh binahong ini tidak jauh beda dengan manfaat teh hijau , berikutadalah beberapa dari manfaat teh binahong secara rinci.

Manfaat Teh Binahong

  1. Mengobati Serta Mencegah Kanker

Banyaknya kandungan antioksidan yang terdapat pada the binahong mampu mencegah serta mengatasi adanya radikal bebas yang menyerang tubuh anda. Zat radikal bebas ini merupakan salah satu dari penyebab kanker dalam tubuh anda, dengan meminum teh binahong secara rutin, maka anda dapat mencegah kanker dan bagi para penderita kanker teh binahong ini dapat mengobati dengan cara memberantas sel sel yang terjangkit sel kanker.

  1. Mengobati Sakit Maag

Maag merupakan merupakan penyakit lambung yang seringkali diderita oleh masyarakat saat ini. Telah banyak sekali obat- obatan kimia beredar di pasaran untuk mengobati penyakit maag, tapi tahukah anda bahwa obat maag ini memiliki banyak sekali efek samping yang dapat merusak serta mengganggu kesehatan anda. Namun anda tidak perlu khawatir, jika sakit maag anda kambuh anda dapat meredakan nyeri serta mengobatinya dengan minum 2 gelas teh binahong yang tentunya tidak akan ber efek samping apapun.

  1. Mengobati Sakit Paru- Paru

Teh binahong jika diseduh tanpa gula, manfaatnya akan sangat bagus sekali untuk kesehatan paru- paru anda hampir sama dengan manfaat teh adas yang baik bagi paru- paru anda Teh binahong ini dapat mengatasi salit paru- paru seperti sesak nafas ataupun asma dan nyeri saat batuk. Anda tidak harus mengkonsumsi obat- obatan tertentu, hanya dengan minum teh binahong anda dapat membuat nafas menjadi lebih lega dan nyeri pada paru- paru dapat teratasi. 

  1. Melancarkan Serta Menghilangkan Nyeri Saat Haid

Bagi anda para wanita, pasti seringkali mengalami nyeri pada saat haid bahkan banyak pula yang mengalami haidnya tidak lancar dan tidak teratur. Dengan minum teh 2 gelas binahong saat anda haid, maka anda akan merasakan manfaatnya. Anda tidak akan merasakan nyeri lagi dan haid anda akan jadi lebih lancar dan teratur.

  1. Mengobati Diare

Bagi anda yang suka sekali makanan pedas dan sering mengalami diare, anda tidak perlu mencari obat ke apotik lagi. Cukup dengan menyeduh 2 gelas teh binahong tanpa gula maka diare anda akan teratasi dengan baik.

Itulah manfaat teh binahong yang dapat kami ulas secara detail, konsumsi secara rutin maka anda akan mendapatkan banyak manfaat yang baik untuk kesehatan anda.