6 Manfaat Teh bagi Ibu Hamil dan Efek Sampingnya

Teh merupakan salah satu minuman yang populer di beberapa negara termasuk Indonesia. Menikmati teh hangat di pagi hari sambil ditemani roti menjadi kebiasaan yang nikmat sekaligus pengisi perut di pagi hari. Selain itu teh jika dikonsumsi secara tepat juga memberi banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan antioksidan dan berbagai vitamin seperti vitamin C, E, dan A. Dengan berbagai kandungan baik ini ada beragam manfaat kesehatan yang bisa didapatkan termasuk oleh ibu hamil. Berikut manfaat teh bagi ibu hamil jika diminum secara tepat dan tidak berlebihan:

1. Sumber antioksidan

Teh mengandung antioksidan yang dikenal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Antioksidan ini dapat membantu memperbaiki kerusakan pada sel-sel tubuh sehingga dapat bekerja secara maksimal. Selain itu antioksidan juga dapat membantu menangkal radikal bebas sehingga ibu hamil terhindar dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan berkembangnya sel-sel kanker. Selain itu mengonsumsi teh yang mengandung antioksidan juga dapat membantu ibu hamil agar tetap awet muda dan terhindar dari penuaan dini.

Baca juga: sumber antioksidan – manfaat antioksidan

2. Menurunkan kadar kolesterol

Tingginya kadar koleseterol sering dituding menjadi penyebab berbagai penyakit berbahaya. Konsumsi teh justru mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah termasuk pada ibu hamil sehingga terhindar dari berbagai penyakit berbahaya akibat timbunan kolesterol dalam tubuh.

Baca juga: manfaat daun kelor untuk kolesterol – manfaat buah naga untuk menurunkan kolesterol

3. Melancarkan sirkulasi darah

Teh juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah sehingga aliran darah ke seluruh tubuh menjadi lancar serta menyebabkan distribusi oksigen dan sari makanan tersalurkan dengan baik ke seluruh tubuh. Seperti yang diketahui berbagai penyakit banyak disebabkan oleh aliran darah yang tidak lancar sehingga dengan mengonsumsi teh anda termasuk para wanita hamil dapat terhindar dari berbagai penyakit.

Baca juga: manfaat mawar merah – manfaat tepung aci

4. Mengatasi morning sickness

Manfaaat teh bagi ibu hamil lainnya adalah untuk mengatasi morning sickness yang biasanya dialami oleh ibu hamil pada masa awal kehamilan. Gejala umum morning sickness umumnya adalah rasa mual dan muntah. Meskipun dinamai morning sickness namun gejala ini dapat terjadi kapan saja baik pagi, siang, sore, maupun malam hari. Morning sickness dapat diatasi dengan mengonsumsi teh yang dicampur dengan jahe.

Baca juga: manfaat terapi komplementer – manfaat nanas

5. Menghaluskan kulit

Dengan adanya kandungan vitamin E pada teh sangat bermanfaat untuk menutrisi kulit sehingga kulit menjadi lebih halus dan sehat.

Baca juga: manfaat baking soda – manfaat kapur sirih

6. Menjaga daya tahan tubuh

Ibu hamil dengan janin yang sedang berkembang di dalam perutnya tentu memerlukan daya tahan tubuh yang baik agar selalu fit dan tidak mudah terserang penyakit. Daya tahan tubuh yang baik salah satunya bisa didapatkan dengan mengonsumsi teh secukupnya.

Baca juga: manfaat olahraga – manfaat madu


Dapat kita lihat bahwa ada begitu banyak manfaat teh bagi ibu hamil sehingga tidak ada larangan untuk mengonsumsinya, malah dianjurkan. Namun harus diingat ibu hamil sebaiknya mengonsumsi teh secukupnya, jangan berlebihan. Karena seperti yang diketahui teh mengandung kafein dimana bahan ini dapat menghambat penyerapan gizi oleh tubuh dari makanan yang kita makan. Hal ini tentu saja tidak baik bagi ibu hamil dimana ia sedang sangat membutuhkan berbagai nutrisi seperti zat besi dan asam folat. Salah-salah malah bisa berdampak buruk pada kehamilannya. Untuk itu ibu hamil boleh dan baik mengonsumsi teh namun dengan jumlah yang tidak berlebihan.

Artikel terkait:

, , ,
Post Date: Wednesday 11th, October 2017 / 12:59 Oleh :
Kategori : Minuman