8 Manfaat Daun Ara Bagi Kesehatan

Sebelumnya telah membahas mengenai manfaat daun garseng untuk kesehatan, namun ternyata tidak hanya daun garseng yang baik untuk kesehatan tetapi banyak daun-daun lain yang memiliki manfaat untuk kesehatan diantaranya daun ara. Manfaat Daun Ara Bagi Kesehatan yang perlu kamu ketahui ada banyak hal. Daun ara merupakan daun yang berasal dari pohon ara yang menghasilkan buah tin  dan berbentuk pohon semak besar dengan tinggi mencapai 30 kaki. Selain buahnya yang sangat bermanfaat ternyata daun ara juga beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

1. Menguatkan Tulang

Manfaat pertama yang paling harus kalian ketahui adalah daun ini dapat membuat tulangmu menjadi lebih kuat. Hal ini dikarenakan daun ara mengandung kalsium sangat tinggi yang dimana kalsium ini bisa menguatkan tulang.

2. Menambah Nafsu Makan

Daun ara juga ternyata dapat menambah nafsu makan dengan mengendalikan hormon-hormon yang ada pada sistem pencernaan. Sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih kurang nafsu makan. Maka dari itu gunakanlah daun ara ini untuk menambah nafsu makan anak agar anak tetap sehat.

3. Mengurangi Penyakit Asma

Penyakit asma adalah penyakit sesak nafas yang disebabkan oleh peradangan pada bronkus (saluran udara), dengan menggunakan daun ara dapat membantu mengurangi asma yang kambuh.

Cara penggunaannya adalah dengan merebus beberapa daun ara hingga mendidih dan minumlah airnya sebanyak 2 kali dalam sehari. Mengunakan daun ara secara rutin dapat dengan mudah mengurangi penyakit asma. selain dengan daun ara, penyakit asm aini dapat pula disembuhkan dengan memanfaatkan manfaaat semut jepang untuk asma, dengan memanfaatkan kedua bahan ini maka gejala asma akan lebih mudah teratasi.

4. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dengan antioksidan yang tinggi pada daun ara, maka dapat memungkinkan untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker karena sifat antioksidan itu sendiri yang berfungsi sebagai penangkal radikal bebas.

5. Menstabilkan Detak Jantung

Bagi kalian yang jantungnya sering berdetak terlalu cepat atau tidak stabil dan membuatmu merasa tidak nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, maka kamu bisa coba mengkonsumsi daun ara karena dapat menormalkan denyut jantungmu, konsumsilah daun ini secara rutin. 


6. Menurunkan Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol yang berlebih pada tubuh akan sangat membahayakan, terutama kolestrol jahat yang sangat beresiko pada penyakit jantung. Ternyata kadar kolestrol mampu diturunkan dengan meminum air rebusan dari daun ara. Kolesterol tinggi jika tidak segera diatasi dapat menyebabkan penyakit yang mematikan.

7. Mencegah Anemia

Daun ara juga bisa meningkatkan proses pembentukan zat besi pada tubuh kita, yang dimana zat besi adalah bahan utama dalam pembentukan sel darah merah.

Sehingga bagi kalian yang sering mengalami kurang darah atau anemia dan lemas saat menjalani aktifitas, maka disarankan untuk mencoba konsumsi tanaman yang satu ini. konsumsilah secara rutin agar kesehatan tetap terjaga, dan penyakit tidak datang terus menerus.

8. Menurunkan Berat Badan

Kalian yang memiliki berat badan yang berlebihan dan kesulitan untuk menurunkannya akibat kesibukan aktifitas yang mungkin membuat kalian tidak punya waktu untuk olahraga maka kalian juga bisa diet dengan rutin mengkonsumsi daun ara untuk mengurangi lemak pada tubuh.

Itulah tadi manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun ara, dengan mengetahui hal ini setidaknya kita tidak hanya tahu kalau buah tin atau buah ara yang memberikan banyak sekali manfaat tetapi daunnya pun juga bisa kita manfaatkan dengan baik, sehingga membuat badan menjadi lebih sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal